Selasa, 14 Desember 2021

Pengertian Komputer : Komputer Berasal Dari Kata Compute Yang Artinya Adalah Menghitung

SunjaID - Selama ini kita sering menggunakan perangkat computer untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Komputer jaman sekarang bukan lagi merupakan barang yang wah atau pun mewah. Apalagi di era industry 4.0. Namun, tahukah kamu bahwa kata komputer berasal dari kata compute yang berarti menghitung? 

Pengertian Komputer : Komputer Berasal Dari Kata Compute Yang Artinya Adalah Menghitung

Compute sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang artinya adalah menghitung atau menggabungkan. 

Definisi Komputer Berasal dari Kata Compute yang Berarti Menghitung

Sekarang ini hampir semua orang memiliki komputer yang sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok setiap orang. Mulai dari para pekerja kantoran, guru, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan anak-anak setingkat Sekolah Dasar pun sudah fasih menggunakan perangkat elektronik ini.

Apa sih sebenarnya definisi komputer itu sendiri? Dalam hal ini kami coba kembangkan dalam beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Definisi komputer menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia online, komputer merupakan alat bantu bagi para pekerja dalam mengolah suatu data dalam perhitungan atau aritmetika. Seiring dengan berjalannya waktu, artian ini berubah bukan lagi manusia sebagai subjeknya namun komputer lah sebagai pelaku utamanya.

Apalagi di masa kini, komputer bukan lagi merupakan alat bantu hanya untuk sekedar memecahkan masalah aritmetika saja, namun berdampak luas pada jenis informasi lain. Hampir semua aspek kehidupan kita tautkan ke perangkat digital ini. 

Definisi Komputer Secara Luas

Banyak ilmuwan-ilmuwan yang mendefinisikan istilah komputer dengan berbagai macam sesuai jenis kegunaannnya pada saat itu. Misalnya pada saat komputer hanya digunakan sebagai alat bantu hitung, maka ada yang menyatakan bahwa komputer adalah perangkat hitung kontemporer. Di mana manusia bisa mengerjakan persoalan matematika lewat bantuan komputer yang telah memiliki bahasa pemprograman yang dimaksud.

Selain itu ada pula yang menyatakaan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang membantu pekerjaan manusia untuk menyimpan data, mengolah dan menyusunnya sesuai instruksi yang diberikan pemiliknya.

Dapat juga disimpulkan bahwa komputer sebagai suatu alat elektronik yang merupakan sekumpulan hardware maupun software dalam suatu perangkat terprogram. Untuk dapat bekerjasama secara baik dalam menyimpan data, menerima data, mengolah dan menyajikannya secara terkoordinasi dan terintegrasi satu sama lain dengan jelas.

Definisi Komputer Menurut Etimology of Barnhart Concise Dictionary

Berdasarkan etimologi yang dikembangkan oleh kamus besar Barnhart Concise, istilah komputer ini dipakai untuk mendeskripsikan sebuah alat hitung mekanis. Jadi computer merupakan alat perhitungan matematika baik dengan bantuan atau tanpa alat bantu aritmetika.

Ada pula definisi ini berkembang pada jamannya menjadi alat bantu menghitung perlengkapan artileri dengan memanfatkan mesin hitung pada masa Perang Dunia ke II di Inggris.


Kategori Komputer Berasal Dari Kata Compute Yang Berarti Menghitung

Ada beberapa ilmuwan yang mengelompokkan computer berdasarkan data yang diolahnya. Kita jabarkan penjelasannya sebagai berikut.

Komputer Analog

Sesuai dengan namanya prinsip yang dimilikinya pun identik dengan output data yang dihasilkan. Data yang diolah menghasilkan data kualitas dan bukan merupakan angka yang baku. Bersifat berkesinambungan dalam menuangkan hasil proses pengolahan. 

Komputer analog ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam pabrik. Contohnya saja pabrik mesin, pabrik kimia, pabrik tambang, untuk penyulingan minyak, dan pembangkit tenaga listrik.  

Keunggulan komputer analog adalah memiliki tingkat kecepatan lebih dari computer digital. Sementara kekurangannya adalah tingkat akurasinya berada di bawah computer digital. 

Komputer Digital

Komputer digital sangat sesuai dipakai untuk aplikasi teknik atau pun bisnis. Memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi, dapat menerima data, menyimpan dan mengolahnya sesuai aturan program logika. 

Begitu pula dalam hal penghapusan dan pengeditan data dapat dilakukan secara tepat dan cepat, menghasilkan data berupa image maupun grafik. 

Komputer Hybrid

Komputer hybrid adalah kombinasi dari komputer analog dan digital. Sehingga dapat disimpulkan menjadi jenis komputer yang dapat menghitung atau menggabungkan banyak data dengan menghasilkan data baik kualitas maupun kuantitas dengan cepat. Dan memiliki tingkat ketepatan atau akurasi yang maksimal.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai asal usul komputer. Sehingga bisa menjadi tambahan wawasan untuk kamu yang seringkali melakukan pekerjaan menggunakan komputer. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu kedepannya.

 

Related Posts