Rabu, 13 April 2022

Lagi nyari rumah subsidi ? inilah Daftar Perumahan Subsidi di Bandung - SunjaID

 

Perumahan subsidi bandung

SunjaID - Untuk mendapatkan rumah sebagai tempat istirahat atau tinggal, memang tidak harus dengan membelinya. Tapi jika kamu ingin membeli rumah, maka rumah subsidi bisa menjadi solusinya. Dan di Bandung, cukup banyak daftar perumahan subsidi Bandung yang bisa kamu pilih.

Kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah, merupakan kebutuhan primer. Tanpa rumah, kamu tidak memiliki tempat untuk beristirahat dan menetap. Memiliki rumah walaupun dengan sistem kredit, adalah impian banyak orang, dan rumah subsidi merupakan salah satu pilihan yang diambil.

Pentingnya Memiliki Rumah Subsidi  di Bandung

Jika kamu berencana ingin membeli rumah subsidi di Bandung, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa info tentang pentingnya membeli rumah subsidi di Bandung. Informasi ini akan sangat berguna dalam pertimbangan kamu membeli rumah subsidi.

1.       Mendapatkan Rumah di Daerah Perkotaan

Bandung merupakan salah satu kota besar yang memiliki perkembangan cepat di Indonesia. Dengan memiliki tempat tinggal di lokasi ini, merupakan sebuah keuntungan yang besar. Berbagai fasilitas dan kebutuhan akan mudah diakses dan didapatkan di kota Bandung.

Walaupun sebenarnya, perumahan subsidi cenderung berlokasi di pinggiran atau perbatasan kota Bandung, namun tetap saja itu masih memiliki keuntungan akses yang lebih baik jika dibandingkan dengan daerah non perkotaan besar.

Mendapatkan rumah di daerah perkotaan besar atau pinggirannya juga memiliki keuntungan dalam jangka panjang. Rumah selain sebagai tempat tinggal juga bisa menjadi sebuah asset investasi. Perkembangan dari nilai jual sebuah property seperti rumah jauh melampaui perkembangan upah atau beberapa komoditas lainnya.

2.       Mendapatkan Rumah dengan Harga Murah

Kuntungan yang berikutnya dari mengambil rumah subsidi adalah bisa membeli rumah dengan harga murah. Hal ini karena subsidi biaya yang diberikan oleh pemerintah, mampu menekan harga jual dari rumah subsidi.

Kita semua tahu bahwa harga rumah tiap tahunnya mengalami peningkatan yang jauh lebih besar dari peningkatan gaji pegawai kantoran tiap tahunnya. Sehingga jika ada momentum penjualan rumah bersubsidi, maka ini adalah peluang emas mendapatkan rumah dengan harga murah.

3.       TIdak Merepotkan Anak di Masa Depan

Orangtua mana yang tidak memimpikan di kehidupan masa tuanya tidak merepotkan anak-anaknya. Memang tidak salah jika seorang anak berbakti kepada orangtuanya dengan menanggung semua biaya hidup saat orangtuanya sudah usia senja.

Bahkan hal seperti ini sepertinya sudah menjadi budaya di masyarakat bahwa seorang anak harus menanggung biaya hidup kedua orangtuanya ketika usia senja. Namun di masa sekarang, di mana untuk memenuhi kebutuhan hidup cukup sulit, bukan tidak mungkin kondisi ekonomi anak tidak lebih baik dari orangtuanya.

Oleh karenanya, persiapan ekonomi untuk masa tua menjadi hal yang perlu dipikirkan baik-baik. Dengan mengajukan kredit rumah subsidi jauh-jauh hari, maka di masa tenor sudah selesai, rumah itu bisa menjadi aset produktif untuk mencukupi kebutuhan hari tua.

Namun selain informasi nilai penting memiliki rumah subsidi, perlu mempertimbangkan juga aspek kondisi ekonomi kamu. Jangan karena tergiur keuntungan yang didapatkan, kamu sampai rela berhutang dalam jumlah besar untuk membeli rumah subsidi.

Beberapa orang juga lebih memilih membeli rumah secara cash daripada memaksakan untuk mengambil rumah secara KPR karena beberapa pertimbangan tersendiri yang menurut mereka masih lebih menguntungkan. Walaupun demikian, masing-masing memang memiliki pertimbangannya, sehingga jangan samakan kondisi kamu dengan orang lain.

Daftar Perumahan Subsidi Bandung

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya memiliki rumah subsidi di Bandung, pertanyaan berikutnya adalah di mana saja rumah subsidi di Bandung? Berikut informasi daftar perumahan dengan produk rumah subsidi di dalamnya.

1.       Kota Baru Arjasari

Perumahan subsidi Bandung yang pertama adalah Kota Baru Arjasari. Lokasinya sangat asri, sejuk, dan berada di lokasi yang strategis. Terletak di kecamatan Arjasari, kompleks perumahan subsidi yang satu ini memang memiliki pemandangan alam yang mengesankan.

Karena berada di daerah pegunungan, maka tentu saja kualitas udara di perumahan ini sangatlah baik. Namun, kamu tidak perlu khawatir soal akses ke pusat kota, karena perumahan ini dikelilingi tiga gerbang tol. Yang pertama adalah gerbang Tol Buah Batu, Tol Moch. Toha, dan Tol Soroja.

Untuk fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan Kota Baru Arjasari sudah sangat lengkap. Mulai dari puskesmas, rumah ibadah, pasar tradisional, area bermain anak, dan juga sekolahan. Bahkan lokasi perumahan ini hanya berjarak kurang lebih 3 menit saja dari Fakultas Pertanian Kampus Padjajaran.

2.       Grand Cendana Residence

Perumahan subsidi berikutnya juga berlokasi di kecamatan Arjasari, lebih tepatnya di desa Banjaran. WG Grub adalah pengembang untuk perumahan yang satu ini, dan pengembang ini sudah cukup dikenal memiliki kualitas yang bagus dalam setiap proyek propertinya.

Konsep yang diusung pada pembangunan perumahan Grand Cendana Residence adalah kawasan hunian yang nyaman, tenang, dan hijau, seperti taglinenya Reflection of Modern Green Living Concept.

Untuk kemudahan akses ke perumahan ini sangatlah baik, lokasinya dekat dengan gerbang Tol Soroja, yakni sekitar 12,3 km saja. Untuk fasum di dalam perumahan ini cukup lengkap, meliputi keamanan 24 jam, tempat ibadah, taman bermain, dan juga jogging track.

Untuk fasilitas umum yang ada di luar perumahan juga banyak, misal untuk fasilitas kesehatan ada klinik Banjaran, Puskesmas Lebakwangi, dan RS. Nambo. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan, ada SMPN 1 Arjasari, SMA Pelita Bunga Bangsa, SMA Al Huda Arjasari, Uiversitas Bale Bandung, dan Universitas Widyatama yang sangat terkenal. Juga ada terminal dan kantor polisi sektor Banjaran.

3.       Taman Cikawao Persada Majalaya

Perumahan subsidi yang satu ini secara lokasi juga berada dekat dengan pegunungan dan juga wisata pemandian air panas Darajat. Tepatnya di Jalan Rancajigang, Desa Simpang, Kabupaten Bandung.

Pengembang yang membangun perumahan ini adalah PT. Tri Yasa Persada, salah satu developer yang cukup terpercaya, dan sangat membantu dalam kepengurusan KPR para calon pembeli rumahnya.

Fasilitas umum seperti puskesmas, sekolah dan bahkan pondok pesantren juga sangat dekat dengan perumahan Taman Cikawao Persada Majalaya. Fasilitas pendidikan mulai tingkat TK hingga Perguruan Tinggi juga ada, dan ada juga STAI Bakti Persada.

4.       Katapang Bandung

Jika kamu ingin hunian yang dekat dengan kompleks pondok pesantren terkenal, maka Ketapang Bandung bisa menjadi pilihan. Perumahan subsidi ini dekat dengan lokasi pembangunan pondok pesantren Daarut tauhid.

Ada dua jalan Tol yang dekat dengan perumahan ini, yakni Soroja yang hanya berjarak sekitar 15 menit, dan jalan Tol Kopo yang jaraknya hanya kisaran 20 menitan saja. Di samping itu, rencana pembangunan jalan bypass Ketapang juga sangat dekat dengan kompleks perumahan Ketapang.

Untuk fasilitas umum yang ada di area perumahan Ketapang Bandung meliputi RS Al Ihsan, RS Santoso, bahkan kawasan terkenal sentra sepatu Cibaduyut juga sangat dekat.

Perumahan Ketapang Bandung berlokasi di Jalan Cicangkudu, Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, sebuah lokasi yang sangat strategis karena berada di jalan utama.

5.       Bukit Cinanjung Permai

Daftar perumahan subsidi Bandung berikutnya berlokasi di daerah yang berbatasan dengan Bandung, yakni berada di Jalan Desa Cinanjung No. 16, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Bukit Cinanjung Permai bisa menjadi hunian idaman karena lokasinya yang asri namun sangat dekat aksesnya ke kota Bandung. Banyak pekerja yang bekerja di Bandung namun lebih memilih memiliki hunian di pinggiran atau perbatasan Bandung karena kualitas udara yang lebih baik.

Pengembang dari perumahan yang satu ini dipegang oleh PT Istana Karya Propertindo. Dibangun di kawasan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum, meliputi layanan kesehatan, sekolah, pasar, kantor polisi, dan juga kampus IPDN dan UNPAD.

6.       Bumi Padma Ciparay

Banyak perumahan di Bandung dan sekitarnya yang memiliki lingkungan yang sangat sejuk dan nyaman untuk hunian, salah satunya adalah Bumi Padma Ciparay. Berlokasi di Jalan Raya Majalaya, Pacet, Kabupaten Bandung.

PT Adston Citra Lestari selaku pengembang dari perumahan ini sangat memperhatikan lokasi pembangunan yang sengaja dekat dengan berbagai fasilitas umum sebagaimana perumahan lainnya di tengah kota.

Kamu tidak perlu khawatir dalam pemenuhan kebutuhan semisal layanan kesehatan, pendidikan, dan juga pasar. Karena Bumi Padma Ciparay berada dekat dengan berbagai fasum tersebut.

7.       Bumi Kresna Asri

Berikutnya adalah perumaan subsidi yang lokasinya cukup strategis, yakni di Jalan Terusan Cibaduyut, Rancamanyar, Kabupaten Bandung. Aksesnya sangat mudah karena merupakan jalur angkutan kota.

Untuk tipe rumah subsidi yang dibangun adalah type 36 dengan luas tanah 60 m2. Secara harga standart sebagaimana rumah subsidi lainnya, kisaran Rp 125 jutaan.

8.       Ambar Tanjungsari Residence

Satu lagi perumahan subsidi yang ada di daerah Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, yang merupakan bagian dari kawasan Bandung Raya. Perumahan subsidi Ambar Tanjungsari Residence kebanyakan sudah ready stock, jadi kamu bisa melakukan survey fisik sebelum memutuskan untuk mengambil KPR rumah subsidi.

Untuk aksesnya, sangat dekat dengan Tol Cisumdawu, dekat dengan kampus Jatinangor, dan juga kawasan industri Rancaekek. Untuk spesifikasi unit yang dijual ada tipe 22/60 dan 29/60.

9.       Baros City View

Untuk perumahan subsidi di Baros City View saat ini sudah memasuki tahap 2. Ini menunjukkan minat masyarakat untuk membeli rumah di perumahan ini sangatlah baik. Terletak di Desa Baros, Arjasari yang merupakan kawasan yang asri adalah salah satu daya tariknya.

Di kompleks perumahan Baros City ada berbagai fasilitas umum, seperti taman bermain, masjid bahkan ada sekolah Madrasah di dalamnya.

10.   Taman Firdaus Citatah Indah

Daftar perumahan subsidi Bandung yang terakhir ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Jalan Cibogo Sawo, Citatah, Kecamatan Cipatat. Lokasinya dekat dengan Padalarang, sehingga untuk kemudahan akses tidak diragukan lagi.

Taman Firdaus Citatah Indah juga dilewati transportasi umum dan juga dekat dengan terminal Leuwi Panjang. Untuk tipe rumah yang tersedia ada 30/72 dan tipe 30/60 yang secara harga tentu lebih murah.

Itulah beberapa daftar perumahan subsidi Bandung yang bisa menjadi referensi buat kamu jika ingin mengambil rumah subsidi. Pastikan kejelasan syarat yang diperlukan agar proses ACC dari bank bisa berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.  



Related Posts