Senin, 07 Februari 2022

Aplikasi Trading yang bagus untuk Pemula - SunjaID

 

trading untuk pemula

SunjaID - Investasi saham memang menawarkan potensi keuntungan jangka panjang yang bagus sekali. Jika kamu sebagai pemula ingin memulai menanamkan modal kamu di dunia saham, maka wajib mengetahui beberapa aplikasi trading yang bagus untuk pemula.

Apa Itu Trading Saham

Merupakan aktivitas jual beli saham baik dalam jangka pendek maupun panjang dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Trading saham bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan kamu.

Namun, tetap perlu diingat bahwa semua platform investasi pasti memiliki potensi resiko baik kecil maupun besar, begitupun di saham. Dengan mengetahui banyak informasi terlebih dahulu tentang saham, aplikasi trading yang cocok, dan bagaimana cara melakukan trading, pasti akan mengurangi potensi resiko tersebut.

Setidaknya ada dua besaran ilmu yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan proses trading atau keputusan jual atau beli saham, yakni aspek teknikal dan fundamental.

Aspek teknikal terkait dengan data-data historis sebuah pasar saham. Data-data ini cukup penting untuk menentukan bagaimana pergerakan saham kedepannya berdasarkan fakta-fakta sejarah perkembangan sebelumnya.

Sedangkan analisis fundamental lebih kepada analisis bagaimana kondisi kinerja perusahaan saat ini, kondisi perekonomian nasional dan internasional yang memungkinkan berpengaruh terhadap nilai saham, persaingan usaha, dan juga iklim industri.

Banyak sekali yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan trading. Kamu perlu mempelajari dari buku maupun grup diskusi saham yang sudah cukup banyak di internet.

Aplikasi Trading Yang Bagus Untuk Pemula

Jual beli saham dewasa ini mengalami perkembangan dalam proses transaksinya. Sistem online sudah menjadi hal yang umum terjadi di berbagai sektor termasuk trading saham. Berikut beberapa aplikasi trading yang bisa menjadi referensi.

1.       Ajaib

Memiliki rating 4,5 di Play Store, membuat Ajaib cukup populer digunakan sebagai perantara dalam melakukan trading saham. Platform ini dikelola oleh dua perusahaan, yakni PT. Ajaib Sekuritas Asia dan PT. Takjub Teknologi Indonesia.

Dalam menunya, kamu sebagai pemula akan sangat terbantu oleh aplikasi ini, karena akan memberikan arahan secara jelas produk apa saja yang bisa kamu ambil dan bagaimana potensi profitnya.  

2.       RTI Business

Aplikasi jual beli saham yang satu ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik. Perolehan ratingnya mencapai 4,8 bintang. Cocok bagi pemula karena juga menyediakan menu IDX Virtual Online Trading, di mana menyediakan simulasi untuk belajar trading.

RTI Business juga menyediakan berbagai info seperti charts, data finansial, price quotes, update informasi tentang keputusan perusahaan, sampai berita pasar saham dan modal.

3.       MNC Trade New

Bagian dari perusahaan besar MNC Group, aplikasi ini mulai dikenal sebagai platform trading yang cocok bagi pemula. Keunggulan yang membuat aplikasi ini cocok adalah nilai setoran awal yang hanya Rp 100 ribu saja.

Fee penjualan dan pembelian saat trading juga tergolong ringan, yakni 0,28% untuk penjualan dan 0,18% ketika melakukan pembelian. Beberapa fitur menarik seperti trailing order dan break order juga menjadi keunggulan yang dimiliki MNC Trade New.

4.       Bareksa

Generasi milenial mana yang tidak kenal dengan Bareska, sebuah platform investasi saham yang sangat populer, ratingnya mencapai 4,7 bintang.

Kelebihan yang paling kental terlihat adalah sistem pembayarannya. Bareksa tidak hanya bekerjasama dengan perbankan, namun juga berbagai platform e-wallet atau dompet digital.

5.       Stockbit

PT. Sinar Mas tidak mau kalah dalam persaingan investasi saham, mereka juga memiliki platform trading saham, yakni Stockbit. Aplikasi ini cukup terkenal dengan fitur komunitasnya, di mana kamu bisa berkonsultasi atau berdiskusi dengan semua investor yang ada di Stockbit.

Simulasi yang merupakan salah satu fitur di Stockbit, menampilkan data pergerakan nilai saham secara real time. Dengan demikian, kamu bisa belajar secara langsung sesuai kondisi lapangan.

6.       Bibit

Diluncurkan oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama, aplikasi ini sukses menyedot animo masyarakat. Bersama dengan Bareksa, kedua aplikasi ini bersaing memperebutkan segmen pasar milenial.

Bibit sangat cocok dengan pemula, karena salah satu fiturnya adalah nilai investasi yang sangat minim, yakni Rp 10.000 saja.  

Demikian beberapa info terkait aplikasi trading yang bagus untuk pemula. Pastikan kamu menggunakan terlebih dahulu akun simulasi di aplikasi trading tersebut untuk mengurangi resiko kerugian saat kamu terjun langsung di trading saham.

Related Posts