Kamis, 04 Juli 2019

Mengenal Sepintas Autodesk

Bagi kalian semua yang berkecimpung dalam dunia teknik, entah itu teknik civil, arsitektur, konstruksi, manufaktur, mekanikal, mesin, instrument, elektrikal, pemetaan, dan sejenis nya tentang teknik. Pasti kalian tidak asing dengan yang namanya AUTODESK, tetapi mungkin diantara kalian belum sepenuhnya mengetahui tentang si Autodesk ini atau hanya mengenal beberapa dari software.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjabarkan mengenai si Autodesk, apa sih AUTODESK itu??

AUTODESK adalah Perusahaan multinasional amerika yang membuat perangkat lunak / software untuk industri teknik, arsitektur, kontruksi, manufaktur, media dan hiburan.
  • Sejarah AUTODESK – AutoCAD
Autodesk berpusat di  San Rafael, California. Autodesk memiliki kantor diseluruh dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982 oleh John Walker dari versi pertama AutoCAD, Computer Aided Design (CAD) andalan perusahaan yang banyak digunakan oleh para arsitek, insinyur dan perancang struktural. Software Autodesk sudah banyak digunakan dalam banyak bidang, dari One World Trade Center hingga Mobil Listrik Tesla.

Produk unggulan pertama Autodesk adalah AutoCAD, aplikasi desain yang dibantu komputer yang dirancang untuk berjalan pada sistem yang dikenal sebagai ‘Mikrokomputer’ pada saat itu, termasuk yang menjalankan sistem operasi 8-bit cp/M dan dua sistem baru 16-bit, victor 9000 dan IBM personal computer (PC). Tapi sekarang software AutoCAD kebanyakan hanya support pada 32-Bit dan 64-Bit.

Autocad release 2.1, dirilis pada tahun 1986 termasuk AutoLIPS, penerjemah bahasa pemograman Lips Built-in.

Autocad release 13, adalah rilis  terakhir untuk DOS & unix setelah autocad Release 14. Autodesk menghentikan pengembangan dibawah DOS, dan fokus pada microsoft windows.

AutoCAD telah berkembang menjadi program CAD yang paling banyak digunakan untuk aplikasi non-khusus 2D, format file asli AutoCAD – (DXF, dan DWG).

Pada tahun 1990, Autodesk mulai mengembangkan versi khusus AutoCAD, yang ditargetkan untuk industri yang luas, termasuk arsitektur, sipil, dan manufaktur. Sejak tahun ini juga perusahaan telah menambahkan sejumlah produk berbasis non-AutoCAD yang signifikan termasuk Revit dan Inventor yang dikembangkan secara internal aplikasi CAD desain mekanik parametrik.

Product AUTODESK
  • PSEB – Platform Solutions and Emerging Business produknya adalah 123D, Fluid FX, Homestyler, Pixlr, dan SketchBook.
  • AEC – Architecture, Engineering, & Construction produknya adalah AutoCAD, AutoCAD MEP, AutoCAD plan 3D, Civil 3D, Revit (Revit Sturcture, Revit MEP)
  • Manufaktur, produknya adalah Fusion 360, Autodesk Product Design Suite, Factory Design Suite, Inventor Suite, Inventor Profesional Suite, AutoCAD Mechanical, Autodesk Vault, Autodesk Alias, Simulation Mechanical, CFD, dan moldflow.

  • Media Dan Hiburan, produknya adalah Autodesk Entertaiment Creation Suite, yang meliputi Maya, Softimage, 3ds Max, Mudbox, Smoke, Flame, dan Lustre.

Mungkin itu  sepintas mengenai AUTODESK, yang bisa saya sampaikan, apabila dari teman-teman ada yang ingin ditambahkan atau mengkoreksi, saya tunggu untuk masukan nya ya..

Terimakasih Sudah Membaca 💓

Related Posts