Sabtu, 11 Desember 2021

Pernah Kehilangan Foto Yang Berharga Buat Kamu? Berikut Ini 3 Cara Mengembalikan Foto yang Hilang di Laptop

SunjaID - Menyimpan foto di laptop memang telah menjadi opsi bagi banyak orang yang tidak ingin menyimpan foto-fotonya di ponsel karena akan memenuhi memori. Namun, foto yang disimpan pada laptop seringkali menghilang dan membuat pemiliknya bingung sehingga mencari  cara mengembalikan foto yang hilang di laptop. 

Pernah Kehilangan Foto Yang Berharga Buat Kamu? Berikut Ini 3 Cara Mengembalikan Foto yang Hilang di Laptop

Foto yang hilang di laptop pada dasarnya bisa dikembalikan dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan program atau aplikasi yang ada di laptop atau dengan mengandalkan aplikasi-aplikasi tertentu. 

3 Cara Mengembalikan Foto yang Hilang di Laptop

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengembalikan foto mu yang tiba-tiba hilang, kamu bisa simak cara-cara di bawah ini. 

Disk Drill

Disk Drill merupakan sebuah aplikasi untuk PC atau laptop yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan foto-fotomu. Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi berbayar. Namun, kamu tetap bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan penawaran uji coba gratisnya. 

Aplikasi ini juga dinilai sangat ampuh dalam mengembalikan foto atau file lain yang hilang. Disk Drill juga mampu mengelompokkan data berdasarkan jenis file. Nah untuk mengetahui cara mengembalikan foto yang hilang di laptop kamu, ikuti cara-cara berikut. 

  • Buka aplikasi Disk Drill yang telah kamu unduh dan instal di PC atau laptopmu.
  • Selanjutnya aplikasi ini akan secara otomatis mengelompokkan file berdasarkan tipenya, misal berupa foto, video, dokumen, dan lain-lain. 
  • Kamu hanya perlu klik pada bagian foto untuk mengembalikan fotomu yang hilang. 
  • Terakhir kamu bisa pilih foto yang ingin kamu kembalikan. 
  • Klik pada foto dan klik menu recover all

Untuk versi gratis dari aplikasi ini, kamu bisa mengembalikan file yang telah hilang dengan batasan ukuran maksimal 500 MB. Jika ukuran filemu lebih besar kamu bisa mencoba versi berbayarnya. 

Recuva

Recuva merupakan software yang juga dapat kamu manfaatkan untuk recovery data-datamu yang hilang termasuk foto. Recuva ini bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. 

Dengan menggunakan versi gratisnya kamu sudah bisa mengembalikan foto-fotomu yang hilang dari laptop. Ikuti cara mudah mengembalikan fotomu di bawah ini.

  • Pertama kamu bisa unduh dan instal Recuva di laptopmu. 
  • Selanjutnya buka software tersebut dan pilih jenis file berupa foto. 
  • Kemudian kamu bisa klik next dan cari folder tempat kamu menyimpan foto-foto mu yang terhapus. 
  • Kemudian kamu bisa centang pada bagian enable deep scan dan klik next
  • Kemudian akan muncul file kamu yang hilang ataupun terhapus. Kamu tinggal pilih foto mana yang ingin kamu kembalikan dan klik Recover Highlight. 
  • Recycle Bin

Recycle Bin merupakan sebuah program di laptop atau PC yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan berbagai jenis data yang terhapus. Untuk bisa menggunakan program ini kamu tidak perlu menginstal aplikasi atau bahkan mengeluarkan uang karena program ini merupakan program bawaan yang sudah tersedia di laptop. 

Nah untuk mengetahui cara mengembalikan foto yang hilang di laptop dengan menggunakan Recycle Bin, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama kamu bisa buka program recycle bin yang ada pada laptopmu dengan cara klik start lalu ketikkan recycle bin. Kamu juga bisa membuka program ini melalui shortcut karena biasanya recycle bin secara otomatis ada pada menu shortcut. 
  • Setelah program terbuka maka akan ditampilkan file-file yang terhapus. Kamu bisa pilih foto yang ingin kamu kembalikan. 
  • Kemudian klik kanan pada foto tersebut dan klik restore
  • Terakhir kamu bisa cek di file manager apakah foto mu sudah kembali atau belum. 

Recycle bin merupakan program yang cukup ampuh dan sudah terkenal bisa mengembalikan file-file yang telah terhapus. Selain itu program ini juga bisa digunakan secara gratis dan mudah. 

Nah itu tadi tiga cara mengembalikan foto yang hilang di laptop dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti cara tersebut dijamin semua fotomu yang hilang bisa kembali lagi. 

Cara-cara tersebut juga bisa kamu coba tanpa perlu mengeluarkan uang alias secara gratis. Kamu juga bisa mengembalikan foto mu dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. 


Related Posts