Jumat, 24 Juni 2022

Wisata Situ Datar Pangalengan Fasilitas dan HargaTiket Masuk

 

Situ datar pangalengan

Situ Datar Pangalengan bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya untuk kamu. Tak seperti tempat wisata lainnya, di sini kamu bisa menikmati keindahan danau di tengah-tengah perkebunan teh yang hijau membentang.

Memang, Bandung bagian Selatan dikenal sebagai tempat yang pas untuk refreshing. Karena di sana masih banyak tempat yang asri dengan udaranya yang segar. Salah satunya Situ Datar. Kamu penasaran bagaimana keindahan tempat ini?

Situ Datar Pangalengan

Situ Datar juga dikenal sebagai Situ Ninah. Berada di tengah-tengah perkebunan teh milik PTPN VIII Pasir Malang. Situ ini sendiri sudah ada sejak 1999. Namun, saat itu masih berupa situ dan belum dijadikan sebagai objek wisata. Nah, pada tahun 2019 yang lalu, situ ini resmi dijadikan sebagai tempat wisata.

Bisa dibilang, ini merupakan tempat wisata yang masih baru. Dan mungkin belum banyak orang yang tahu. Dengan luas 6 hektar dan kedalaman mencapai 8 meter, pengunjung tidak disarankan berenang di tempat ini. Kamu hanya bisa menikmati tenangnya air danau dari tepinya saja.

Wahana Permainan, Fasilitas, dan Tiket

Selain menikmati keindahan alam, kamu pun bisa mencoba beberapa wahana permainan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Misalnya saja Flying Fox dan Kayuh Sepeda Danau. Ada juga penyewaan Perahu Angsa dan Perahu karet bagi kamu yang ingin menikmati susana di tengah danau. Harga sewanya hanya Rp 25.000 per 30 menit tiap 3 orang.

Kalau kamu ingin menikmati fasilitas gratisnya, kamu bisa berfoto ria di tulisan I LOVE YOU. Ada pula perahu bambu yang cocok dijadikan sebagai lokasi selfie. Dibuka mulai jam 8 pagi sampai 6 malam, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja per orang.

Situ Datar ini juga dikenal sebagai camp station, yaitu tempat wisatawan membangun kemah untuk bermalam di tempat ini. Dan menyaksikan keindahan danau di keesokan harinya.

Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai, seperti musholla, toilet, dan kantin yang menyediakan aneka makanan sembari menikmati keindahan alam di Situ Datar. Menurut keterangan pengunjung, harga makanan di sini rata-rata Rp 25.000 an saja. Termasuk murah untuk sekelas tempat wisata.

Lokasi Situ Datar Pangalengan

Menuju ke lokasi ini tidaklah jauh. Karena kamu hanya perlu waktu 30 menitan saja dari pusat kota Pangalengan. Tepatnya ada di Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan. Kalau kamu bingung, kamu bisa cari alamatnya di Google Maps atau bertanya ke penduduk sekitar.

Sutu Datar ini bisa diakses dari dua jalur, yaitu dari arah Garut dan dari arah Jakarta. Kalau kamu dari arah Jakarta, kamu harus pergi ke arah Bandung terlebih dahulu. Kemudian, ke arah Banjaran lalu ke Pangalengan. Setelah sampai di Wates, belok kiri menuju ke tempat wisata di Kampung Baruwangi Desa Margaluyu.

Lalu, jika kamu dari arah Garut bagian Selatan, pergi ke arah Cisewu, lalu ke Talegong, kemudian ke Cukul. Jika sudah sampai di pertigaan Wates, belok ke arah kanan menuju ke lokasi wisata.

Untuk pergi ke Situ Datar, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat karena aksesnya yang mudah dan ketersediaan lahan parkir yang memadai. Roda dua dikenakan tarif parkir Rp 2.000, sedangkan roda empat dikenakan tarif Rp 4.000. Kemudian, kamu harus berjalan kaki ke lokasi sekitar 100 meter.

Bagaimana, apa kamu tertarik berkunjung ke Situ Datar Pangalengan?

Related Posts