Kamis, 23 Desember 2021

Cara Mudah Membayar Tagihan PDAM Melalui mBCA Mobile

 

Cara Mudah Membayar Tagihan PDAM Melalui mBCA Mobile
SunjaID - Saat ini ada banyak cara membayar tagihan dengan mudah, anti ribet, dan bebas biaya administrasi. Satu di antaranya adalah cara membayar PDAM melalui MBCA. 

M-Banking BCA adalah suatu layanan produk perbankan yang tersedia dari PT BCA (Bank Central Asia) Tbk. Dan memiliki keunggulan untuk dapat diakses secara langsung oleh penggunanya dengan smartphone. 

M-Banking dapat diakses dengan tata cara yang telah diberikan oleh pihak bank. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengaksesan M-Banking BCA, dapat menghubungi call center atau langsung datang ke bank terkait. 

Bagi pengguna BCA yang sudah mengaktivasi M-Banking BCA, maka tidak perlu ribet mengunduh aplikasi lainnya lagi untuk membayar tagihan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Kamu hanya perlu mengetahui fitur-fiturnya dan menggunakannya dengan benar. 

Menu dan Layanan M-BCA

Sebelum melakukan pembayaran, terlebih dahulu ketahui menu dan layanan yang dapat dinikmati dalam M-BCA berikut ini: 

1. M-info

M-info adalah layanan yang berisi informasi umum mengenai akun bank BCA pengguna. Informasi yang bisa pengguna dapatkan pada layanan m-info adalah informasi saldo, mutasi rekening, info suku bunga tabungan/deposito, info kode bank yang bisa digunakan untuk transfer antar bank, info kurs dan info kode perusahaan yang dapat digunakan untuk transaksi m-payment dan m-commerce.

Selain daripada yang telah disebutkan diatas, pengguna M-BCA juga bisa mendapatkan info rekening deposito, info saldo dan transaksi kartu kredit BCA,  info NAB dan Reksa Dana, serta info RDN/rekening Dana Nasabah.

2. M-admin

M-admin adalah layanan yang untuk pengguna, di antaranya adalah fasilitas aktivasi, ganti PIN, dan keperluan lainnya terkait dengan registrasi dan status akun bank pengguna.

3. M-transfer

Selanjutnya menu M-transfer, merupakan layanan yang dapat melakukan transfer ke sesama rekening BCA, ke bank lain, atau melalui akun virtual (virtual account).

4. M-Commerce

Layanan M-commerce biasanya digunakan apabila pengguna ingin melakukan pembelian pulsa atau token listrik.  Pulsa handphone juga dapat dibeli melalui M-Banking pada menu M-commerce. 

5. M-Payment

Menu M-payment dapat digunakan ketika pengguna ingin melakukan pembayaran tagihan-tagihan seperti kartu kredit, PDAM/PAM, PLN, asuransi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Panduan Cara Membayar PDAM melalui MBCA

Untuk Kamu yang masih bingung bagaimana cara membayar PDAM melalui MBCA, Kamu bisa ikuti panduannya di bawah ini.

Pilih menu M-Payment 

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa pembayaran PDAM/PAM dapat dilakukan pada menu M-payment. Di dalam M-Payment ada beberapa pilihan, antara lain kartu kredit, handphone, Publik/Utilitas, BPJS, Asuransi, Internet, PInjaman, Lainnya. 

Pilih Publik/Utilitas 

Setelah di klik Publik/utilitas, muncul nama perusahaan, input nomor bayar, wilayah, dan dari rekening. Selanjutnya pilih PAM pada kolom nama perusahaan. 

Masukkan Nomor Pelanggan PDAM Kamu

Setelah memilih PAM pada kolom nama perusahaan, selanjutnya masukkan nomor pelanggan PDAM kamu pada kolom input nomor bayar. 

Pilih Wilayah PDAM

Setelah kolom input nomor bayar, kolom selanjutnya adalah kolom wilayah. Kamu harus memilih wilayah tempat tinggal kamu atau PDAM yang ingin kamu bayar.  Misalnya wilayah JKT/BANTEN/JABAR. 

Pilih kantor cabang PDAM tempat Kamu terdaftar

Setelah memilih wilayah PDAM, selanjutnya pilihlah kantor cabang PDAM tempat Kamu terdaftar. Misalnya PDAM Kota Depok. 

Periksa nominal tagihan PDAM Kamu

Setelah semua selesai di isi, kemudian muncul lah nominal tagihan PDAM Kamu. Kamu perlu memastikan kebenaran data tersebut apakah milikmu atau bukan. 

Terakhir masukkan pin BCA Kamu

Jika semua data sudah benar, PDAM itu adalah tagihan milikmu. Selanjutnya masukkan pin BCA kamu untuk menyelesaikan pembayaran. 

Berhasil

Apabila pin yang kamu masukkan benar, alias kamu tidak lupa pin bank kamu, maka pembayaran selesai dan bukti pembayaran muncul dengan tulisan Berhasil. Serta detail keterangan pembayaran tagihan PDAM tersebut. 

Cara Membayar PDAM melalui MBCA sangat mudah. Hanya beberapa kali klik, kamu sudah berhasil membayar tagihan tanpa mengantri di ATM, atau wara-wiri keluar rumah. Memang tentu saja layanan M-Banking memerlukan akses jaringan internet untuk terhubung kepada sistem. Tidak hanya membayar PDAM, jika kuota Kamu habis, ingin membeli pulsa untuk mengisi kuota hingga membayar tagihan Wi-Fi juga bisa melalui M-Banking BCA. Mudah bukan?

Related Posts