Jumat, 27 Mei 2022

Universitas Jurusan Anestesi di Bandung - SunjaID

 

Universitas Jurusan Anestesi di Bandung - SunjaID

SunjaID - Anestesi memiliki peranan yang sangat penting pada tindakan operasi baik kecil maupun besar. Lulusan pendidikan anestesi memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan terbaik di berbagai rumah sakit. Di beberapa kota, salah satunya Bandung, juga terdapat kampus dengan jurusan anestesi. Di bawah ini kami mengulas berbagai informasi mengenai jurusan anestesi di Bandung.

Jurusan Anestesi di Bandung

Kampus yang membuka jurusan anestesiologi sangatlah sedikit di Indonesia, dan jika kamu ingin berkuliah di Bandung dengan mengambil jurusan anestesiologi, maka kamu bisa daftar kuliah di Iniversitas Bhakti Kencana.

Kampus yang satu ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 754, Cipadung Kidul, Panyileukan, Kota Bandung. Universitas Bakrie Kencana memiliki 4 fakultas, yakni Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Ilmu Sosial.

Pada Fakultas Ilmu Kesehatan, ada 3 jurusan atau prodi dan salah satunya adalah Anestesiologi. Sedangkan kedua jurusan lainnya ada Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat.

Prodi Anestesiologi

Pendidikan anestesiologi di Universitas Bhakti Kencana Bandung memiliki kompetensi Diploma 4. Lulusan D4 yang merupakan pendidikan vokasi ini, memiliki kualifikasi lulusan sebagai berikut.

·         Memiliki kemampuan memanfaatkan IPTEK di dalam bidang keahlian yang dimiliki, dan juga memiliki kemampuan adaptasi pada situasi tertentu sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapinya.

·         Memiliki penguasaan teori dalam bidang tertentu secara umum dan penguasaan yang mendalam terhadap teori pada bidang yang diambil, serta mampu memformulasikannya dalam menghadapi permasalahan.

·         Memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta memberikan petunjuk yang jelas dalam memilih berbagai alternative solusi yang muncul.

·         Memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaannya dan juga ikut andil dalam pengawasan atas hasil kerja organisasi yang menaunginya.

Adapun tugas pokok sebagai lulusan anestesiologi bisa kamu cermati pada penjelasan di bawah ini.

·         Sebagai pemberi anestesi pada pelayanan gawat darurat dan kritis, dan manajemen nyeri sesuai dengan kewenangannya.

·         Sebagai manajer yang bisa bertugas merencanakan, mengorganisasikan, dan juga bisa melakukan evaluasi terhadap pelayanan anestesi yang telah diberikan kepada pasien.

·         Sebagai komunikator yang mampu memberikan penjelasan secara rinci dan ringkas baik kepada pasien, keluarga pasien dan juga tenaga kesehatan terkait.

·         Sebagai pendidik atau educator yang bertindak memberikan edukasi pada pelayanan anestesi.

·         Sebagai kolaburator yang bertindak sebagai pendukung dalam pelayanan kesehatan, sehingga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

·         Sebagai peneliti yang memiliki tanggungjawab dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu terapan pada bidang anestesi.

Prospektus Lulusan Anestesiologi

Bagi kamu yang memiliki minat dalam bidang anestesi, kamu tidak perlu khawatir akan peluang kerja di masa depan. Kebutuhan akan kesehatan adalah hal yang pasti muncul sampai kapanpun. Dan bidang anestesi memiliki peranan besar pada bidang kesehatan.

Kamu bisa bekerja di berbagai instansi kesehatan baik klinik, rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya. Instansi kesehatan sendiri bisa berstatus swasta maupun milik pemerintah. Selain itu, kamu juga bisa mengabdikan ilmu yang kamu miliki pada lembaga pendidikan, sehingga kamu bertindak sebagai tenaga pendidik bidang ilmu anestesi.

Jika kamu memiliki kemampuan bidang anestesiologi secara mendalam, kamu akan menjadi orang yang paling dibutuhkan di bidang kesehatan. Dengan kemampuan yang dimiliki, kamu memiliki kontribusi besar terhadap kesembuhan pasien secara khusus dan masyarakat secara umum.

Informasi di atas bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin menempuh pendidikan anestesi. Selain jurusan anestesi di Bandung, jurusan anestesi juga ada di beberapa kota seperti Surakarta, Bali, Yogyakarta, dan juga Banyumas.

Related Posts