Minggu, 17 Oktober 2021

Tipe Kulit Berjerawat Hindari Penggunaan Skincare yang Mengandung Bahan Ini

Kandungan pada skincare tidak semuanya baik untuk kesehatan kulit berjerawat. Ada beberapa kandungan skincare yang harus dihindari saat kulit sedang tidak sehat alias berjerawat. Pasalnya, beberapa kandungan tersebut bisa memperparah kondisi kulit dan mempengaruhi proses kesembuhannya.

Ketika memilih skincare alangkah baiknya kamu memperhatikan dengan detail bahan serta kandungan di dalamnya. Satu yang yang harus kamu tahu bahwa kebanyakan produk skincare menggunakan bahan kimia. Sehingga bisa membuat jerawat semakin memburuk dan sensitif.

Kulit Berjerawat? Waspadai Bahan Skincare Ini!

Alkohol

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan kulit berjerawat. Kini banyak skincare yang menggunakan alkohol sebagai bahan campurannya. Nah, sebagai pengguna yang bijak, kamu harus menghindari skincare dengan kandungan alkohol.

Pada dasarnya alkohol memang efektif untuk membunuh kuman serta menyembuhkan luka luas. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk kulit berjenis sensitif. Justru sifatnya akan berubah menjadi keras jika terkena pada kulit sensitif.

Kandungan alkohol pada skincare kulit wajah bisa melemahkan penghalang kulit alami atau skin's barrier. Hal tersebut mampu mengeringkan kulit wajah dan menimbulkan reaksi berlebih. Biasanya akan timbul produksi minyak yang banyak serta kulit mati.

Coconut Oil atau Minyak Kelapa

Kemudian ada kandungan skincare yang harus dihindari lagi, yaitu minyak kelapa. Pada dasarnya tidak semua minyak kelapa buruk untuk menjaga kesehatan kulit. Minyak kelapa bisa melembabkan serta mengatasi kulit kering.

Namun, tidak semua kulit seseorang bisa menerima kandungan pada minyak kelapa. Pasalnya, minyak tersebut memiliki tekstur padat dan berat yang bisa menyumbat pori-pori. Kamu yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya menghindari penggunaan skincare dengan kandungan minyak kelapa.

Penggunaan tersebut bisa menyebabkan kulit wajah semakin berminyak dan komedo justru bermunculan. Bahkan hal yang cukup mengerikan adalah jerawat semakin meradang karena kandungan telah mengiritasi kulit.

Parfum

Aroma wangi seperti parfum dalam skincare memang menarik perhatian. Sayangnya, parfum merupakan kandungan skincare yang harus dihindari saat kulit berjerawat. Keberadaan parfum justru memberikan ketidaknyamanan.

Wajah semakin kering dan gatal karena adanya kandungan parfum. Tidak jarang mereka yang menggunakan produk skincare tersebut merasa bahwa jerawat semakin meradang.

Retinol

Kemudian ada retinol yang biasa ditemukan pada produk anti penuaan. Manfaat dari retinol untuk mengobati garis halus dan warna kulit yang tidak rata memang menarik. Bahkan kandungan tersebut bisa mempromosikan pergantian sel dan memudarkan bekas luka.

Hanya saja, retinol termasuk ke salah satu kandungan skincare yang harus dihindari saat kulit berjerawat. Pasalnya, kandungan tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi merah, mengelupas, dan kering. Terlebih jerawat semakin banyak dan mengakibatkan timbulnya luka.

Silikon

Selanjutnya ada kandungan silikon pada skincare yang harus kamu jauhi. Pasalnya, silikon merupakan salah satu bahan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal tersebut juga berpotensi untuk menyumbat pori-pori pada wajah.

Ketika awal penggunaan mungkin kamu merasakan wajah yang halus dan lembut. Lama-kelamaan kamu akan merasakan bahwa wajahmu sangat kotor oleh pori-pori yang tersumbat. Tidak butuh waktu lama, jerawat pasti akan bertambah banyak di area wajah.

Sodium Lauryl Sulfate

Kandungan skincare yang harus dihindari saat kulit berjerawat adalah sodium lauryl sulfate. Walaupun cukup efektif untuk menciptakan busa dari pembersih wajah, tetapi bisa menyebabkan iritasi untuk pemakaian kulit sensitif. SLS merupakan bahan kimia yang fungsi utamanya untuk menghilangkan kotoran dan minyak dalam kulit. Hal tersebut yang menyebabkan adanya jerawat berlebih dan peradangan.

Cocoa Butter

Ada juga bahan atau kandungan skincare yang kaya akan emolien. Fungsinya untuk menghidrasi kulit dengan maksimal, seperti cocoa butter. Namun, kandungan tersebut hampir sama seperti minyak kelapa yang bisa menyumbat pori-pori.

Kulit berjerawat tak kunjung sembuh, tetapi semakin banyak dengan adanya kandungan cocoa butter. Kamu perlu berhati-hati saat memilih skincare agar tidak salah.

Ekstrak Alga 

Terakhir ada ekstrak alga yang merupakan pedang bermata dua. Walaupun berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bisa mengatur produksi minyak, tetapi sifatnya sangat komedogenik. Artinya bisa menyumbat pori-pori dan tidak baik untuk kulit berjerawat.

Itulah beberapa kandungan skincare yang harus dihindari untuk kulit berjerawat. Pilihlah skincare dengan bahan alami yang bisa meregenerasi kulit agar tetap sehat.


Related Posts