Rabu, 08 Desember 2021

Cara Mematikan Proximity Sensor Di Handphone Asus

Cara Mematikan Proximity Sensor Di Handphone Asus
SunjaID - Proximity sensor dapat kita sebut juga sensor jarak yang merupakan sebuah alat elektronik untuk menyensor keberadaan benda di sekeliling, tanpa melakukan gerakan kontak atau sentuhan. Sensor ini bisa berguna pula untuk merubah sebuah informasi yang didapat, berupa gerakan atau posisi sebuah benda menjadi sinyal atau getaran listrik.

Namun perlu dipahami bahwa sensor proximity ini tidak serta merta menggunakan unsur gerakan atau mekanisme dalam mendeteksi keberadaan sebuah benda. Faktor lain yang dipakai dalam beroperasi adalah unsur medan elektromagnetik atau juga sinar radiasi elektromagnetik untul mengobservasi keberadaan benda sekitar. 

Di beberapa smartphone yang sudah lebih advance, biasanya dilengkapi pula fitur pengaturan jarak terjauh yang bisa dideteksi. Jarak ini disebut sebagai nominal range yaitu kisaran jarak normal untuk melaporkan posisi objek.

Cara Mematikan Proximity Sensor Di HP Android

Namun walaupun fitur ini sangat berguna, ada kalanya pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan fitur ini. Maka banyak yang ingin menonaktifkannya di HP Android. Mungkin hal ini juga terjadi sama kamu. Nah jika benar, ini cara mematikan proximity sensor yang kamu perlu tahu.

Menggunakan Setelan atau Pengaturan

Cara pertama untuk mematikannya adalah melalui pengaturan yang ada di HP. Caranya sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau “Pengaturan” di handphone kamu
  • Pilih tab menu “Pengaturan Panggilan”
  • Tarik ke bawah, temukan pilihan “Aktifkan Sensor Proximity”
  • Usap jarimu atau swipe untuk menonaktifkan fitur

Jika kamu berniat untuk kembali menyalakannnya, cukup usapkan kembali jarimu, maka sensor akan kembali aktif dan bekerja secara normal kembali.

Menggunakan Aplikasi atau Icon Gembok

Jika kamu tidak melihat opsi pengaturan sensor di menu pengaturan panggilan, kamu bisa mencoba cara lainnya dengan memanfaatkan aplikasi SmartScreen On/ Off yang ada pada pengrangkat HP kamu.

  • Jika kamu belum memiliki aplikasi ini, kamu bisa mengunduh di Play Store dengan kata kunci “SmartScreen On Off”
  • Instal dan buka aplikasinya
  • Beri akses terhadap Device Administrator
  • Jika hak akses sudah tersambung, maka kamu bisa membuka aplikasi ini
  • Tarik ke bawah dan carilah tombol “Sensor Proximity On Off’ 
  • Usap jarimu atau swipe pada ikon yang tersedia untuk menentukan sensor menjadi tidak aktif
  • Selanjutnya kunci layar seperti biasa

Begitu pula jika kamu menghendaki sensor untuk menyala kembali, lakukan swipe layar untuk membuka kuncinya.

Fungsi Proximity Sensor Bagi Perangkat Android

Keberadaan proximity sensor sangatlah penting, walaupun ini merupakan fitur pelengkap dan tidak semua HP memilikinya. Hal yang paling utama dari fungsi sensor ini adalah untuk mendeteksi benda yang didekatkan dengannya.

Misalnya, pada saat kamu menerima panggilan telepon, maka otomatis kamu akan mendekatkan HP ke telinga. Nah sensor ini akan dengan sendirinya mematikan fungsi layar sentuh, yang membuat layar tidak akan memberikan respon sekali pun bersentuhan dengan kulit atau bagian tubuh lainnya. 

Begitu pun sebaliknya, saat kamu selesai melakukan percakapan via telepon dan menjauhkan HP dari telinga, maka sensor akan kembali membuka layar sentuhnya dan kembali aktif.

Tips Untuk Merawat Sensor Proximity Agar Awet Dan Tidak Langganan Error

Cara mematikan sensor proximity bukanlah hal yang sulit, namun kamu perlu mengetahui pula bagaimana cara merawatnya agar tidak cepat rusak dan bolak-balik ke service center.

  • Utamakan kebersihan, terutama pada bagian layar sentuh HP, karena di sinilah fokus utamanya. Jangan sampai kena minyak, tumpahan kopi dan kotoran lainnya yang mengganggu kinerja sensor
  • Gunakan pelindung HP atau anti gores yang sesuai dengan jenis HP. Jangan memaksakan menggunakan pelindung yang tidak pas karena akan menutupi layar atau malah membuatnya tergores
  • Jika kamu mau mengunakan aksesoris perangkat HP lainnya, pastikan cocok dengan HP kamu dan sesuai ukurannya. Jangan karena ingin terlihat cute dan gaya kamu malah membuat kinerja sensor menjadi terhambat

Itulah sekilas tentang cara mematikan sensor proximity dan beberapa informasi terkait lainnya yang bisa kamu jadikan tambahan pengetahuan dalam merawat layar sentuh di perangkat Android kamu. Semoga bermanfaat untuk kamu.

Related Posts