Jumat, 17 Juni 2022

Wisata Batu Kuda Manglayang Bandung Timur, Harga Tiket

 

Wisata Batu Kuda Manglayang Bandung Timur

SunjaID - Kalau kamu berkunjung ke Bandung Timur, jangan lupa untuk mampir ke obyek wisata Batu Kuda Manglayang. Di sini, kamu bisa melepas penat dari rutinitas karena suasananya yang asri, sejuk, dan pemandangannya yang indah.

Udara yang segar dari Batu Kuda Manglayang tak lepas karena lokasinya yang berada di bawah kaki gunung Manglayang.

Wisata Batu Kuda Manglayang

Tempat wisata yang satu ini buka mulai pukul 5 pagi sampai 5 sore. Untuk bisa menikmati keindahan alam di sini, kamu harus pergi ke Kampung Cikoneng, 7 sampai 10 Km dari Bundaran Cibiru.

Situs Batu Kuda

Spot yang wajib kamu kunjungi jika datang ke tempat ini adalah situs Batu Kuda. Situs ini merupakan batu besar yang konon merupakan perwujudan dari kuda tunggangan Prabu Layang Kusuma.

Untuk menuju ke sini kamu perlu menempuh jarak 1 Km dari gerbang masuk. Jarak tersebut tidaklah terlalu jauh dan bisa diakses dengan berjalan kaki sembari menikmati pemandangan di sekitar yang asri. Karena merupakan kawasan hutan pinus.

Tak hanya Batu Kuda, kamu juga bisa menemukan situs lainnya seperti Batu Tumpeng, Batu Lawang, Batu Keraton, dan Batu Kursi.

Platform Menara Pandang

Berkunjung ke Batu Kuda Manglayang, belum lengkap rasanya jika belum merasakan sensasi melihat pemandangan Bandung dari ketinggian. Platform Menara Pandang adalah salah satu ikon yang paling banyak diburu karena memberikan pengalaman yang berbeda.

Akses menuju lokasi ini tidak terlalu jauh, hanya 500 m dari hutan pinus. Kamu hanya perlu mengikuti jalan setapak yang sudah disediakan. Namun, untuk bisa sampai ke atas menara, kamu perlu menaiki anak tangga yang cukup banyak. Akan tetapi semua itu akan terbayarkan saat kamu bisa melihat keindahan Bandung Timur dan sekitarnya.

Hutan Pinus

Wisata Batu Kuda memang merupakan kawasan hutan pinus. Jadi, ketika kamu memasuki gerbang, kamu akan disambut dengan rimbunnya pepohonan pinus dengan aroma yang khas. Di sini kamu bisa melakukan banyak aktifitas bersama keluarga atau teman.

Tak hanya menikmati pemandangan hutan pinus, kamu juga bisa berjogging, berkemah, atau hammocking. Bagi kamu yang tidak memiliki hammock, di tempat ini kamu bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau, cukup Rp 20.000 dan bisa digunakan sepuasnya.

Hiking

Kalau kamu suka hiking dan masih pemula, tidak ada salahnya mencoba hiking di Batu Kuda Manglayang. Di sini terdapat track khusus yang terbuat dari bambu yang bisa membawamu mengitari sekitar lokasi wisata.

Hanya saja, kamu perlu berhati-hati saat melakukan hiking di tangga berbambu. Karena bisa saja licin karena terkena hujan. Kalau kamu mengikuti rutenya, kamu bisa sampai ke puncak Batu Kuda.

Menikmati Kopi

Perlu kamu tahu, Manglayang merupakan produsen kopi dengan harga yang khas. Selain membeli kopi di lokasi, kamu juga diijinkan membawa kopi sendiri beserta alatnya lho! Perpaduan yang pas saat menikmati pemandangan hutan pinus sambil menikmati kopi panas bersama orang terkasih.

Camping Ground

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, kamu bisa melakukan camping di tempat ini. Hanya saja, sejak pandemi covid, fasilitas camping ditiadakan sampai waktu yang belum ditentukan.

Wisata Batu Kuda Manglayang merupakan destinasi wisata low budget yang bisa kamu pilih. Harga tiket masuk untuk weekday dikenakan Rp 10.000 saja. Sedangkan saat weekend harganya Rp 12.000 per orang. Dan biaya parkir untuk motor Rp 2.000 serta mobil Rp 5.000.

Related Posts