Jumat, 10 Desember 2021

4 Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Komputer Atau Laptop

SunjaID - Laptop seringkali berisi data-data penting yang berkaitan dengan pekerjaan atau pun hal yang lain. Ketika data-data penting di laptop secara tidak sengaja terhapus dan hilang pastinya kita akan panik dan berusaha mencari tahu bagaimana cara mengembalikan data yang hilang tersebut.

4 Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Komputer Atau Laptop

Cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan datamu yang hilang sebenarnya ada banyak. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan laptop atau aplikasi tambahan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4 Cara Untuk Mengembalikan Data yang Hilang di Laptop

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan tidak terlalu sulit dan ribet. Untuk mengetahui cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan data-datamu yang hilang, kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Recycle Bin

Recycle Bin merupakan program bawaan yang biasanya sudah secara otomatis terpasang pada PC ataupun laptop. Program ini dikhususkan untuk kepentingan backup data yang telah dihapus.

Walaupun begitu, Recycle Bin hanya bisa menyimpan data yang terhapus kurang dari 30 hari. Jika sudah lebih dari 30 hari maka akan sedikit sulit untuk menemukan data yang telah kamu hapus. 

Nah untuk mengetahui cara menggunakan Recycle Bin, kamu bisa simak penjelasan berikut.

  • Pertama kamu bisa buka program Recycle Bin yang biasanya sudah tersedia sebagai shortcut.
  • Jika program sudah terbuka maka akan ditampilkan data-data yang terhapus.
  • Kamu bisa pilih data yang ingin kamu kembalikan lalu klik kanan pada data tersebut.
  • Selanjutnya kamu bisa klik menu restore dan cek folder dimana sebelumnya kamu menyimpan data tersebut.   

Restore Previous Versions

Jika kamu tidak bisa menemukan datamu yang hilang ataupun terhapus melalui Recycle Bin, kamu bisa mencoba cara mengembalikan data yang hilang di laptop dengan restore previous versions. Caranya sangat mudah seperti di bawah ini.

  • Pertama klik start dan masuk ke folder dimana kamu menyimpan file mu yang hilang.
  • Selanjutnya kamu bisa klik kanan pada folder tersebut dan nantinya kamu bisa klik opsi restore previous versions.
  • Terakhir kamu bisa cek folder tersebut apakah datamu sudah kembali atau belum.

Command Prompt

Command prompt merupakan program perintah komputer atau laptop yang bisa diandalkan dalam berbagai macam situasi termasuk ketika data yang ada di laptopmu hilang. Cara mengembalikan data yang hilang di laptop dengan  menggunakan command prompt juga sangat mudah dan untuk mengetahui caranya kamu bisa simak penjelasan berikut.

  • Pertama kamu bisa klik start dan ketikkan cmd atau command prompt. Lalu kamu bisa buka program tersebut.
  • Selanjutnya kamu bisa ketikkan perintah [chkdsk X: /F]. Untuk huruf X tersebut bisa kamu ganti dengan inisial disk letak file kamu yang hilang.
  • Kemudian kamu bisa ketikkan perintah [ATTRIB -H-R-S /S /D X:*.*]. Jangan lupa untuk mengganti huruf X dengan inisial disk tempat kamu menyimpan data mu yang hilang.
  • Terakhir kamu hanya perlu menunggu prosesnya dan cek folder dimana datamu tadinya tersimpan.

Backup and Restore

Cara mengembalikan data yang hilang di laptop selanjutnya bisa kamu lakukan dengan program bawaan windows 7 dan 8 yaitu back up and restore. Untuk mengetahui cara penggunaan program ini, kamu bisa simak penjelasan berikut.

  • Klik start dan masuk ke menu setting di laptopmu.
  • Selanjutnya kamu bisa lanjut untuk masuk ke opsi update and security dan klik backup.
  • Kemudian klik add drive dan akan muncul daftar disk yang ada pada laptopmu.
  • Lalu pilih disk dimana kamu akan menyimpan backup datamu nantinya.
  • Jika ingin mengembalikan backup kamu bisa klik start dan buka file history.
  • Selanjutnya kamu bisa klik restore pada data yang ingin kamu kembalikan.

Cara diatas merupakan cara mengembalikan data yang hilang di laptop dengan metode yang paling mudah. Setelah membaca penjelasan diatas pastinya sekarang kamu tidak perlu panik ataupun bingung lagi ketika tidak sengaja menghapus data atau pun saat laptop kalian mengalami kerusakan.

Cara-cara diatas hanya memanfaatkan program bawaan yang ada pada laptop. Jika kamu merasa kurang puas dengan cara tersebut, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi untuk mengembalikan datamu yang hilang.

Related Posts