Senin, 20 Desember 2021

Cara Mudah Untuk Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara Mudah Untuk Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
SunjaID - Saat ini sudah banyak pekerja yang memiliki BPJS ketenagakerjaan. Namun, tidak mengetahui cara cek saldonya. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online bisa menjadi sebuah opsi untuk para pengguna BPJS karena mereka tidak perlu ribet-ribet datang ke kantor BPJS. 

BPJS ketenagakerjaan merupakan sebuah program yang dibuat pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi pekerja baik di sektor pemerintahan maupun non pemerintahan. Pekerja diwajibkan membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Uang iuran tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh BJPS untuk diberikan pada saat-saat tertentu misalnya saat pensiun, meninggal, atau mengalami kecelakan yang mengakibatkan kecacatan. 

Untuk cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online bisa dilakukan dengan beberapa metode. Nah untuk mengetahui penjelasan mengenai metodenya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Mengikuti Program BPJS kesehatan pastinya akan sangat menguntungkan bagi para pekerja. Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan sendiri yaitu bisa digunakan untuk dana pensiun, kematian, atau dana darurat saat kamu mengalami kecelakaan yang cukup parah. 

Walaupun manfaatnya banyak, namun sebagian besar pekerja masih belum bisa mengelola BPJS mereka dengan baik. Mereka seringkali malas dan tidak pernah mengecek berapa saldo BPJS ketenagakerjaannya. Padahal, mengecek saldo BPJS sangat diperlukan untuk mengetahui jumlah saldo kita dan dapat merencanakan dana pensiun secara tepat. 

Selain itu, opsi pengambilan dana dengan ketentuan minimal sudah menjadi peserta BPJS selama 10 tahun juga menuntut kamu untuk mengetahui berapa jumlah saldomu. Nah, supaya sekarang kamu bisa mengetahui cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online kapan saja dan di mana saja, kamu bisa simak penjelasan berikut ini. 

Melalui Website SSO BP Jamsostek

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online yang pertama yaitu melalui website resmi SSO BP Jamsostek. Nah cara yang pertama ini bisa kamu andalkan kapan pun dan di mana pun karena kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan dan pengecekan juga dapat dilakukan melalui ponsel. 

Syarat untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs ini hanyalah koneksi internet. Nah, untuk mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui situs SSO BP Jamsostek, kamu bisa simak penjelasan berikut. 

  • Pertama kamu bisa masuk ke laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke laman log in. Dan jika kamu sudah punya akun, kamu tinggal masukkan email dan passwordnya saja. Kalau kamu belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dulu dengan klik buat akun baru dan lanjut. 
  • Setelah memasukkan email dan password untuk log in dan cek saldo, kamu perlu memasukkan reCaptcha terlebih dahulu. 
  • Setelah itu kamu bisa langsung klik masuk untuk bisa masuk ke situs SSO BP Jamsostek.
  • Jika kamu sudah berhasil log in, kamu bisa langsung pilih menu cek saldo BPJS untuk mengetahui jumlah saldomu. 

Melalui BPJSTKU Mobile

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi BPJSTKU untuk mengetahui informasi saldo dan informasi lainnya yang terkait dengan layanan BPJS. 

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini kamu perlu mengunduhnya dulu di Play Store dan memasangnya di ponselmu. Nah untuk mengetahui detail langkah-langkah cek saldo dengan aplikasi BPJSTKU, kamu bisa simak penjelasan berikut.

  • Pertama-tama kamu perlu mengunduh aplikasi JMO Jamsostek Mobile di ponselmu. 
  • Setelah itu kamu bisa log in ke akun BPJSTKU Mobile dengan email dan password. Kalau kamu belum memiliki akun BPJSTKU, kamu bisa klik buat akun. 
  • Setelah kamu berhasil log in, kamu bisa masuk ke menu dan pilih menu jaminan hari tua. 
  • Lalu kamu tinggal klik menu cek saldo untuk mengetahui informasi saldo BPJS mu. 

Kedua cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online di atas merupakan cara yang bisa kamu, lakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya dengan mengandalkan ponsel dan koneksi internet. Nah, karena sekarang kamu sudah mengetahui cara cek saldo BPJS sebaiknya kamu lebih sering mengecek saldomu. 

Related Posts