Begini Cara Pindah Hosting Wordpress - SunjaID

Daftar Isi

  

pindah hosting wordpress

SunjaID - Jika kamu memiliki blog dengan platform wordpress gratis, dan ingin meningkatkan kinerja dengan berpindah ke hosting berbayar, maka informasi dari artikel ini akan sangat berguna buat kamu. Mengapa harus pindah hosting wordpress dan bagaimana cara pindahnya, akan di bahas di bawah ini.

Bagaimana Cara Pindah Hosting Wordpress

Secara umum, menggunakan domain dan hosting yang gratis akan memiliki layanan yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan yang berbayar. Itulah alasan umumnya para pengguna wordpress gratisan, yang melakukan migrasi dari wordpress.com menjadi nama domain sendiri.

Beberapa alasan khususnya antara lain memiliki nama domain sendiri, disk space yang bisa diupgrade sesuai kebutuhan, memiliki banyak pilihan template, bisa menggunakan berbagai plugin, bisa meningkatkan kinerja dengan SEO, dan bebas memasang iklan.

Intinya akan ada banyak manfaat yang bisa meningkatkan performa dari website atau blog yang kamu miliki. Lantas pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara pindah hosting wordpress. Jika domain dan hostingnya sudah siap, maka berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

1.       Ekspor Data Dari Wordpress.com

Cara untuk melakukan ekspor data adalah dengan masuk ke dashboard wordpress.com kamu, klik menu tools pada sidebar, lalu pilih export. Lanjutkan dengan klik menu export all setelah muncul halaman export content. Tunggu berapa saat, file hasil ekspor sudah muncul, download file tersebut.

2.       Ekstrak File

File hasil ekspor yang sudah kamu download berisi dokumen XML, mencakup berbagai informasi seperti halaman, postingan, gambar, bidang khusus, komentar, dan lain sebagainya. Ekstrak file tersebut jadi .zip.

3.       Install Wordpress di Hosting

Langkah pindah hosting wordpress berikutnya adalah menginstall wordpress ke hosting yang kamu sewa. Asumsinya di sini adalah kamu sudah memiliki domain dan hosting sendiri, sehingga cara installnya melalui cpanel pada hosting yang kamu sewa.

Dari cpanel itu, nantinya ada fitur softaculous app yang memudahkan kamu melakukan install wordpress ke hosting. Lakukan perubahan juga pada tampilan, karena saat migrasi, tidak mengikutsertakan tampilan dan widget.

4.       Impor Data Wordpress.com ke Hosting

Setelah proses install berhasil, pilih menu tools dan klik submenu impor. Akan tampil beberapa pilihan install, klik menu wordpress dan klik install now. Tunggu beberapa saat, jika proses impor selesai, akan muncul notifikasi sukses, lalu lanjutkan dengan klik jalankan importer.

Setelah itu kamu akan masuk otomatis ke halaman import wordpress, selanjutkan upload file XML dokumen yang sudah kamu ekstrak pada langkah nomor 2 di atas. Caranya adalah pilih menu choose file, lalu plih file ekstraknya, kemudian klik menu upload file dan import.

Akan muncul notifikasi berupa kolom yang harus diisi, yakni Assign Authors dan Import Attachments. Untuk Assign Authors, jika kamu menggunakan nama penulis lama, maka tidak perlu diisi. Sedangkan untuk kolom Import Attachments silahkan klik checklist pada checkbox yang tersedia, lanjutkan dengan klik submit.

5.       Pastikan Domain dan Hosting Sesuai

Apabila domain yang digunakan sudah terhubung dengan hosting, maka langkah ini sudah tidak diperlukan. Namun jika belum, maka kamu perlu menyesuaikan domain dengan hostingnya. Tahapan ini bisa memakan waktu 5 hari agar pihak hosting telah memverifikasi domain kamu.

Demikian info singkat tentang cara pindah hosting wordpress. Setelah berhasil, semoga kinerja website kamu lebih optimal, dan traffic pengunjungnya meningkat. Bandingkan juga dengan informasi dari laman website lainnya, karena perbedaan hosting yang digunakan juga bisa sedikit berbeda pada teknis tahapannya.

Posting Komentar