Jumat, 18 Maret 2022

Beberapa Jenis Daftar Pinjaman Bank Syariah Indonesia BSI - SunjaID

 

Pinjaman Bank Syariah Indonesia BSI

SunjaID - Bank berkonsep syariah seperti BSI, juga memiliki produk pinjaman yang bisa diakses oleh masyarakat atau nasabahnya. Dalam artikel kali ini kami akan membahas terkait daftar pinjaman Bank BSI.

Bank Syariah Indonesia kini merupakan Bank Syariah terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan BSI merupakan gabungan dari tiga Bank Syariah pemerintah yang sudah cukup besar dan berpengalaman di dunia perbankan, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Dengan demikian, layanan terhadap nasabah akan kian lebih baik dari sebelumnya.

Jenis Pinjaman Bank BSI

Kamu perlu mengetahui secara mendasar terkait jenis-jenis pinjaman di BSI. Dengan tekad membantu sektor usaha mikro masyarakat, BSI mengeluarkan tiga jenis pinjaman, berikut rinciannya:

1.       KUR BSI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah produk pinjaman pertama di BSI. Dana pinjaman ini bisa digunakan oleh nasabah tidak hanya untuk modal usaha, namun bisa untuk kebutuhan investasi maupun konsumtif.

Namun, alangkah baiknya nasabah menggunakannya untuk usaha atau kegiatan produktif. KUR BSI sendiri dibedakan beberapa jenis, yakni KUR Mikro, KUR Tani, dan KUR Retail. Peruntukannya jelas berbeda-beda dari jenis KUR tersebut.

2.       KPR BSI

Ingin membeli rumah secara kredit, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dari BSI. KPR dari BSI ini tentunya berbeda dari KPR Bank konvensional, karena BSI menerapkan sistem berbasis syariah.

Dengan sistem syariah yang diterapkan oleh BSI, kamu tidak lagi perlu khawatir terjadinya perubahan mendadak besaran cicilan rumah tiap tahun bahkan bulannya.

3.       KTA BSI

Pinjaman tanpa menyertakan agunan tidak hanya ada di bank konvensional, di Bank Syariah Indonesia juga memiliki produk pinjaman KTA, dengan nama ‘Mitraguna Online BSI’.

Besaran pinjaman yang bisa diakses di produk ini bisa mencapai Rp 100 juta. Nasabah bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk memenuhi segala kebutuhan, khususnya yang mendesak.

Daftar Pinjaman Bank BSI

Dari tiga jenis utama dari pinjaman Bank BSI di atas, berikut daftar pinjaman Bank BSI beserta informasi plafon, tenor, dan lain-lain.

1.       BSI KUR Mikro

Plafon minimal Rp 5 juta dan maksimalnya Rp 200 juta, tenor angsuran mencapai 60 bulan. Suku bunganya 6% per tahun dan untuk biaya administrasinya dikenakan tarif Rp 150 ribu.

2.       BSI KUR Tani

Tidak ada minimal plafonnya dan maksimalnya Rp 50 juta. Suku bunganya 6% per tahun.

3.       BSI KUR Retail/Kecil

Tidak ada minimal plafonnya dan maksimalnya Rp 500 juta, dengan tenor angsurannya antara 48-60 bulan. Suku bunganya 6% per tahun.

4.       KPR BSI

Tidak ada minimal plafonnya dan maksimal Rp 5 miliar, dan tenor angsurannya mulai dari 60 – 360 bulan. Suku bunganya 3,3% untuk tahun pertama dan 10% untuk tahun berikutnya hingga selesai. Untuk biaya administrasinya dikenakan 1% dari nilai plafon.

5.       KTA BSI

Tidak ada minimal plafonnya dan maksimal Rp 100 juta.

Masing-masing dari daftar pinjaman Bank BSI di atas memiliki kelebihan dan kelemahan. Kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas dana yang kamu miliki sebelum memilih jenis pinjaman apa yang akan kamu ambil di Bank Syariah Indonesia.

Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan customer service dari BSI terdekat agar bisa memahami terlebih dahulu terkait daftar pinjaman Bank BSI. Atau kamu bisa melakukan panggilan ke call center BSI di 14040 atau menanyakan langsung di ‘Live Chat Aisyah’ pada laman resmi bankbsi.co.id.

Related Posts