Rabu, 12 Januari 2022

Cara Menambang Bitcoin dengan VPS-600

 

Bitcoin dengan vps

Bagaimana tutorial menambang Bitcoin dengan VPS-600?

SunjaID - Sejak 2013, Cryptocurrency mulai di kenal oleh masyarakat luas. Sebuah mata uang digital yang dijamin oleh cryptography dan sangat sulit untuk di palsukan. Bitcoin sendiri adalah mata uang kripto yang dicptakan tahun 2009, ialah jenis kripto yang paling populer saat ini.

Sebagai mata uang digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik yang dapat dilihat seperti uang kertas. Kegiatan untuk menghasilkan Bitcoin di sebut dengan mining atau dalam Bahasa Indonesia berarti menambang.

Menambang Bitcoin sendiri dilakukan mengunakan perangkat komputer khusus yang mana kamu diharuskan memecahkan algoritma atau masalah matematika kompleks. Menambang bitcoin memiliki konsep yang sama dengan menambang emas, hanya saja ini dilakukan secara digital. Mining bitcoin sendiri membutuhkan perangkat keras dengan spek yang tinggi. Namun tidak perlu khawatir karena kamu dapat mengunakan VPS (Virtual Private Server) agar menghemat budget.

Tutorial Menambang Bitcoin dengan VPS-600

Sebelum menambang bitcoin, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

·         Membeli VPS di Server Terpecaya

Sebelum memulai menambang kamu perlu memesan VPS yang spesifikasinya memadai agar nantinya hashrate yang dihasilkan tinggi. Server kamu aktif dan siap di gunakan setelah 5 menit mereka menerima pembayaran.

Kamu dapat mengecek VPS di website lowendbox.com. Di sana banyak menyediakan VPS dengan harga lebih terjangkau.

·         Pembuatan Bitcoin Wallet

Setelah kamu membeli VPS, segeralah membuat wallet digital yang berfungsi untuk menyimpan bitcoin tersebut seperti electrum, indodax, dan lainnya.

·         Pemilihan Mining Pool Coin Target

Mining pool adalah sebutan bagi mereka yang ingin bergabung menjadi satu kelompok dan membentuk sumber daya yang lebih besar. Ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat sudah bergabung dengan mining pool, yaitu peluang kamu bisa memecahkan blok lebih besar. Sehingga rewards atau keuntungan yang didapat juga lebih besar.

Ada banyak pilihan mining pool yang dapat kamu coba. Pilihlah mining pool dengan fee kecil dan pool hash yang besar.

Di tutorial kali akan ditunjukkan bagaimana cara menambang bitcoin melalui VPS dan akan memakai MinerGate sebagai Mining Pool. Karena penambangan koin yang terpaku dengan hashrate.

Jadi di tutorial kali ini yang kamu perlukan ialah VPS, Akun MinerGate, SSH Client (Putty), dan cpulimit untuk mengatur penggunanaan resource server.

Cara Mendaftar Akun di MinerGate

Buka situs resmi MinerGate di minergate.com, lalu buka menu sign up. Kemudian isilah formulir sign up yang tertera dan klik tombol sign up dan start mining. Setelah itu kamu akan menerima balasan berupa perintah untuk verifikasi email. Klik tautan tersebut dan ikuti sampai proses verifikasi berhasil. Nantinya ada dialog untuk menerima update dari MinerGate, kamu dapat memilih tombol subscribe.

Cara Mining Bitcoin dari MinerGate Melalui VPS

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang kamu siap untuk menambang bitcoin dengan VPS-600.

1.       Pastikan kamu sudah login pada shell (gunakan Putty)

2.       Lalu ketik sudo su dan jadilah superuser terlebih dahulu

3.       Buat direktori baru bernama MinerGate dan masuk ke direktori tersebut. Disarankan untuk membuat direktori khusus untuk memudahkan pengelolaan nantinya.

4.       Ketik wget

5.       Kemudian ketik yum install minergate.rpm atau apt-get install minergate.rpm

6.       Selanjutnya ketik yum install screen

7.       Ketik lagi yum update dan selanjutnya yum install cpulimit

8.       Lanjutkan dengan mengetik minergate-cli (nama akun kamu). Contoh minergate-cli-usergirl@gmail.com

9.       Ketik lagi: top

10.   Lihat pid dari minergrate yang telah berjalan

11.   Ketikkan: cpulimit-l 50-p 12345 (sesuaikan dengan resources server/ vps dan pid dari miergrate-cli kamu) dari kode di atas kamu akan memulai penambangan bitcoin.

Selanjutnya tunggu sampai block di temukan, itu berarti penambangan kamu sedang aktif dan kamu akan mendapatkan rewards. Jika sudah terlihat proses miner, kamu dapat menutup box putty yang masih berjalan. Dan kamu bisa memonitor proses mining tersebut pada proses miner di dashboard.

Kumpulkan hasil koin kamu sebanyak-banyaknya agar saat di konversikan kamu akan mendapat hasil yang maksimal.

Kamu sekarang bisa mencobanya sendiri setelah mempelajari tutorial menambang bitcoin dengan VPS-600. Semoga berhasil!

Related Posts