Selasa, 19 Oktober 2021

Sudah Menggunakan Skincare Tapi Kulit Masih Terlihat Kusam? Ini Penyebabnya

Bingung, sudah menggunakan skincare namun kulit tetap kusam? Masalah seperti ini, sebenarnya banyak dialami oleh beberapa orang tertentu. Bukan glowing, tapi malah kusam dan terlihat tidak segar.

Anda mengalami masalah yang sama? Penasaran apa saja penyebabnya? Nah, untuk mengetahuinya kami akan memberikan beberapa informasi mengenai penyebab kulit semakin kusam ketika memakai skincare.

penyebab kulit kusam

Penyebab Kulit Kusam Setelah Menggunakan Skincare

Skincare dipercaya bisa memberikan kulit yang segar, cerah dan sehat. Namun ada beberapa kasus, orang yang menggunakan skincare wajahnya malah kusam. Pastinya Anda akan merasa jengkel, sudah mengeluarkan uang banyak namun berujung buntu.

Hal tersebut, sebenarnya disebabkan beberapa faktor, baik dari luar maupun dalam tubuh. Kami akan memberikan berbagai penyebab kulit kusam, meski sudah memakai skincare. Berikut, beragam penyebabnya.

Penuaan Dini

Kelembaban dan keelastisan kulit akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin tua, produksi kolagen juga akan menurun, sehingga kekenyalan kulit, makin lama berkurang. Selain itu, produksi melanin yang berlebihan akan menyebabkan kulit semakin menggelap dan terlihat kusam.

Untuk mencegah penuaan dini, maka Anda perlu memilih skincare yang sesuai dengan kulit Anda. Gunakan skincare yang berbahan lembut. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi, serta jangan melakukan ekspresi berulang.

Kekurangan Kelembaban

Jika kulit mengalami kekurangan kelembaban, maka akan tampak kering dan tidak sehat. Kulit yang kekurangan kelembapan ini, tetap akan kering meski Anda menggunakan pelembab. Penyebabnya ada dalam tubuh.

Kebanyakan orang yang mengalami kondisi ini, disebabkan kekurangan cairan dalam tubuh, terlalu lama mandi dengan air hangat. Terlalu lama di dalam ruangan ber AC, dan cuaca kering.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu menjaga agar tubuh terpenuhi pasokan cairannya. Minum air putih, jus juga boleh namun jangan terlalu banyak, karena ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi.

Sel Kulit Mati

Kulit mengalami regenerasi secara berkala, sehingga kulit akan mengelupas dan meninggalkan jejak. Namun, kulit mati tidak bisa secara otomatis terlepas dari kulit Anda. Nah, tumpukan kulit mati inilah yang mengakibatkan kulit Anda menjadi kusam.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan scrub wajah agar sel kulit mati bisa terangkat, sehingga wajah Anda akan  lebih terlihat cerah dan tidak kusam lagi.

Stres

Penyebab wajah kusam selanjutnya meski sudah menggunakan skincare adalah stres. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol, karena hormon ini, kulit akan mengalami beberapa kerusakan.

Masalah pada kulit yang diakibatkan stres adalah jerawat, kusam dan tampak kering. Sehingga penampilan Anda akan tampak lesu.

Polusi Udara

Udara yang kotor juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. Karena itu penting untuk menggunakan sunblock. Sinar matahari dan polusi udara akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit, sehingga terlihat kusam dan kering.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan produk yang memiliki kandungan tabir surya, dan rajin mencuci muka. Agar kelembaban kulit juga tidak menghilang.

Salah Urutan Skincare

Ketika menggunakan skincare, Anda juga perlu mengetahui urutannya yang benar. Pada umumnya perawatan akan diawali dengan yang cair ke kental. Jangan sampai terbalik, jika terbalik produk yang kental akan menyerang formula produk cair.

Jika Anda mereka setelah memakai skincare, wajah malah tambah kusam. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu urutan menggunakannya.

Pola Makan Tidak Sehat

Menjaga pola makan tidak hanya menjaga bentuk tubuh saja, namun kecerahan wajah juga akan terpengaruh. Nutrisi baik akan terserap kulit, dan membuatnya tampak cerah dan bersinar. Batasi mengkonsumsi makan yang digoreng, dan makan manis.

Asupan makanan manis berlebihan akan membuat banyak minyak dan jerawat. Sebaiknya Anda membpermabanyaka konsusmi buah dan sayur yang mengandung antiosida.

Pola Tidur Tidak Teratur

Penyebab selanjutnya, adalah pola tidur yang tidak teratur. Terkadang tumpukan pekerjaan memaksa Anda harus tidur lebih malam, padahal waktu tidur berdampak besar bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

Ketika tidur sel tubuh akan mengalami berbagai regenerasi sehingga sel baru akan mulai aktif. Jika Anda kurang tidur, maka proses degenerasi sel akan terhambat. Sehingga kulit akan tampak kusam.

Itulah berbagai penyebab kulit tampak kusam meski Anda sudah menggunakan skincare. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda perlu lebih memperhatikan jenis kulit. Sehingga pemilihan skincare juga tepat.

Related Posts