Selasa, 12 November 2019

Belajar AutoCAD untuk Pemula

Cara Mudah Menggambar di AutoCAD untuk Pemula

Sunja.ID Penggunaan alat yang baru mungkin memang terasa sulit pada awalnya. Namun, jika terus belajar dan berlatih, hal tersebut akan terasa mudah. Sama halnya dengan AutoCAD, software untuk membuat desain dengan komputer. Jika Anda baru sekali menggunakan AutoCAD, tenang saja. 


Berikut ini artikel yang akan membantu Anda belajar AutoCAD dengan mudah dan cepat.


AutoCAD adalah software yang diperuntukkan bagi Anda yang dituntut membuat desain bangunan, mobil, atau mesin. Software ini menjadi kebutuhan utama arsitek dan insinyur teknik dalam menggambar desain. Kelebihan dari software ini adalah Anda dimungkinan membuat desain gambar dalam format 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Berikut tips belajar AutoCAD bagi pemula:

1.   Pilih Software AutoCAD yang Kompatibel

AutoCAD biasanya meminta spesifikasi komputer tertentu untuk dapat terinstall. Periksa kebutuhan spesifikasi AutoCAD tersebut apakah cocok dengan komputer Anda. Komputer yang spesifikasinya memenuhi biasanya mudah diinstall AutoCAD.

2.   Hapalkan Menu-menu yang Ada di AutoCAD

Sama seperti software membuat desain lainnya, AutoCAD juga menawarkan menu-menu yang hamper serupa seperti circle, line, trim, offset, dan lain sebagainya. Buat Anda yang baru memakai AutoCAD, hapalkan menu tersebut untuk memudahkan pekerjaan Anda.

3.   Ikuti Forum-forum Khusus AutoCAD

Di dunia internet sudah banyak ditemukan forum-forum yang berfungsi membicarakan suatu hal. AutoCAD pun menjadi salah satunya. Tak perlu ragu masuk ke dalam forum khusus yang membahas AutoCAD, sebab, banyak sekali ilmu yang ada di sana.

4.   Terus Mencoba

Kesempurnaan gambar juga dipengaruhi dari seberapa sering Anda mencoba. Utak-atik sendiri dan buat gambar dari yang paling simpel seperti desain ruangan. Coba dulu dalam format 2D untuk memudahkan Anda menghapal.

Itulah tips singkat untuk Anda yang hendak belajar AutoCAD. Perkembangan zaman dan teknologi membuat AutoCAD terus mengalami pembaharuan. Untuk itu, Anda juga harus terus mengikuti perubahan tersebut agar desain Anda tak ketinggalan zaman. Penting untuk Anda mengenali seluk beluk AutoCAD apabila pekerjaan Anda sangat tergantung pada software tersebut.


Selain tips-tips di atas, Anda juga bisa mencari tutorial untuk mempelajari AutoCAD di internet. Sudah banyak website maupun blog yang menawarkan bantuan dan ilmu gratis untuk sesame pengguna AutoCAD.

Related Posts