Selasa, 05 November 2019

Manfaat AutoCAD untuk Desainer dan Arsitek


AutoCAD merupakan software yang dirancang untuk mendesain atau menyusun gambar dalam bentuk 2D maupun 3D. Software ini umumnya dipakai untuk membuat desain rumah. Arsitek kerap memanfaatkan sotware AutoCAD ini untuk membuat sketsa rumah atau bangunan yang akan ia buat. Selain arsitek, pengguna umum AutoCAD adalah orang yang bergelut di dunia teknik sipil, listrik, dan mesin.

AutoCAD memungkinkan penggunanya untuk membuat beraneka ragam desain seperti desain pesawat terbang, mobil, dan mesin. Karena kegunaannya yang beragam itu, software AutoCAD sangat populer sejak dirilis pada tahun 1982. Perusahaan pengembang AutoCAD juga terus melakukan pembaruan pada sistem kerja software ini.

Apa itu AutoDESK ?

Manfaat Menggunakan AutoCAD:

1.   Mempersingkat Waktu

Dengan AutoCAD, proses membuat desain atau gambar menjadi lebih singkat. Software yang simpel dan mudah dimengerti membuat AutoCAD mempermudah pekerjaan membuat desain. Jika sebelumnya menggambar desain dengan manual membutuhkan waktu berhari-hari, sekarang Anda bisa mengerjakan itu dalam hitungan jam dengan bantuan software.

2.   Mudah Didokumentasikan

Jika Anda ingin mencetak hasil desain yang Anda buat, AutoCAD memberi kemudahan. Tinggal export saja desain tersebut kemudian simpan ke komputer atau flashdisk. Software ini juga menawarkan efisiensi dalam hal plotting. Desain yang telah dibuat bisa langsung didokumentasikan dan dicetak.

3.   Mempermudah Editing

Salah satu kelebihan AutoCAD adalah kemudahan dalam proses penyuntingan atau editing. Ada beberapa fitur seperti erase, copy, break, extend, dan lain sebagainya untuk mempermudah kerja Anda. Fitur editing sangat penting buat desain-desain yang rumit dan menuntut kesempurnaan. Karena itu, AutoCAD datang dengan menawarkan fungsi tersebut.

4.   Desain Lebih Akurat

Aplikasi AutoCAD dapat menciptakan desain yang lebih presisi dan akurat daripada menggambar manual. Software ini bisa menyesuaikan skala gambar sesuai ukuran aslinya dengan tepat. Untuk membuat bangunan yang rumit misalnya, tenaga manual mungkin akan kesulitan untuk membuat gambar desain tersebut dalam skala yang besar.

Itu tadi ulasan singkat tentang kegunaan AutoCAD dalam sehari-hari. Jika membuat desain menjadi pekerjaan Anda, maka software ini akan menjadi sahabat terbaik. Selain karena pengoperasian yang mudah, AutoCAD juga mudah dipasang di komputer. Cukup install saja software yang telah Anda download secara online. Atau, bisa juga Anda pergi ke persewaan software untuk menginstall aplikasi ini.


Related Posts