Sabtu, 18 Desember 2021

Inilah 3 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan HP Android

Inilah 3 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan HP Android
SunjaID - Memiliki BPJS ketenagakerjaan merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk pekerja baik yang bekerja di sektor pemerintahan atau pun non pemerintahan. Hal ini karena BPJS ketenagakerjaan bisa memberikan pekerja sebuah jaminan di masa depan. Tapi, kamu harus tahu juga cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android.

Meskipun kini berbagai perusahaan sudah memberikan BPJS ketenagakerjaan untuk para karyawannya. Namun, banyak karyawan yang masih kurang memerhatikan informasi BPJS yang mereka miliki. Misalnya saja informasi mengenai jumlah saldo mereka. Mengetahui jumlah saldo BPJS tentunya merupakan hal dasar yang cukup penting. Namun, karena para pemilik BPJS ketenagakerjaan seringkali malas pergi ke kantor BPJS, jadi mereka tidak pernah mengecek saldonya.

Nah saat ini pihak BPJS ketenagakerjaan sudah memberikan layanan secara online maupun offline untuk mengecek saldo BPJS. Kamu bisa mengetahui informasi saldo hanya dari ponsel androidmu. Untuk mengetahui cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android kamu bisa simak pejelasan berikut.

3 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Hp Android

Di jaman yang canggih ini semua aktivitas kini bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan ponsel android. Sama seperti halnya mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan. Perlu kamu tahu ada beberapa cara untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui ponsel android. 

Nah untuk mengetahui cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android, yuk simak penjelasan di bawah.

Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama dan juga paling mudah untuk mengetahui informasi saldo BPJS ketenagakerjaanmu yaitu dengan mengunjungi situs SSO BP Jamsostek. Situs tersebut disediakan oleh pihak BPJS supaya para pemilik BPJS ketenagakerjaan dapat mengecek saldo mereka dengan mudah dan cepat.

Mereka hanya perlu mengandalkan hp android dan juga koneksi intenet. Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android ini bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun. Jadi, pastinya memudahkan kamu dalam memantau saldo BPJS.

Untuk bisa mengecek saldo, pertama-tama kamu perlu mengunjungi situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya kamu bisa masuk dengan memasukkan email dan password. Kalau kamu belum memiliki akun, kamu bisa mendaftarkan dirimu dulu untuk memiliki akun SSO BP Jamsostek. Nah kalau kamu sudah berhasil masuk ke situs tersebut, kamu tinggal cari saja menu cek saldo BPJS dan klik menu tersebut. 

Melalui Aplikasi 

Selain dengan mengandalkan situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi resmi dari BPJS ketenagakerjaan yaitu BPJSTKU Mobile. Aplikasi PJSTKU Mobile bisa kamu unduh melalui Play Store secara gratis.

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android ini juga bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun asalkan kamu sudah mengunduh dan memasang aplikasinya di ponsel kamu. Dalam menggunakan aplikasi ini pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang baik.

Untuk bisa mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU Mobile yang pertama kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasinya. Selanjutnya kamu bisa masuk dengan email dan password akun BPJSTKU Mobile kamu. 

Kalau kamu belum memiliki akun BPJSTKU Mobile, kamu dapat mendaftar terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk ke akun BPJSTKU Mobile milik kamu, kamu hanya perlu klik menu dan pilih menu cek saldo untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan kamu. 

Melalui SMS

Cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan yang terakhir yaitu dengan menggunakan sms. Baik pengguna android atau pun ponsel biasa, kini bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaannya hanya dengan menggunakan sms.

Yang perlu kamu siapkan untuk bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan sms yaitu pulsa. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk mengirimkan sms.

Untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan menggunakan sms yaitu kamu perlu mendaftar dulu dengan mengirimkan pesan “Daftar(spasi)SALDO#NO-KTP#TGL-LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO-PESERTA#EMAIL”. Selanjutnya kamu bisa mengirim pesan tersebut ke nomor 2757. 

Setelah kamu terdaftar, kamu bisa kirim pesan lagi dengan format “SALDO(spasi)NO-PESERTA”. Kemudian kamu bisa mengirimkan pesan tersebut ke nomor 2757. 

Ketiga cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat hp android di atas bisa kamu lakukan secara offline maupun online. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan kamu.


Related Posts