Bingung Cari Komputer Untuk Keperluan Desain Grafis? Berikut ini Tips Untuk Memilih Spesifikasi Komputer Desain Grafis Terbaik

Bingung Cari Komputer Untuk Keperluan Desain Grafis? Berikut ini Tips Untuk Memilih Spesifikasi Komputer Desain Grafis Terbaik
Untuk bisa menjadi seorang desain grafis handal, kamu harus memilki bekal ilmu yang cukup. Selain amunisi lain yaitu kekuatan komputer yang kamu miliki. Pada penjelasan kali ini, kamu akan mendapatkan wawasan tentang spesifikasi komputer desain grafis terbaik yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau merakit sendiri komputer yang sudah ada.

Komputer untuk desain grafis berbeda dengan komputer yang digunakan untuk menyimpan data sederhana. Mulai dari segi memori, kemampuan komputer untuk membuka aplikasi desain grafis, dan spesifikasi lainnya.

Spesifikasi Komputer Desain Grafis Terbaik Yang Perlu Kamu Miliki

Memilih spesifikasi komputer untuk desain grafis yang tepat sangat penting untuk kamu pertimbangkan. Tujuannya adalah agar pekerjaan kamu bisa optimal dengan spesifikasi komputer yang mumpuni.

Processor

Spek prosesor ini berfungsi untuk menerima, menginput dan mengolah data dari mouse dan keyboard yang outputnya dilanjutkan ke software yang kamu jalankan. Spek prosesor yang disarankan untuk menjalankan aktifitas sebagai seorang desain grafis adalah Quad Core. Semakin tinggi core semakin garang kerjanya. 

Hal ini sangat berguna terutama dalam hal rendering picture. Sekarang ini justru banyak bermunculan aplikasi desain dan edit gambar yang membutuhkan prosesor yang multicore.

GPU

Agar proses kerja desain menjadi lebih baik, maka diperlukan GPU yang memiliki fitur khusus untuk akselerasi. Sangat disarankan yang memiliki video encoder atau decoder, bahkan transcoder, memiliki image processor, dan lain sebagainya untuk pelengkap.

Adapun GPUnya sendiri ada dua macam, yaitu kelas konsumer dan kelas profesional. Kelas konsumer memiliki performa yang sudah cukup baik untuk desain dan harganya pun terjangkau. Sementara untuk GPU kelas profesional, cocok untuk desainer grafis yang membutuhkan atribut yang lebih canggih. 

Penyimpanan

Penyimpanan adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Para desainer grafis biasanya memilih metode penyimpanan jenis SSD ketimbang kelas HDD. Namun untuk mengoptimalkan hasil karya, SSD lebih disarankan. Penyimpanan SSD memiliki keunggulan lebih cepat membaca data dan bandel terhadap berbagai kerusakan. 

RAM

RAM atau Random Acces Memory berfungsi untuk menyimpan dan mengolah proses dan hasil grafis. Sehingga semakin besar RAM yang ada akan semakin besar pula daya kapasitas yang dimilikinya. Ada baiknya kamu menggunakan RAM minimal 16 GB untuk kelancaran kinerja komputer.

Sistem Operasi

Biasanya seorang desainer grafis mengandalkan pekerjaannya lewat media komputer, PC atau laptop. Maka sistem operasi yang disarankan adalah Windows dan Linux. Selain itu aplikasi desain grafis banyak dikeluarkan oleh Windows. Oleh karena itu lebih diprioritaskan untuk menggunakan sistem operasi Windows 10 64-bit. Namun jika kamu tidak menggunakan sistem operasi Windows 10 di komputer, sebaiknya gunakan Windows 11 saja. Karena Windows 11 lebih mumpuni untuk menjalankan komputasi 64-bit.

Pilihan lainnya, kamu bisa menggunakan system operasi Linux. Dalam pengoperasiannya Linux memiliki platform distro dan ada pilihan gratisnya.

VGA Card

Salah satu spesifikasi komputer design grafis terbaik yang sering terlupakan adalah VGA card. Karena seringkali orang menyamakannya dengan GPU, padahal keduanya berbeda. VGA atau Video Graphic Array adalah suatu konektor atau penyambung yang menyambungkan komputer ke layar monitor atau layar projektor.

 Agar proses designing terutama rendering berjalan tangguh maka diperlukan spek yang prima. Kami rekomendasikan untuk menggunakan VGA yang memiliki spesifikasi fitur sebagai berikut:

Minimal memory 8 GB

Minimal bandwidth 416 GB/s

Boost clock 1545 MHz

Processor shader 2304

Daya 160 W

Monitor

Komponen yang tidak kalah pentingnya untuk pengerjaan sebuah design adalah layar monitor itu sendiri. Agar dapat menampilkan tayangan terbaik dan nyaman di mata, gunakan layar resolusi Full HD (1020 x 1080). Jika memang memungkinkan gunakan monitor yang dapat mendukung resolusi 2000/4000.

Sangat disarankan pula menggunakan konektor digital HDMI, DVI atau Display Port untuk mendukung fitur GPU. Lalu, gunakan monitor yang bersih dan tidak cacat. 

Itulah beberapa spesifikasi komputer desain grafis terbaik yang direkomendasikan untuk kamu. Di luar sana ada banyak komputer yang memiliki spesifikasi seperti di atas dengan harga yang bervariasi. Semoga kamu menemukan yang terbaik!

 

Proof Code

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter