Senin, 27 Desember 2021

7 Destinasi Wisata Kuliner Di Jogja Yang Patut Kamu Coba

7 Destinasi Wisata Kuliner Di Jogja Yang Patut Kamu Coba
Yogyakarta memang tak asing lagi ditelinga para wisatawan, khususnya masyarakat Indonesia pada umumnya bahkan hingga mancanegara. Apalagi destinasi wisata kuliner Jogja yang selalu menggugah selera.

Daerah yang dikenal dengan kuliner hingga suasana keilmuannya membuat siapa saja tertarik untuk berkunjung bahkan tak bosan berkali-kali mengunjungi tempat ini. 

Jogja sebutannya sampai saat ini dikenal dengan kuliner andalannya, yaitu gudeg. Tak hanya gudeg, makanan di Jogja menurut banyak orang yang mengunjunginya, masih ramah kantong. Hal tersebut membuat siapa saja penasaran dan ingin mengunjunginya. 

Faktanya Jogja diminati oleh anak muda, mahasiswa, bahkan para orangtua. Jogja menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat menjejakkan kaki di tanah Jawa. 

Ketertarikan Jogja bahkan membuat Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menjadikan Jogja sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika menyebutkan kata Indonesia. Hal itu tampak dari kegiatan Kemenparekraf yang mempromosikan wisata Jojga ke pasar Jerman pada tahun 2020 lalu.  

Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Kuliner Jogja

Kalau bicara tentang kuliner Jogja, tak akan ada habisnya. Tapi, ada rekomendasi kuliner di Jogja yang patut kamu coba.

1. Soto Lenthok Pak Man

Rekomendasi destinasi wisata kuliner Jogja pertama adalah Soto Lenthok Pak Man. Hal ini karena Soto Lenthok Pak Man berada di sekitar Jalan Malioboro yang merupakan destinasi paling sering dikunjungi wisatawan. Soto Lenthok Pak Man tepatnya berada di Patehan Kraton Yogyakarta. 

Para penggemar Soto sangat ketagihan dengan Soto Lenthok Pak Man. Karena selain rasa, harga sotonya berada di kisaran 10 ribu hingga 15 ribuan saja. Harganya tidak akan membuat kantongmu bolong, kan? 

2. Lupis Mbah Satinem

Apabila ingin menikmat pagi hari dengan sarapan yang ringan, pengunjung di sekitar Malioboro dapat memilih kuliner lupis sebagai sarapan pagi. Pengunjung dapat menikmati lupis Mbah Satinem yang berada di sekitar pasar Kranggan Tugu Yogjakarta, tidak jauh dari Jalan Malioboro. 

Harga yang tawarkan pun variatif, berkisar 5 ribu hingga 15 ribuan. 

3. Pecel Senggol Beringharjo

Pecel Senggol Beringhajo dapat menjadi pilihan destinasi wisata kuliner Jogja di sekitar Malioboro, selain makanan gudeg yang sudah familiar di lidah masyarakat. Lokasinya pun tepat di pintu masuk pasar Beringharjo. 

Pecel Senggol Beringharjo menawarkan beberapa pilihan sayur, seperti daun papaya, kenikir, kecambah, kubis, dan kacang panjang. Selain sayuran, pembeli dapat memilih ingin lauk apa sebagai pelengkapnya seperti sate-satean, tempe mendoan, bakwan, tahu isi dan lainnya. 

Harga yang ditawarkan tentu sangat merakyat di kantong mahasiswa dan pelajar pada umumnya. Disebut pecel senggol karna jika ramai, orang-orang harus rela mengantri bahkan hingga berdesakan. 

4. Kopi Merapi Kaliurang

Berkunjung ke Kaliurang, kurang nikmat tanpa nyeruput secangkir kopi Merapi. Sambil menikmati pemandangan di kaki gunung merapi, kopi menjadi pilihan untuk menemani para pengunjung. Harga berkisar 5 ribu hingga 15 ribuan. 

5. Angkringan Kang Harjo

Satu hal yang tak boleh luput dari destinasi wisata kuliner Jogja adalah angkringannya. Selain Gudeg, Angkringan menjadi ciri khas kuliner sederhana, enak, dan mengenyangkan di Jogja. Ketika berjalan menyusuri Taman Sari pada malam hari, pengunjung dapat mencoba kuliner Angkringan Kang Harjo dengan beragam menu tersedia. 

Menikmati malam dengan menyantap nasi kucing dengan tumis tempe atau sambal teri rasanya pas sekali. Harga yang ditawarkan pun menggiurkan, dari mulai 500 rupiah hingga 2 ribuan saja. 

6. Bakmi Djawa Dua Djaman

Bakmi dapat menjadi pilihan saat wisatawan mengunjungi Pantai Parangtritis. Perlu dicoba karna bakmi Djawa Dua Djaman ini teksturnya pas dan racikannya sesuai dengan lidah mayoritas pecinta kuliner. Harga seporsi yang ditawarkan pun sekitar 20 ribuan saja. 

7. Warung Sate Kambing dan Tongseng 

Tak ketinggalan sate kambing dan tongseng sebagai kuliner paling direkomendasikan ketika berkunjung ke Jogja. Kuliner ini ada di setiap tempat wisata, namun yang paling banyak direkomendasikan adalah warung sate kambing dan tongseng di sekitar Taman Sari. Harganya di bawah 20 ribuan saja. 

Sebenarnya, ada banyak destinasi wisata kuliner Jogja yang bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Kalau kamu berkunjung ke Jogja, kamu bisa menyicipinya satu per satu. Jadi, kamu tertarik dengan kuliner yang mana?


Related Posts