Sabtu, 06 Agustus 2022

Daftar Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik 2022, Dan Kelebihan Cloud Data Storage - SunjaID

 

Daftar Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik 2022, Dan Kelebihan Cloud Data Storage - SunjaID

SunjaID - Bagi kamu yang ingin menggunakan cloud storage sebagai media penyimpan data, ada baiknya kamu menyimak ulasan daftar layanan cloud storage gratis terbaik 2022 di bawah ini. Banyak cloud storage yang memberikan layanan penyimpanan data secara gratis.

Kelebihan Cloud Data Storage

Web cloud atau biasa juga dikenal dengan cloud data storage adalah layanan penyimpanan data berbasis website.

Banyak keuntungan atau kelebihan yang dimiliki cloud storage dibandingkan media penyimpanan data yang bersifat hardware seperti hardisc maupun data traveler. Beberapa diantaranya bisa kamu simak ulasannya sebagai berikut.

Penyimpanan Data Jangka Panjang

Jika kamu ingin mengamankan data dalam jangka waktu yang lama, maka cloud storage adalah pilihannya. Hal ini dikarenakan data kamu akan disimpan dalam server yang berskala besar dan akan tetap tersimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Yang perlu kamu amankan hanyalah akun dan kode untuk mengaksesnya. Kamu bisa mengambil bahkan mengolah file tersimpan yang ada di cloud storage kapanpun dan dimanapun. Dengan keunggulan waktu penyimpanan yang lama, saat kamu menginjak usia senja, kamu bisa bernostalgia file dokumentasi foto masa lalu.

Data Lebih Aman

Salah satu kelemahan dari media penyimpanan data yang bersifat fisik, semisal hardisc pada komputer maupun laptop, flasdisc, micro sd, dan sebangsanya adalah dari segi keamanan. Media tersebut bisa mengalami penurunan kualitas dan bahkan bisa hilang.

Jika file tersebut sangatlah penting, maka baiknya kamu menyimpannya di cloud storage. Kamu tidak perlu khawatir lagi terkait laptop hilang, flasdisc terjatuh entah kemana, hardisc mengalami bad sector yang parah, dan sebagainya.

Cloud storage juga bisa kamu fungsikan sebagai tempat backup data penting. Jadi ketika data utama yang ada di unit komputer atau laptop mengalami masalah, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data penting.

Hemat dan Ramah Lingkungan

Jika media penyimpanan fisik kamu mengalami kerusakan atau hilang, tentu kamu harus mengeluarkan biaya untuk membeli yang baru. Sedangkan jika menggunakan layanan cloud storage, kamu tidak perlu khawatir akan pengeluaran tersebut.

Selain hemat, ternyata penggunaan cloud storage sebagai media penyimpanan data juga berdampak pada lingkungan. Media penyimpanan fisik sejatinya adalah limbah eletronik, sehingga jika dibuang sembarangan, akan menimbulkan masalah lingkungan.

Sehingga jika proses penyimpanan data bergeser semua ke layanan cloud, maka ada dampak yang lebih positif terhadap lingkungan. Dan gerakan ini jika massif, maka masa depan yang lebih baik akan kita wariskan kepada generasi di bawah kita.

Banyak Layanan dan Gratis

Banyak sekali daftar layanan cloud storage gratis terbaik 2022 ini. Lebih lengkapnya kamu akan melihat penjelasannya di bawah. Dengan banyaknya layanan dan juga sifatnya gratis, maka ini menjadi keunggulan layanan cloud data storage.

Masing-masing layanan cloud storage memberikan kapasitas layanan penyimpanan data secara gratis yang berbeda-beda. Ada yang hanya memberikan 2 GB saja secar gratis, ada yang 5 GB, bahkan ada yang mencapai 15 GB.

Daftar Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik 2022

Setelah mengetahui banyak keunggulan ketika kita menggunakan layanan cloud storage, maka tentu kamu tidak sabar untuk mengetahui daftar layanan cloud storage gratis terbaik 2022. Berikut beberapa rekomendasi kami yang kami ulas dikarenakan nama-nama mereka cukup populer.

Google Drive

Masuk menjadi salah satu daftar layanan cloud storage gratis terbaik 2022, Google Drive sangat populer di kalangan pengguna internet. Integrasinya dengan akun google menjadikan Google Drive banyak digunakan.

Google Drive memang layanan cloud storage besutan perusahaan google. Jika kamu memiliki akun google dan juga gmail, maka kamu secara otomatis bisa memanfaatkan layanan penyimpan data berbasis web, Google Drive.

Google Drive membarikan layanan gratis dengan kapasitas terbesar dibanding layanan cloud storage selainnya. Kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan oleh Google Drive mencapai 15 GB. Google Drive juga memberikan kapasitas hingga 2 TB dengan biaya berlangganan.

Soal keamanan data, kamu tidak perlu khawatir, Google Drive terbilang sangat aman. Sejauh ini tidak ada pengguna layanan yang mengalami masalah terkait keamanan data seperti data hilang atau rusak. Hal ini dikarenakan Google adalah perusahaan besar yang tentu memiliki sistem dan tenaga ahli yang sangat mumpuni.

iCloud

Perusahaan sebesar Apple tentu tidak mau kalah dalam memberikan layanan kepada penggunanya. Apple dikenal mengutamakan privasi penggunanya, oleh karenanya layanan cloud storage dari Apple juga hanya bisa diakses oleh pengguna Apple itu sendiri.

Bagi kamu yang tidak memiliki smartphone besutan Apple, maka kamu tidak akan bisa mengakses layanan iCloud.

Sebagaimana kita kenal, sistem keamanan Apple dalam menjaga data privasi penggunannya adalah sangat baik. Sehingga ini bisa menjadi alternatif utama untuk penyimpanan data penting bagi para pengguna iPhone.

One Drive

Kali ini adalah layanan penyimpanan data online besutan raksasa teknologi, Microsoft. Mengusung tagline One Place for Everything in Your Life, One Drive berkomitmen memberikan layanan cloud storage yang bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Kapasitas gratis yang diberikan kepada kamu dari layanan One Drive sebesar 5 GB. Namun sebagaimana kita ketahui, Microsoft tentu memberikan sistem keamanan yang sangat memadai.

Dan jika kamu ingin kapasitas lebih, One Drive memiliki beberapa paket kapasitas yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kamu. Biasanya biaya berlangganan akan dikenakan setahun sekali.

Dropbox

Layanan penyimpan data secara online berikutnya adalah Dropbox. Layanan ini cukup populer saat ini, dan cukup bersaing untuk bertarung dengan nama-nama besar seperti Google Drive, ICloud dan One Drive.

Dropbox sebagaimana layanan cloud storage yang lainnya, juga memberikan kapasitas gratis untuk kamu menyimpan data. Kapasitas gratis tersebut memang hanya 5 GB, namun ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang tidak terlalu memerlukan kapasitas yang besar.

Hal yang membuat Dropbox masuk jajaran cloud storage yang populer adalah kecepatan dalam mengaksesnya dan tampilan yang memudahkan. Untuk kemudahan dalam mengoperasionalkan layanan Dropbox ini, ada baiknya kamu mendownload aplikasi baik untuk PC maupun smartphone.

pCloud

Cloud storage yang satu ini memang belum cukup populer di kalangan pengguna internet. Namun namanya kini mulai dikenal dan digunakan banyak oleh kelompok usia muda.

Bukan tanpa alasan, layanan pCloud ini mulai banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan kapasitas penyimpanan yang diberikan secara gratis akan bikin kamu kaget. Kalau Google Drive sebagai perusahaan besar mampu memberikan 15 GB gratis, maka pCloud bahkan mampu memberikan 20 GB secara gratis.

Keunggulan kapasitas yang paling besar ini diharapkan mampu menyaingi atau mengimbangi nama-nama besar seperti Google Drive, ICloud, dan juga One Drive.

Demikian informasi daftar layanan cloud storage gratis terbaik 2022. Sebenarnya cukup banyak juga layanan cloud storage selain daftar diatas. Kita sebut saja seperti Amazon Cloud Drive, Box Cloud, Alibaba Cloud, dan lain sebagainya.

Related Posts