Jumat, 11 Maret 2022

Lebaran Hari raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal? - SunjaID

 

Lebaran Hari raya Idul Fitri 2022

SunjaID - Lebaran Idul Fitri 2022 mungkin akan sama dengan idul fitri di tahun sebelumnya saat pandemi. Pandemi merubah seluruh tatanan masyarakat mulai dari ekonomi hingga kebiasaan yang terjadi di masyarakat. Salah satunya saat lebaran nanti tiba.

Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih memunculkan varian Omicron adalah hal yang menjadi alasan di lebaran idul fitri 2022 tidak akan jauh berbeda dengan lebaran tahun sebelumnya. Aturan larangan mudik kemungkinan akan diberlakukan lagi.

Jika mudik lebaran diperbolehkan, menerapkan protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Gunakan masker, sedia handsanitizer, dan melakukan jaga jarak. Karena diperbolehkannya lebaran tidak sama dengan pandemi usai.

Mudik Lebaran Idul Fitri 2022

Dalam menghadapi varian omicron kali ini, pemerintah tampaknya lebih longgar dalam kebijakan pembatasan sosialnya. Sangat berbeda dengan varian delta atau varian awal covid-19 sebelumnya yang sangat ketat dalam menerapkan levelisasi pembatasan kegiatan masyarakat.

Penyekatan-penyekatan saat momenum tanggal merah juga tidak tampak lagi. Kita bisa melihat bagaimana liburan panjang baru-baru ini (momentum Isra’ Mi’raj dan Hari Raya Nyepi), antrian kendaraan yang sangat padat terjadi di tol dan jalan menuju lokasi wisata di puncak.

Bisa jadi nanti ketika lebaran idul fitri 2022, tidak menutup kemungkinan kebijakan tahun sebelumnya yang menghimbau masyarakat untuk tidak mudik, tidak lagi diterapkan. Mudik yang sudah menjadi tradisi turun temurun bisa hidup lagi.

Akan tetapi, jika muncul varian yang lebih ganas daripada omicron, memang sepatutnya kita saling menjaga keselamatan jiwa dengan tidak melakukan perjalanan mudik. Jika kita melihat esensi dari mudik, yakni silaturahmi sanak famili, maka kita bisa merubah cara silaturahmi dari bertemu langsung  menjadi online.

Silaturahmi melalui media video call memang akan mengurangi nuansa mudik pada umumnya, namun tujuan mudik masih tetap bisa tercapai.

Kapan Lebaran Idul Fitri 2022

Jika mengacu pada kalender umum yang sudah beredar pada tahun 2022, maka kita bisa melihat bahwa hari raya idul fitri akan jatuh pada tanggal 2-3 mei 2022. Jika demikian, maka ramadhan atau awal puasa akan jatuh pada anggal 2 april 2022 sebagaimana menurut perhitungan atau metode hisab.

Namun, umat Islam masih harus menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Dalam hal ini akan diwakili oleh Menteri Agama. Hal ini dikarenakan, metode yang digunakan dan disepakati oleh mayoritas umat Islam di Indonesia, selain berdasarkan metode hisab, juga menggunakan rukyatul hilal.

Metode rukyatul hilal adalah suatu cara dalam menentukan awal dari bulan dalam kalender hijriyah, dengan memperhatikan secara visual baik dengan mata telanjang maupun menggunakan teleskop, bagaimana posisi hilal (posisi bulan sabit baru)

Hilal adalah fase bulan sabit pasca bulan baru, dan hanya terlihat setelah matahari terbenam. Karena cahaya hilal lebih redup daripada cahaya matahari dan juga ukurannya sangat tipis.

Hilal adalah salah satu dari lima fase bulan, berikut penjelasannya.

1.       Fase pertama, Adalah fase bulan baru, bulan tidak akan terlihat sepanjang malam

2.       Fase kedua, adalah fase bulan sabit, ini merupakan awal pergantian bulan, fase ini dinamakan juga hilal

3.       Fase ketiga, bulan separuh kuartil pertama, menghadap ke barat setelah maghrib

4.       Fase keempat, fase bulan besar

5.       Fase kelima, disebut bulan tua, fase bulan sabit yang menandakan akhir bulan

Penggunaan metode rukyatul hilal pada lebaran Idul Fitri 2022 sebenarnya juga menjadikan metode hisab sebagai acuan awal, sehingga kedua metode ini tidak perlu diperdebatkan, karena kedua metode tersebut nyatanya saling melengkapi.

 

Related Posts