Rabu, 15 Desember 2021

Penjelasan Tentang Pembagian Jaringan Komputer Menurut Media Transmisi Data

Penjelasan Tentang Pembagian Jaringan Komputer Menurut Media Transmisi Data

SunjaID - Setiap menggunakan laptop atau PC pastinya kita akan selalu berhubungan dengan kegiatan transmisi data. Pernahkah kamu  bertanya-tanya mengenai pembagian jaringan komputer menurut media transmisi datanya? 

Jaringan komputer sendiri merupakan jaringan dari beberapa komputer yang di mana saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan melalui media transmisi data. Sehingga mampu membagikan informasi-informasi seperti data, aplikasi, atau sambungan internet. 

Nah jika kamu ingin mengetahui hal tersebut, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini supaya pengetahuanmu mengenai dunia komputer dan jaringan semakin meningkat. 

Pembagian Jaringan Komputer Menurut Media Transmisi Data

Pada dasarnya pembagian jaringan komputer menurut media transmisi data dibagi menjadi dua, yang pertama yaitu jaringan berkabel dan yang kedua yaitu jaringan nirkabel. 

Kedua pembagian tersebut tentunya memiliki media yang berbeda dalam melakukan transmisi data. Ada yang membutuhkan alat seperti kabel dan ada juga yang bisa melakukan transmisi tanpa memerlukan kabel. 

Jaringan Berkabel

Jaringan transmisi data yang pertama yaitu jaringan berkabel yang berarti memanfaatkan adanya kabel.  Kabel yang digunakan disini bukanlah kabel sembarangan melainkan kabel jaringan UTP RG 45 yang melalui proses crimping. 

Kabel UTP tersebut nantinya akan dihubungkan dengan perangkat penghubung khusus. Perangkat penghubung tersebut yakni berupa hub dan juga switch. 


Jenis-Jenis Kabel yang digunakan pada Jaringan Berkabel

Nah jaringan komputer dengan media transmisi jaringan kabel ini memanfaatkan beberapa jenis kabel sebagai komponen pendukungnya. Beberapa diantaranya yaitu:

Kabel UTP

Kabel UTP merupakan kependekan dari Unshielded Twister Pair. Kabel jenis ini memiliki 4 pasang komponen kabel di dalamnya yang di mana kabel-kabel tersebutlah yang akan dipakai untuk membentuk sebuah jaringan komputer. Kabel jenis UTP memiliki jenis penghantar berupa tembaga. 

Kabel Coaxial

Kabel coaxial merupakan sebuah kabel yang mampu menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya. Kabel coaxial juga sudah terkenal sebagai kabel jaringan yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga tidak mengherankan lagi jika kabel jenis ini cukup banyak diminati oleh masyarakat. 

Selain berfungsi untuk menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan yang lain, kabel coaxial juga dapat dimanfaatkan untuk membagi sinyal dengan frekuensi yang cukup tinggi. 

Fiber Optic

Istilah kabel fiber optic mungkin tidak asing lagi bagi kalian. Kita seringkali menemui pemasangan kabel fiber optic di jalan dan mungkin kamu masih belum paham mengenai apa itu label fiber optic dan apa fungsinya. 

Pada dasarnya kabel fiber optic merupakan media jaringan kabel yang dibuat dari serat kaca. Kabel ini berfungsi sebagai pelindung bagi jaringan lokal seperti LAN. 

Kelemahan Jaringan Berkabel

Jaringan berkabel sebagai salah satu jenis pembagian jaringan komputer menurut media transmisi data tentunya memiliki kelemahan dan kekurangan. Nah sebelum kamu memilih jaringan berkabel, ada baiknya kamu tahu beberapa kelemahan dari jaringan ini. 

  • Memiliki jangkauan yang terbatas. 
  • Kurang praktis. 
  • Kemungkinan adanya gangguan ketika kabel bermasalah. 
  • Jaringan Nirkabel

Berbeda dengan jaringan berkabel yang memanfaatkan kabel sebagai komponen untuk mendukung transmisi data, pada jaringan nirkabel proses transmisi data didukung dengan adanya sinyal elektromagnetis. Jenis jaringan nirkabel kini telah banyak kita temui pada kehidupan sehari-hari.

Contoh jaringan nirkabel pada internet yaitu wifi, adanya fitur tethering, hotspot dan lain-lain. Sedangkan, untuk pemanfaatan jaringan nirkabel pada proses pengiriman dan penerimaan data yang sering kita temui yakni pada bluetooth dan juga infrared. 


Kelemahan Jaringan Nirkabel

Walaupun jaringan nirkabel seringkali dinilai praktis, namun jaringan ini memiliki beberapa kekurangan. Nah untuk mengetahui apa saja kekurangannya kamu bisa baca list kekurangannya di bawah ini. 

  • Adanya ancaman gangguan sinyal. 
  • Jaringan memungkinkan untuk diretas dan dapat membahayakan data pribadi. 
  • Adanya penghalang sinyal misalnya dinding yang tinggi akan menghambat kinerja. 

Nah itu tadi adalah penjelasan mengenai pembagian jaringan komputer menurut media transmisi datanya. Sebelum kamu memilih jaringan yang sesuai sebaiknya kamu memahami dahulu perbedaan antara jaringan berkabel dan nirkabel seperti yang sudah dijelaskan di atas. supaya nantinya kamu bisa melakukan aktivitas internetan dan transfer data dengan nyaman dan aman. 

Related Posts