Senin, 30 Mei 2022

Pantai Camara Pandeglang (lokasi, akses jalan, harga tiket masuk, harga homestay, rute dari jakarta) - SunjaID

Pantai Camara Pandeglang

SunjaID - Provinsi Banten di kenal memiliki banyak sekali wisata pantai yang menawarkan panorama memukau. Salah satu yang cukup terkenal saat ini adalah pantai Camara yang berlokasi di Pandeglang, Provinsi Banten.

Bagi warga daerah Jabodetabek, wisata di pantai Camara Pandeglang adalah salah satu alternative pelepas penat terbaik, karena lokasinya juga tidak telampau jauh dan juga sangat pas jika kamu ingin berwisata tanpa terlalu macet sebagaimana wisata di daerah puncak.

Lokasi dan Akses Jalan Pantai Camara

Provinsi yang berada di ujung barat dari pulau Jawa ini memberi keuntungan secara geografis terkait destinasi wisata pantai. Banten diapit dari utara, barat dan selatan oleh laut, sehingga memiliki cukup banyak potensi wisata pantai.

Pantai Camara sendiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sangat di kenal baik oleh warga Banten sendiri maupun dari daerah di luar Banten, khususnya Jabodetabek. Lokasinya berada di Desa Banyuasih, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten.

Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi keunggulan tersendiri. Aspek keindahan alamnya masih sangat terjaga, sehingga menyuguhkan pemandangan pantai yang mengagumkan. Kamu bisa bayangkan suasana tepi pantai yang dipenuhi rerumputan yang hijau, kemudian pasir putih yang terbentang cukup panjang di tepi pantai, serta air laut yang sangat jernih.

Namun, karena lokasinya yang tersembuyi, membuat akses ke lokasi masihlah terbatas. Belum ada rute angkutan kota yang langsung bisa menuju pantai Camara Pandeglang. Posisi pantai Camara cukup jauh masuk ke dalam dari jalan utama.

Namun akses jalan hingga puntu masuk menuju pantai cukup baik dengan jalan beraspal. Tetapi ketika sudah memasuki pintu gerbang menuju lokasi, kondisi jalan menyempit dan belum beraspal.

Pantai Camara sendiri, lokasinya dekat dengan beberapa obyek wisata seperti pantai Tanjung Lesung dan konservasi alam Ujung Kulon. 

Rute dari Jakarta ke Pantai Camara

Bagi masyarakat Jabodetabek, mungkin pantai Camara belum cukup terkenal jika dibandingkan dengan pantai Anyer yang sudah menjadi khas wilayah Banten. Sehingga untuk rutenya bisa jadi belum banyak yang tahu.

Jika kamu berasal dari Jakarta dan ingin menikmati liburan ke pantai Camara Pandeglang, makan jarak yang akan kamu tempuh kurang lebih180 km. Dengan jarak sejauh itu dan kecepatan standart kendaraan, maka waktu yang akan kamu butuhkan kurang lebih 4 jam.

Untuk rute menuju pantai Camara dari Jakarta, kamu bisa melalui Serang – Pandeglang – Labuan – Panimbang – Tanjung Lesung. Atau bisa rute lain seperti melalui Serang – Anyer – Carita – Panimbang – Tanjung Lesung.

Rute Anyer memang akan memakan waktu yang lebih lama, namun pemandangan garis pantai yang memukau akan menjadi harga yang pantas untuk perjalanan yang panjang.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Camara

Selain kamu dan keluarga bisa bermain air sepuasanya, pantai Camara juga menyediakan fasilitas berkemah di alam terbuka. Berkemah seperti ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan perjalanan wisata kamu sekeluarga.

Fasilitas alam tentu saja yang paling memukau, mulai dari bentang pantai yang cukup panjang dengan view yang bagus ke laut maupun ke daratannya yang dipenuhi dengan rerumputan hijau. Juga pasir putih yang sangat bagus untuk spot foto di pantai.

Pantai Camara Pandeglang

Untuk pasir putihnya memang tidaklah luas jika dibandingkan dengan misalnya pantai pasir putih di Situbondo, Jawa Timur. Namun kombinasi antara pasir putih, rerumputan yang tidak rata ketinggiannya, dan juga batu-batu karang, sangatlah memanjakan mata.

Ada spot menarik di sisi area rerumputan, yakni teluk yang ketika surut akan memunculkan tempat yang bagus untuk berfoto ria. Di bagian teluk itu ada hambaran formasi batu karang yang menarik dan bisa menyebrang ke sisi lain yang penuh dengan pasir pantai.

Karena lokasinya yang masih jarang penghuninya, maka tentu kualitas udara di pantai Camara dan sekitarnya sangatlah bersih. Ditambah masih hijaunya kawasan ini, akan membuat liburan kamu sekeluarga akan sangat nyaman.

Udara panas khas daerah pantai tidak akan sama dengan pantai Camara. Di pantai ini lebih sejuk dan bersih karena kondisi yang masih jarang penduduk dan rimbunnya pepohonan di sekiar pantai Camara.

Untuk para penjual kuliner memang belum begitu banyak, karena pantai ini belum cukup banyak pengunjung. Namun pandemi yang sudah mulai menghilang, sehingga kelonggaran masyarakat dalam berwisata akan membuat pantai ini semakin banyak dikenal dan dikunjungi.

Untuk antisipasi, kamu sekeluarga yang ingin berkunjung ke pantai Camara, bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Kamu bisa menganggap ini adalah wisata camping di pantai, sekalian kamu bisa menyewa tenda untuk menginap di alam terbuka.

Untuk tiket masuknya, bisa dibilang cukup terjangkau. Kamu hanya butuh mengalokasikan anggaran Rp 10 hingga Rp 25 ribu saja. Tiket yang murah seperti ini dikarenakan pengelolahan obyek wisata ini masih bersifat swadaya masyarakat.

Pernah ada pengunjung yang menceritakan pengalamannya mengunjungi pantai Camara. Dalam satu mobil ada 4 orang, saat masuk ke gerbang pantai hanya dikenakan tariff Rp 50.000 saja semuanya. Jadi bisa dibilang sangatlah terjangkau untuk tiket masuknya.

Dengan harga demikian dan fasilitas istimewa pantai Camara, kamu tidak akan rugi jika menikmati liburan panjang di pantai Camara Pandeglang.  

Harga Homestay di Sekitar Pantai Camara

Menikmati deburan ombak dan juga pemandangan laut yang memukau pastinya tidak cukup dalam satu hari. Liburan beberapa hari di pantai pasti akan sangat menyenangkan, tetapi apakah ada tempat menginap di sekitar area pantai Camara?

Pantai Camara Pandeglang

Ternyata ada beberapa homestay di sekitar pantai Camara, baik yang dikelola oleh penduduk lokal maupun pengusaha dari daerah lain. Peran penduduk lokal dalam menjaga kelestarian pantai Camara ini sangatlah penting, karena pemerintahan setempat sebelumnya memang belum banyak memberikan perhatian dalam pengembangan wisata pantai Camara.

Memang untuk jumlah penginapan masih kalah jumlah jika dibandingkan dengan jalan akses ke pantai Anyer. Untuk rute Panimbang – Tanjung Lesung, kamu bisa menjumpai beberapa penginapan mulai tingkat biaya hingga yang cukup besar.

Satu homestay yang paling besar dan memiliki sarana dan fasilitas yang lengkap adalah Tanjung Lesung Beach Club. Dan soal harga penginapannya, mulai dari Rp 50 ribuan saja untuk yang kelasnya biasa.

Jika kamu tidak ingin menginap di homestay yang memang lokasinya agak jauh dari pantai jika harus bejalan kaki, maka mendirikan tenda di area pantai bisa menjadi solusi. Kamu bisa mengadopsi konsep piknik dengan berkemah di pantai. Bagi kamu yang suka jalan kaki, menyusuri tepi pantai yang cukup panjang sambil menikmati momen terbenamnya matahari bisa menjadi pengalaman menarik.

Dengan mengetahui bagaimana potensi keindahan dan berbagai informasi tentang pantai Camara, kamu bisa melihat pantai di Pandeglang yang satu ini memiliki potensi wisata berskala internasional. Artinya, potensi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara cukuplah tinggi, jika dikeloa dengan sangat profesional.

Related Posts