Senin, 03 Januari 2022

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah Dan Cepat

 

Mengatasi Laptop lemot tanpa service

SunjaID - Bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Kamu mungkin pernah menanyakan hal ini.

Di masa modern sekarang, laptop bukan lagi menjadi barang yang mewah karena banyak orang memilikinya. Apalagi saat ini banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan laptop. Sehingga jika laptop lemot, akan menjadi masalah yang harus segera diselesaikan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui hal yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikannya dekat tepat.

Biasanya, laptop yang lemot disebabkan oleh beberapa faktor. Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan seringkali menyebabkan kinerja laptop menjadi berat, yang pada akhirnya menyebabkan laptop menjadi lemot.

Kapasitas hard disk penuh juga bisa menjadi faktor lainnya. Sehingga kinerja laptop menjadi melemah dan tentu saja mengakibatkan laptop menjadi lemot. Usia hard disk yang lama juga berpengaruh terhadap kinerja laptop kamu. Semakin tua usia hard disk biasanya kinerjanya akan menurun, karena hard disk sendiri memiliki masa pakai.

Penyebab lainnya, adanya program berat yang tidak kompatibel dengan laptop. Program yang tidak didukung penuh oleh processor, akan berpengaruh pada kecepatan saat dijalankan.

Dan yang paling sering terjadi adalah karena serangan virus. Banyaknya virus atau malware pada laptop jelas akan mempengaruhi kinerja laptop.

Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop lemot?

Ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Sehingga kamu tidak perlu membawanya ke tukang service. Selain mengatasi laptop kamu yang lemot, memperbaiki sumber masalahnya sendiri bisa menghemat budget juga bukan?

Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Ini merupakan tindakan pencegahan agar laptop bekerja dengan optimal. Kamu bisa mencari terlebih dahulu apakah aplikasi yang akan kamu instal sudah sesuai dengan spesifikasi laptop atau kah belum. Karena jika speknya tidak sesuai, laptop akan mengalami gangguan seperti proses yang lemot bahkan sampai tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Jangan memaksakan menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spek laptop. Selain kamu membuat laptop menjadi lemot, bukan tidak mungkin laptop kamu juga menjadi rusak.

Lakukan Uninstall untuk Aplikasi yang Tidak Digunakan

Sebagaimana dibahas pada bab di atas, banyaknya aplikasi memang membuat kinerja laptop menjadi berat. Pilih dan pilah kembali aplikasi yang ada di laptop, kemudian lakukan uninstall semua aplikasi yang sedang tidak dibutuhkan. Dijamin kinerja laptop tidak akan lemot lagi.

Minimalkan Shortcut Aplikasi di Desktop

Tidak banyak yang tahu kalau banyaknya shortcut di tampilan dekstop sedikit banyak juga mempengaruhi kinerja laptop. Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah untuk kamu lakukan.

Install dan Gunakan Antivirus

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan menggunakan software antivirus. Karena salah satu penyebab lemotnya laptop adalah adanya virus atau malware. Maka penggunakan antivirus menjadi solusi untuk masalah ini.

Banyak pilihan antivirus di internet baik yang gratis maupun berbayar yang bisa kamu pilih. Kamu bisa unduh di berbagai web dan langsung install di laptop. Lakukan juga update secara berkala antivirusnya, agar selalu bisa membaca serangan virus terbaru.

Tambah Kapasitas RAM

Bagi kamu yang memang membutuhkan banyak sekali aplikasi atau software untuk mendukung pekerjaan, maka tidak mungkin juga menghindari laptop lemot dengan cara menghapus banyak aplikasi.

Jangan khawatir, ternyata laptop kamu bisa di-upgrade kapasitas RAMnya. Kamu bisa membeli RAM di toko komputer dan memasangnya di laptop. Untuk cara yang satu ini, kamu memerlukan orang yang mengetahui cara memasang hardware. Atau kamu bisa melihat penjelasan bagaimana cara memasang RAM pada laptop melalui channel youtube.

Ganti HDD Menjadi SSD

SSD merupakan perkembangan teknologi terbaru daripada HDD terkait ruang penyimpanan. Salah satu inovasi dari perkembangan ini adalah kecepatan dalam memproses data. Jadi jika laptop kamu mulai lemot, mungkin kamu perlu mengganti HDD menjadi SSD, jika memang itu penyebabnya.

Beberapa cara mengatasi laptop lemot di atas bisa kamu pilih sesuai dengan penyebabnya. Namun, jika setelah menggunakan cara di atas namun laptop kamu masih lemot, kamu perlu membawanya ke service center. Mungkin ada masalah lain yang tidak kamu ketahui.

Related Posts