Selasa, 16 Agustus 2022

Cara Mendaftar Layanan Cloud Storage Google Drive Gratis 2022 - SunjaID

 

Cara Mendaftar Layanan Cloud Storage Google Drive Gratis 2022 - SunjaID

SunjaID - Saat ini ada cukup banyak layanan cloud storage yang bisa kamu akses dan gunakan secara gratis. Salah satu layanan tersebut adalah google drive, berikut cara mendaftar layanan sloud storage google drive gratis 2022.

Apa Itu Google Drive

Sebelum membahas bagaimana cara mendaftar, baiknya kamu mengetahui dulu sekilas tentang google drive.

Google drive merupakan layanan cloud storage atau penyimpanan data berbasis web. Kamu bisa menyimpan berbagai file di google drive tanpa perlu khawatir akan kehilangan file tersebut. kamu akan tetap bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Cloud storage google drive sendiri adalah bagian dari layanan perusahaan besar google. Sehingga untuk bisa memanfaatkan layanan ini, kamu perlu memiliki terlebih dahulu akun google atau gmail.

Kamu juga bisa mengakses file di google drive secara offline. Namun syaratnya kamu haris menggunakan browser chrome untuk bisa mengaksesnya secara offline. Kamu bisa melakukan aktifitas membuat, mengedit dan mengomentari dokumen, hingga melihat spreadsheet tanpa jaringan internet sekalipun.

Kapasitas gratis yang diberikan google drive termasuk cukup besar, mencapai 15 GB (termasuk paling besar dibanding layanan cloud storage lainnya). Dan kamu bisa meningkatkannya hingga 5 TB, namun kamu perlu membayar secara periodik.

Cara Mendaftar Layanan Cloud Storage Google Drive Gratis 2022

Seringkali kita kehilangan file karena media penyimpanan seperti flashdisc mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Masalah ini bisa teratasi jika kita menyimpan data atau file kita di layanan cloud storage seperti google drive.

Kamu bisa menyimpan file dokumen, foto bahkan video dengan aman di google drive. Berikut bagaimana tahapan untuk mendaftar layanan cloud storage di google drive.

Login akun gmail

Langkah pertama adalah dengan melakukan login ke akun gmail kamu melalui laman accounts.google.com/signin. Jika kamu belum memiliki akun gmail, maka buatlah terlebih dahulu karena ini adalah syarat wajib mengakses google drive.

Buka google drive

Setelah memiliki akun google, maka kamu bisa secara otomatis masuk ke berbagai layanan google, salah satunya google drive.

Untuk bisa mengakses layanan cloud storage google drive, maka kamu buka alamat google drive di www.google.com/intl/in/drive. Setelah tampil halamannya, maka klik ‘buka drive’, menu ini ada di sisi atas sebelah kanan.

Unggah file

Setelah google drive terbuka, kamu akan lihat tampilan halaman yang mirip dengan tampilan dari gmail. Jika kamu ingin melakukan proses unggah file, kamu bisa klik menu ‘+baru’, letaknya ada di sisi kiri bagian atas.

Setelah di klik, maka akan muncul beberapa pilihan menu, seperti upload file, upload folder, dan selainnya. Kamu pilih sesuai kebutuhanmu, apakah ingin mengupload satu per satu file atau langsung semua file dalam satu folder.

Kemudian pilih file atau folder mana yang akan diunggah di google drive, lanjutkan dengan klik ‘open’. Setelah melakukan semua proses di atas, maka file akan diproses untuk diunggah di akun google drive kamu.

Demikian cara mendaftar layanan cloud storage google drive gratis 2022. Pihak google drive bahkan memberikan kapasitas hingga 15 GB secara gratis untuk kamu gunakan sebagai media penyimpanan pengganti flashdisc maupun hardisc. Jika ingin lebih besar lagi kapasitas penyimpannya, maka kamu perlu menggunakan paket berbayar baik bulanan maupun tahunan.

Sangat aman menyimpan file penting di google drive, karena hanya kamu yang bisa mengakses akun google drive. Walaupun demikian, kamu juga bisa membagikan kode akses ke beberapa orang dengan tujuan tertentu, agar bisa mengakses file dokumen kamu juga.

Related Posts