Rabu, 31 Agustus 2022

Cara Yang Bisa Dicoba Untuk Mengembalikan Foto Yang Hilang di Android Tanpa Root - SunjaID

 

Cara Yang Bisa Dicoba Untuk Mengembalikan Foto Yang Hilang di Android Tanpa Root - SunjaID

SunjaID - Dengan menggunakan HP, laptop, dan juga PC, kamu bisa mengembalikan file foto yang hilang. Bagaimana cara mengembalikan foto yang hilang di android tanpa root? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Hilang di Android Tanpa Root

Tidak sengaja menghapus file penting saat ingin membersihkan memory HP, pasti sering terjadi. Hal ini dikarenakan HP tidak hanya digunakan untuk keperluan telepon saja, namun juga untuk memyimpan file foto dan video.

Selain itu, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, namun juga untuk kebutuhan kerja online dan juga sekolah. Kebutuhan yang banyak inilah yang sering membuat kapasitas memory HP penuh dan membuat kinerjanya melambat.

Solusinya adalah menghapus file yang dianggap tidak penting, celakanya ketika menghapus, terkadang kita tidak sengaja menghapus file foto yang itu cukup penting. Tapi jangan khawatir, berikut ini cara mengembalikan file foto yang hilang di android tanpa root, dilansir dari laman resmi kumparan.

Melalui Recyle Bin HP

Cara paling gampang adalah melalui HP itu sendiri sehingga tidak terlalu ribet dalam tahapannya. Saat ini HP terbaru sudah dilengkapi fitur layaknya laptop, yakni tempat sampah file alias Recycle Bin.

·         Jika file yang terhapus dari galery, maka kamu tinggal scroll ke bawah, akan ada menu sampah atau simbol keranjang sampah di bagian paing bawah.

·         Lanjutkan dengan klik menu tersebut, dan pilih file yang hendak dipulihkan. Klik tombol pulihkan yang biasanya ada di bagian bawah.

·         Jika file yang hilang bukan foto dari galery, namun berupa file lain. Kamu bisa klik menu file manager.

·         Lakukan hal yang sama dengan tahapan pemulihan file foto pada galery

Cara di atas cukup mudah asalkan HP kamu memiliki fitur tersebut. Jika HP kamu tidak memiliki fitur tersebut, maka kamu bisa menggunakan aplikasi dari luar, salah satunya di bawah ini.

Melalui Aplikasi Recovery

Di google plat store ada cukup banyak aplikasi yang memiliki fungsi mengembalikan file yang terhapus dalam HP. Beberapa di antaranya adalah Photo Recovery, File Recovery, Recover Delete Photo, Master Recovery Software, dan lain sebagainya.

Untuk penggunannya, masing-masing aplikasi punya urutan langkah yang berbeda. Tapi pastinya menu-menu yang ada di dalamnya akan sangat mudah kamu pilih. Umumnya kamu akan disajikan menu pilihan untuk recovery jenis file apa, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Menggunakan Dr Fone

Jika kamu memiliki laptop atau PC, kamu bisa juga menggunakan perangkat ini untuk mengembalikan file dalam android yang hilang. Salah satu software yang cukup populer untuk recovery data atau file adalah Dr Fone.

Beberapa tahapan jika menggunakan software ini adalah sebagai berikut!

·         Langkah awal adalah melakukan setting terlebih dahulu pada HP agar bisa dilakukan recovery data melalui laptop. Masuk ke pengaturan dan pilih menuh paling bawah, yakni abaut phone.

·         Klik hingga 7 kali agar terbuka opsi pengembang, sehingga muncul opsi USB Debugging. Lalu klik settings, kemuidian developer options.

·         Install Dr Fone, lalu jalankan dan setelah masuk ke menu, pilih menu data recovery. Aplikasi akan otomatis mendekatis andoid yang sudah disetting di atas.

·         Pilih jenis data yang akan dipulihkan, lalu klik scan for delete file. Pilih file yang akan dipulihkan dan klik recovery.

Cara mengembalikan foto yang hilang di android tanpa root di atas bisa kamu coba. Pilih yang paling mudah buat kamu agar foto penting kamu segera terselamatkan.

Related Posts