Rabu, 20 Oktober 2021

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Merawatnya

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan, aset berharga milik semua orang. Namun memiliki masalah dengan rambut rontok tentunya sangat tidak menyenangkan, oleh sebab itu  penting untuk melakukan perawatan agar rambut tidak rontok. Lalu sebenarnya apa saja penyebab rambut rontok, dan bagaimana cara melakukan perawatan yang benar?

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke salon, maka bisa melakukan perawatan sendiri. Untuk mengatasi rambut rontok Anda bisa menggunakan berbagai cara. 

Berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan berbagai cara untuk mengatasi penyebab rambut mengalami kerontokan.

penyebab rambut rontok

Berikut Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok, pasti dialami banyak orang. Tentunya hal ini sangat mengganggu, rambut yang rontok menandakan jika rambut tersebut mengalami kerusakan. Penyebabnya tidak lain karena kelalaian pemiliknya, tidak melakukan perawatan yang benar. Namun, juga tidak menutup kemungkinan akan faktor lainnya.

Merawat rambut, tidak harus mengeluarkan banyak uang. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan berbagai cara sendiri di rumah. Agar mengetahui cara merawat yang baik dan tepat, Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab rambut tersebut mengalami kerontokan. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

Terlalu Kencang Saat Mengikatnya

Mengikat rambut merupakan salah satu cara untuk menatanya agar terlihat lebih rapi. Trik ini bisa memberikan tampilan yang lebih ringkas. Namun, Anda tidak perlu mengikat terlalu kencang, sebab bisa membuat rambut rontok terus menerus.

Ikatan yang terlalu kuat akan membuat akar rambut tertarik, sehingga membuatnya menjadi rontok. Jadi, ketika Anda mengikatnya, usahakan jangan terlalu kencang dan lebih dari 2 jam.

Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab utama rambut rontok. Saat seperti ini, penting untuk mengetahui cara mengontrol stres. Sehingga emosi Anda akan lebih terkontrol, dan tidak menyebabkan rambut rontok.

Ketika Anda stres, hormon akan akan naik sehingga akan mengganggu karena bisa menurunkan peredaran darah. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan rambut akan berkurang sehingga menyebabkan kerontokan. Jadi usahakan untuk mengendalikan stres.

Polusi

Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah polusi. Polusi bisa menyebabkan rambut kusam dan rusak karena tercampur dengan udara dan debu. Ketika rambut mengering, maka akan mudahuntunya patah.

Cara perawatannya, Anda perlu menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat. Memiliki berbagai kandungan, sehingga bisa mengatasi kerontokan dan mudah meresap ke berbagai helai rambut. Sehingga bisa menuntaskan zat berbahaya yang bisa merusak dan merawat kulit.

Diet Tidak Seimbang

Selain perawatan dari luar, penyebab rambut rontok adalah  diet yang tidak sehat. Karena asupan nutrisi tidak seimbang, sehingga tubuh dan rambut kekurangan nutrisi. Sehingga menyebabkan rambut tonrok berlebihan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi. Setidaknya jika ingin tetap diet, maka lakukan dengan diet sehat. Sehingga tubuh Anda akan lebih sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Rambut Anda juga tidak akan mudah rontok.

Mencuci Rambut Menggunakan Air Panas

Mencuci rambut menggunakan air panas bisa mengakibatkan berbagai masalah rambut. Air panas bisa menyebabkan dehidrasi pada rambut, sehingga rambut akan rapuh dan mudah patah. Tidak hanya itu, menggunakan air panas juga bisa mengurangi minyak rambut, sehingga akan menghilangkan kelebapanya.

Al hasil rambut dan kulit kepala akan kering, dan Anda akan lebih banyak mengalami ketombe. Jadi usahakan Anda membilas menggunakan air yang hangat atau dingin. Agar rambut juga tidak terlalu kepanasan.

Penyakit Kulit Kepala

Ada beberapa penyakit kulit kepala yang mengakibatkan, rambut di sekitar penyakit tersebut mengalami kerontokan. Untuk menanganinya Anda perlu mengetahui jenis penyakit dan cara penyembuhanya dengan benar.

Penyakit kulit kepala yang sering dialami banyak orang adalah folikulitis, tinea capitis, dan psoriasis kulit kepala. Ketiga masalah tersebut, bisa menjadi dalang rambut menjadi mudah rontok dalam jumlah banyak.

Anemia

Merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang drastis. Sel darah merah berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan protein ke seluruh tubuh sehingga tubuh tetap segar dan sehat.

Anemia terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi, sehingga menimbulkan masalah yang cukup serius. Salah satu, masalahnya adalah rambut rontok. Darah yang mengalirkan oksigen dan folikel rambut tidak bisa sampai dengan baik, sehingga rambut kekurangan nutrisi dan mengalami kerontokan.

Itulah berbagai penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya, baru melakukan penangan yang baik. Sehingga Anda bisa mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Related Posts