Selasa, 01 Februari 2022

7 Keuntungan Investasi di Cryptocurrency

cryptocurrency

SunjaID - Cryptocurrency tentu bukan istilah yang asing lagi bagi masyarakan global. Sebab instrumen investasi yang satu ini semakin populer seiring dengan banyaknya investor yang memperoleh kesuksesan dari investasinya. Peluang investasi di cryptocurrency yang menjanjikan inilah yang membuat jenis instrumen investasi ini menarik dan digemari bahkan oleh kalangan muda.

Kemudahan menerima informasi dan perkembangan kripto memang membuat kaum milenial merespon positif terhadap investasi kripto. Terlebih lagi, mereka adalah kalangan yang sudah pasti menguasai teknologi. Sehingga tak mengherankan lagi jika salah satu penikmat investasi kripto yang terbukti sebagai aset safe heaven ini adalah para milenial. Bagaimana denganmu?

7 Keuntungan Investasi di Cryptocurrency

Semakin meningkatnya peminat investasi kripto dari tahun ke tahun tentu bukan tanpa alasan. Sebab mustahil instrumen investasi yang merugikan investornya masih eksis dilakukan sampai saat ini.

Sebaliknya, jumlah peminatnya akan semakin meningkat seiring dengan trend dan banyaknya profit yang diperoleh investornya. Berikut adalah beberapa keuntungan investasi di cryptocurrency yang barangkali akan membuatmu tertarik mencobanya.

1.    High return

Kripto adalah jenis investasi yang menawarkan high return. High return bisa dipahami sebagai tingginya peluang keuntungan yang bisa diperoleh investor. Potensi keuntungan inilah yang menjadi alasan terbesar mengapa tidak sedikit orang memilih berinvestasi mata uang digital yang transaksinya dilakukan secara virtual ini.

Meski begitu, perlu diketahui keuntungan besar yang bisa kamu peroleh sebanding juga dengan risiko yang mengintainya.

2.    Bersifat universal

Keuntungan berinvestasi kripto berikutnya adalah sifatnya yang universal. Ini berarti bahwa siapapun dapat melakukan investasi yang dilakukan secara peer-to-peer atau dari satu orang ke orang yang lainnya ini.

Ketika untuk menjadi nasabah suatu bank saja, misalnya, kamu harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Sedangkan untuk menjadi pengguna kripto tidak perlu syarat apapun. Tidak diperlukannya syarat apapun inilah yang membuat kripto dianggap universal.

3.    Transaksi dapat dilakukan dengan cepat

Keuntungan melakukan investasi kripto berikutnya adalah transaksinya yang bisa dikatakan cepat. Simpulan ini diambil dengan membandingkan proses yang dilakukan untuk melakukan transaksi di dalam bank.

Ketika transfer antarbank internasional membutuhkan waktu sekurang kurangnya 1 – 2 hari, transaksi perdagangan kripto seperti Bitcoin hanya memerlukan beberapa menit saja.

4.    Gunakan teknologi blockchain

Sistem blockchain memungkinkan transaksi investasi di cryptocurrency menjadi lebih aman dan transparan. Keuntungan ini akan dapat meminimalkan risiko terjadinya berbagai kejahatan, seperti penyelewengan dana, suap, hingga pencurian data secara ilegal.

Digunakannya sistem ini dalam cryptocurrency mematahkan kekhawatiran sebagian pihak yang menyebut investasi ini tidak aman untuk lakukan.

5.    Terhindar dari risiko pemalsuan uang

Mengingat kripto adalah mata uang digital, bisa disimpulkan bahwa cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik. Bentuk ini tentu berbeda dengan uang koin atau kertas yang biasa kamu gunakan sebagai alat pembayaran sebagaimana mestinya.

Sementara itu, wujud digital kripto ini memungkinkannya kamu terhindar dari risiko kejahatan, pemalsuan uang salah satunya.

6.    Terjaga keamanan data pribadi penggguna

Satu lagi kelebihan penggunaan sistem blockchain dalam cryptocurrency adalah terjaganya identitas asli pengguna. Ini karena setiap pengguna terenskripsi dan memiliki kode tersendiri ketika melakukan transaksi.

Sehingga ketika transaksi sedang berlangsung, pengguna tidak dapat melihat transaksi dilakukan dengan siapa sebab hanya berupa kode-kode saja dan bukan identitas aslinya.

7.    Dapat digunakan sebagai alat pembayaran

Pada dasarnya, cryptocurrency tidak hanya difungsikan untuk investasi saja, namun juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Sudah banyak toko-toko yang menerima mata uang digital ini untuk pembayaran, seperti halnya Newegg dan Overstock.

Tak hanya itu saja, sebab kamu juga sudah bisa menggunakan Bitcoin, salah satu jenis cryptocurrency ini di berbagai restoran, hotel, aplikasi, bahkan untuk memesan tiket penerbangan.

Berdasarkan paparan di atas, bisa disimpulkan banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi di cryptocurrency. Meskipun begitu, perlu diketahui juga jika beberapa pihak memasukkan instrumen investasi yang satu ini dalam kategori high return high risk. Sehingga meski menawarkan banyak keuntungan bagi investornya, keuntungan itu juga sebanding dengan risiko yang harus kamu tanggung.

Related Posts