Senin, 13 Desember 2021

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J3 2016

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J3 2016

SunjaID - Samsung merupakan sebuah perusahaan eletronik terkenal yang selalu menghadirkan berbagai macam barang eletronik yang sangat bagus. Handphone merupakan salah satu barang elektronik yang juga dikeluarkan samsung. Mereka selalu menghadirkan jenis baru secara rutin, salah satunya adalah Samsung J series. Salah satunya adalah Samsung J3 2016.

Nah, untuk kamu yang ingin membeli HP Samsung tipe ini, ada baiknya kamu tahu kelebihan dan kekurangan Samsung J3 2016 pada penjelasan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J3 2016

Berbeda dengan tipe sebelumnya yang dikeluarkan oleh Samsung yakni Samsung galaxy J2, Samsung J3 tampil dengan gaya yang lebih elegan dari sebelumnya. Banyak perbedaan yang sangat mencolok dari HP keluaran sebelumnya seperti kamera.

Kamera J3 berukuran 13MP, lebih besar dari pada edisi sebelumnya. Sedangkan dari segi RAMnya pun lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2GB untuk tipe Samsung J3. 

Kelebihan Samsung J3 2016

1. Tampilan Layar dan Bodi

Kelebihan yang pertama yaitu layar serta design dari Samsung J3 2016 ini sangatlah simpel dan juga elegan. Hadir dengan ukuran 5.0 inchi dengan resolusi 720 x 1280 pixel Super AMOLED, dengan kerapatan 294 ppi. Bagian layarnya dilindungi oleh Asahi Dragontrail Glass.

Dari segi bodi, HP ini sangat ringan sehingga nyaman saat digenggam. Dengan ukuran dimensi 142.3 x 71 x 7.9 mm, HP keluaran tahun 2016 ini memiliki berat 138 g. Material bodinya juga terbuat dari plastik sehingga membuatnya enteng.

2. Kamera Utama

Kemudian dari segi kamera pun Samsung J3 Series hadir dengan spek yang sangat istimewa. Dengan tipe lensa F 2.2 dan dapat mengambil gambar yang tidak mengecewakan. Selain ukuran kameranya 8 MP, dilengkapi juga dengan teknologi auto focus. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas ke objek yang difoto. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur LED flash untuk meningkatkan pencahayaan di tempat-tempat yang gelap. Dan juga fitur HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. 

4. Processor dan RAM

Hardware dalam HP Samsung J3 ini memiliki CPU dan RAM yang cukup tinggi. Agar handphone yang kamu pakai tidak lemot, kamu perlu mempertimbangkan CPU yang dipakai. Untuk samsung J3 sendiri sudah menggunakan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex A7 dan Quad-core 1.3 GHz Cortex A7 – USA.

Sedangkan untuk RAMnya sendiri cukup mumpuni, yaitu 2 GB dengan memori internal 16 GB. Cukup untuk menyimpan beberapa aplikasi penting di dalamnya. Selain itu, dengan kapasitas memori sebesar itu, cukup untuk menghindari lag dengan catatan aplikasi yang diunduh tidak memakan memori banyak.

Itulah beberapa kelebihan pada HP Samsung J3. HP yang merupakan keluaran produk samsung ini memang sangat digemari oleh pecinta produk samsung dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Sehingga wajar ketika dirilis laku keras di pasaran. 

Kekurangan Samsung J3 2016

5. Kapasitas Baterai

Samsung J3 2016 hanya memiliki kapasitas baterai 2600 mAh. Mungkin untuk aktivitas digital yang tidak terlalu berat, HP ini masih mumpuni. Akan tetapi, untuk pemakaian yang agak lama dan menguras daya, rasanya kurang cukup dengan kapasitas tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak HP yang diproduksi dengan kapasitas baterai mencapai 6000 – 7000 mAh.

Terlebih, tidak adanya teknologi fast charging seperti smartphone kekinian. Tentu saja, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya hingga 100%.

6. Tidak Mempunyai Perangkat Tahan Air

Samsung J3 2016 ini tidak memiliki perangkat tahan air. Sangat riskan jika kamu menggunakannya saat musim hujan atau tidak sengaja tercebur ke dalam air. Untuk solusinya, kamu bisa menggunakan pelindung HP seperti kantong yang terbuat dari plastik agar terhindar dari air yang bisa merusak komponennya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung J3 2016 yang perlu kamu tahu. Di dalam semua HP smartphone, entah itu produk Samsung atau lainnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Hanya saja, kamu bisa mempertimbangkan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu dan mana yang tidak.


Related Posts