Sabtu, 07 Mei 2022

Daftar Sekolah Masinis di Bandung - SunjaID

Sekolah Masinis di Bandung

SunjaID - Dengan berkembangnya jalur-jalur kereta api yang baru atau sedang dibangun, membuat kebutuhan akan SDM perkeretaapian seperti masinis, dan kru yang lainnya, semakin meninggi. PT. KAI sangat menyadari pentingnya SDM berkulaitas, sehingga membangun sekolah masinis di Bandung dan kota lain untuk mendidik SDM perkeretaapian yang berkualitas.

Sekolah Masinis di Bandung

Selain di Bandung, sebenarnya PT. KAI memiliki beberapa balai pelatihan yang ada di berbagai kota, di antaranya:

·         Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi yang berada di Bekasi.

·         Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo yang berada di Yogyakarta.

·         Balai Pelatihan Teknik Sinyal Telekomunikasi (BPTS) yang berada di Bandung

Jadi paling tidak ada dua balai pelatihan untuk mendidik SDM unggul perkeretaapian yang ada di Bandung. Yakni Balai Pelatihan Teknik Sinyal Telekomunikasi (BPTS) dan Balai Pelatihan Operasi dan Pemasaran  Agus Suroto.

Masing-masing dari kedua balai pelatihan di atas memiliki konsentrasi pendidikan yang berbeda, hal ini karena untuk menjalankan operasional dari kereta api sendiri, membutuhkan banyak sekali bidang. Sehingga dalam pendidikannya perlu ada kefokusan.

Balai Pelatihan Teknik SInyal Telekomunikasi (BPTST)

Tabrakan antar kereta api pernah terjadi di Indonesia dan salah satu penyebabnya adalah terkait gangguan sistem sinyal. Oleh karenanya pihak PT KAI mendirikan balai pelatihan khusus untuk membentuk SDM yang memiliki wawasan kuat tentang persinyalan kereta api. Sehingga kejadian memilukan tersebut tidak terjadi lagi di masa depan.

Lokasi BPTST ada di Jalan Ir. H. Juanda, di dalam balai pelatihan ini fokus pendidikan diarahkan pada bagaimana sistem persinyalan yang saat ini digunakan oleh PT KAI untuk semua jalur perekerataapian di Indonesia.

Ada tiga tingkatan jenjang karir para teknisi sinyal kereta api. Yang pertama teknisi pemula (site engineer), kedua asisten manajer proyek (deputy project manager), dan yang ketiga manajer proyek (project manager).

Saat ini jumlah teknisi sinyal di Indonesia mencapai 2.000 orang, namun jumlah ini masih relatif kurang. Karena kita bisa melihat bagaimana perkembangan perjalanan masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api.

Oleh karenanya PT KAI bekerja keras melalui Balai Pelatihan Teknik Sinyal Telekomunikasi (BPTST) untuk terus melakukan rekrutmen siswa dan melakukan pendidikan dengan ketat agar memperoleh SDM yang unggul yang tentunya akan meningkatkan keselamatan penumpang kereta api.

Balai Pelatihan Operasi dan Pemasaran Agus Suroto

BP OPSAR Agus Suroto memiliki kebijakan mutu, yakni untuk membentuk SDM yang kompeten atau berkualitas di bidang operasi dan pemasaran di dalam menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan usaha penunjangnya dengan berpegang teguh terhadap 5 nilai utama, yakni:

·         Integritas

·         Professional

·         Keselamatan

·         Inovasi

·         Pelayanan prima dengan peningkatan berkesinambungan

Untuk sekolah masinis di Bandung yang satu ini, berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 215, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, memiliki focus yang berbeda dengan BPTS. Beberapa diklat yang focus pada BP OPSAR Agus Suroto adalah sebagai berikut.

·         Program diklat pengatur perjalanan kereta api

·         Program diklat pendukung operasi prasarana

·         Program diklat perencana operasi prasarana

·         Program diklat supervisory housekeeping

·         Program diklat basic housekeeping

·         Program diklat pengusahaan aset

·         Program diklat customer care

·         Program diklat angkutan kereta api

·         Program diklat kecakapan PPKA

·         Program diklat IT untuk operasional

Demikian beberapa data informasi terkait sekolah masinis di Bandung, yang ternyata memang dari beberapa sekolah pencetak tenaga professional di bidang perkeretaapian, ada pembagian fokus pembentukan skill tiap divisi. Sehingga terbentuk beberapa balai besar pelatihan.

Related Posts