Selasa, 05 April 2022

7 Daftar Universitas Swasta Terbaik di Bandung yang Bisa jadi Referensi buat Kamu - SunjaID

 

Universitas Swasta Terbaik diBandung

SunjaID - Bandung termasuk salah satu kota besar di Indonesia dengan banyak lembaga pendidikan di dalamnya. Sehingga sangat wajar banyak universitas baik negeri maupun swasta yang berdiri di kota Bandung. Jika kamu ingin mendapatkan informasi tentang universitas swasta terbaik di Bandung, kamu tidak salah telah mengunjungi artikel ini.

Universitas Swasta Terbaik di Bandung

Menempuh pendidikan jenjang S1 atau di atasnya, tidak harus di kampus negeri. Kampus swasta saat ini sudah banyak dan memiliki kualitas setara bahkan beberapa melebihi di beberapa aspek dengan kampus negeri.

Bagi kamu yang ingin kuliah di universitas swasta di kota Bandung, berikut beberapa informasi yang pasti bermanfaat buat kamu, daftar universitas swasta terbaik di Bandung.

1.       Universitas Telkom

Sebelumnya kampus ini bernama STT Telkom, dan pada 14 Agustus 2013 berubah nama dengan menggabungkan 4 Perguruan Tinggi Swasta miliknya, seperti Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Universitas Telkom atau juga dikenal dengan Tel-U, memiliki total 42 prodi, mulai jenjang D3, S1 dan S2. Dan akreditasi dari hampir semua program studi adalah A. Hal inilah yang menjadikan Tel-U menempati posisi 14 dalam daftar seratus PT non vokasi di Indonesia versi Kemenristekdikti.

Universitas Telkom Bandung

Untuk biaya masuknya sekitar Rp 17 juta, sebuah harga yang sangat sebanding dengan kualitas dan capaian dari Universitas Telkom.

Ada 7 Fakultas yang dimiliki Universitas Telkom, yakni Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Informatika, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

2.       Universitas Widyatama

Resmi berdiri pada 2 Agustus 2001, Universitas Widyatama merupakan gabungan dari 4 Institut Pendidikan. Walaupun cukup baru didirikan, namun saat ini Universitas Widyatama sudah memiliki 5 fakultas, berikut beberapa fakultas dan prodinya:

Universitas Widyatama

·         Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Terdiri dari prodi Manajemen, Akuntansi, dan Perdagangan Internasional.

·         Fakultas Bahasa

Terdiri dari prodi Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

·         Fakultas Teknik

Terdiri dari prodi Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Sisem Informasi, Teknik Mesin, Teknik Sipil, serta Perpustakaan dan Sains Informasi.

·         Fakultas Desain Komunikasi Visual

Terdiri dari prodi Desain Grafis, Produksi Film dan Televisi, dan Multimedia.

3.       Universitas Katolik Parahyangan

Berdiri sejak tahun 1955, UNPAR telah mampu menempati posisi ke-26 secara nasional dari 100 PT non vokasi tebaik versi Kemenristekdikti. Untuk biaya masuk Universitas ini agak lebih rendah daripada Universitas Telkom, yakni kisaran Rp 12,2 juta.

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan memiliki 8 fakultas unggulan dengan kelengkapan fasilitas penunjang yang sangat memadai. Mulai dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan selainnya.

UNPAR syarat akan sejarah, ia menjadi kampus swasta katolik pertama yang ada di Indonesia dan juga perguruan tinggi swasta pertama yang ada di Jawa Barat. Oleh karenanya, alumni Universitas Katolik Parahyangan memiliki reputasi yang cukup baik.

4.       Universitas Komputer Indonesia

Walaupun bernama spesifik Universitas Komputer, namun kampus ini memiliki fakultas dan prodi lainnya yang tidak terkait dengan ilmu komputer. UNIKOM yang merupakan kependekan dari kampus ini, sudah berdiri sejak 8 Agustus 2000.

Universitas Komputer Indonesia

Usia yang relatif masih cukup muda, namun sudah memiiki 6 fakultas dengan total 23 program studi. Berikut fakultas berserta program studinya:

·         Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Terdiri dari prodi Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Kmputer, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Perencanaan wilayah dan Kota, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, dan Komputerisasi Akuntansi.

·         Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Terdiri dari prodi Manajemen, Manajemen Pemasaran, Keuangan dan Perbankan, dan Akuntansi

·         Fakultas Sastra

Terdiri dari prodi Sastra Inggris dan Sastra Jepang.

·         Fakultas Desain

Terdiri dari prodi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior.

·         Fakltas Hukum

Terdiri dari prodi Hukum

·         Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Terdiri dari prodi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Untuk bisa masuk ke kampus ini, kamu perlu menyediakan dana masuk sebesar Rp 11,5 juta. Dan kampus ini tidak hanya membuka prodi S1, namun juga ada Pascasarjana, meliputi Magister Sistem Informasi, Magister Desain, dan Magister Manajemen.

5.       Universitas Pasundan Bandung

Universitas swasta terbaik di Bandung berikutnya adalah Universitas Pasundan atau biasa disingkat UNPAS. Beberapa fakultas yang ada di kampus ini di antaranya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra.

Universitas Pasundan Bandung

Universitas ini didirikan cukup lama, yakni sejak 14 november 1960. Dan saat ini sudah mendapatkan akreditasi A dan berlaku hingga 28 desember 2023. Universitas Pasundan Bandung juga menempati peringkat ke-8 perguruan tinggi swasta di Indonesia berdasar 4Icu.

Untuk biaya masuk universitas yang satu ini terbilang sangat terjangkau, yakni kisaran Rp 10,6 juta saja. Lokasi kampus ini tersebar dalam 5 titik. Kampus 1 ada di Jalan Lengkong Besar No. 68, kampus 2 ada di Jalan Tamansari No. 6-8, kampus 3 ada di Jalan Wartawan IV No. 22, kampus 4 di Jalan Dr. Setiabudi No. 193, dan kampus 5 ada di Jalan Sumatera No. 41.

6.       Universitas Islam Bandung

Resmi sebagai Universitas Islam Bandung pada tahun 1969, kampus ini telah memiliki akreditasi A. Ada beberapa fakultas yang ada di kampus ini, di antaranya Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Hukum, Psikologi, Teknik, MIPA, Ekonomi dan bisnis, Ilmu Komunikasi, dan kedokteran.

Universitas Islam Bandung

Visi Universitas yang satu ini adalah “Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2025”. Dengan visi besar tersebut, wajar dalam waktu singkat, saat ini telah menduduki peringkat ke-44 secara nasional peringkat PT versi Kemenristekdikti.

7.       Universitas Islam Nusantara

Awal berdiri pada tanggal 30 November 1959 dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama. Kini berganti nama menjadi Universitas Islam Nusantara (UNINUS) pada tanggal 15 April 1969. Perubahan ini sesuai dengan semangat dari NU sendiri sebagai representasi dari Islam Nusantara.

Universitas Islam Nusantara

UNINUS saat ini memiliki 7 fakultas, yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan.

Demikian daftar universitas swasta terbaik di Bandung yang bisa menjadi referensi buat kamu yang mungkin saat ini sedang galau dalam menentukan tempat kuliah. Tentunya kamu harus menyesuaikan juga dengan minat, bakat, dan juga kondisi keuangan, sebagai pertimbangan dalam menentukan kampus dan juga jurusannya.

Daftar universitas swasta di atas juga merupakan penilaian berdasarkan popularitasnya dalam perbincangan di internet. Bisa jadi ada banyak universitas swasta terbaik di Bandung yang memiliki kualitas setara atau bahkan lebih unggul dari aspek tertentu.

Related Posts