Cara Mengaktifkan M banking lewat ATM

Daftar Isi


M banking

SunjaIDZaman yang semakin modern dan praktis ini maka telah tercipta teknologi yang dinamakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di dunia perbankan, tujuannya agar manusia bisa lebih mudah menyimpan sekaligus memakai uangnya. Selain itu untuk mempermudah transaksi keuangan juga dibuat Mbanking

Perbedaan Mbanking dengan ATM

Di masa modern, kemudahan untuk menyimpan uang memang sangat dibutuhkan, terlebih uang merupakan alat tukar utama yang digunakan saat ini hingga masa yang akan datang. Oleh karena itu akan terbayang bukan jika tidak ada uang.

Maupun jika uang yang kamu miliki berlebih namun tidak ada tempat untuk menyimpannya, padahal setidaknya jika mendapatkan tempat penyimpanan selain lebih aman juga agar lebih praktis untuk menyimpan dan menggunakannya. Untuk menjawab tuntutan tersebut maka terciptalah ATM dan Mbanking.

Pada awal masa berdirinya bahkan hingga saat ini, ATM diperkenalkan dengan teknologi mesin berbentuk mesin yang berukuran besar, ditempatnya hanya bisa dijangkau kebeberapa tempat saja yang bisa memuat mesin tersebut.

Tidak puas dengan mesin ATM dengan ukuran yang besar. Maka manusia menciptakan lagi teknologi yang dinamakan Mobile Bankng (Mbanking). Teknologi lagi ini yang lebih praktis untuk bertransaksi.

Pada dasarnya, Mbanking dengan ATM merupakan sebuah teknologi yang sama diciptakan untuk kemudahan bertransaksi. Namun keduanya terdapat perbedaan yang mendasar. Jika kamu lihat dari bentuk fisiknya memang ATM menggunakan mesin khusus yang dibuat dengan ukuran besar.

Dalam ATM yang didalamnya juga berisikan uang nasabah yang telah menabung. Sedangkan jika kamu lihat Mbanking sendiri merupakan teknologi yang diciptakan sangat fleksibel menggunakan telepon genggam milik kita.

Bentuk yang berbeda menyebabkan penggunaannya berbeda juga, jika kamu menggunakan ATM layanan yang diberikan lebih lengkap karena bukan hanya untuk bertransaksi saja seperti penarikan uang tunai, transfer, membeli uang elektronik (e-money) hingga membeli listrik, bahkan hanya sekedar mengecek saldo.

ATM menawarkan beragam fitur yang menarik karena pada dasarnya Mbanking merupakan fitur turunan dari ATM yang disediakan untuk kemudahan saja sehingga wajar jika tidak lengkap, selain itu ATM juga tidak perlu menggunakan jaringan internet untuk menggunakannya hanya bergantung pada keaktifan mesin ATM saja.

Lain dari ATM, Mbanking yang merupakan turunan dari  ATM jelas saja terdapat banyak kesamaan dalam layanan yang diberikan, namun perbedaan yang paling terlihat  adalah karena penggunaannya hanya lewat telepon genggam maka wajar saja jika Mbanking hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara elektronik.

Selain itu tidak bisa untuk melakukan penarikan uang secara tunai, disamping itu kelemahannya ialah bahwa transaksi menggunakan Mbanking tidak hanya bergantung pada kesediaan perangkat mobil, namun juga kekuatan sinyal yang berubah-ubah.

Langkah yang Harus Diambil Untuk Membuka M banking di ATM

Saat membuka ATM di bank yang diinginkan. Maka selanjutnya pihak Bank akan menawari untuk membuka Mbanking. Hal ini karena merupakan sebuah fasilitas pilihan yang bisa kamu dapatkan.  

Namun jika kamu ingin membuka Mbanking sesuai dengan waktu dan kebutuhan yang diinginkan, maka kamu tidak perlu sampai repot mengantri di bank. Sebab kamu diberi kemudahan dengan membukanya melalui fitur buka Mbangking yang ada di dalam ATM. Adapun cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan Mbanking via ATM ialah sebagai berikut:

1.       Mencari mesin ATM  terdekat, tentunya dengan kondisi mesin ATM yang tidak error.

2.       Masukkan kartu ATM milikmu, lalu tekan pin ATM kamu.

3.       Pilih menu ‘Daftar e-banking/ Autodebet’ dan biasanya menu ini terletak di pojokkiri.

4.       Ketika muncul menu selanjutnya pilih atau klik ‘Mbanking’

5.       Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka akan memunculkan tulisan pemberitahuan bahwa kamu akan mulai mengaktifkan mbanking yang telahan di buat dengan pin yang bersifat rahasia dan tidak boleh diberitahukan kepada siapapun yang tidak anda kehendaki.

6.       Setelah itu kamu diharapkan menekan tombol ‘lanjutan’

7.      Masukkan nomor ponsel yang anda miliki, langkah terakhir ialah kamu perlu memasukkan pin mbanking yang telah kamu buat.

Kemudahan yang Akan Didapatkan Jika Mempunyai M banking

Jika kamu menghendaki untuk membuat m banking maka dipastikan  bahwa anda akan lebih mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja selama memiliki internet dan sinyal yang kuat, bahkan sekalinya anda sedang terburu-buru namunan dan memiliki Mbanking yang praktis digunakan tentu akan memudahkan pekerjaan dan mempersingkat waktu tanpa anda harus mengunjungi mesin ATM yang terkadang mengalami masalah atau eror.

Posting Komentar