Senin, 29 Agustus 2022

Mengenal Virtual Office Definisi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya - SunjaID

 

Mengenal Virtual Office Definisi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya - SunjaID

SunjaID - Bisnis saat ini mulai bergeser dari layanan offline menjadi berbasis online. Tidak ada jenis usaha yang tidak bisa dibuat online, hampir semuanya bisa. Saat ini tren sewa tempat kantor juga mulai muncul berbasis online, yakni virtual office.

Mengenal Virtual Office: Definisi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Maraknya operator penyedia virtual office membuat beberapa pengusaha mendirikan sebuah asosiasi para pengusaha jasa kantor, sebagai wadah bersama. Asosiasi ini dikenal dengan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia (Perjakbi).

Definisi Virtual Office

Fenomena virtual office ini cukup menarik. Tahukah kamu apa sebenarnya virtual office itu? Virtual office adalah sebuah layanan sewa kantor namun bukan dalam bentuk fisik. Kamu bisa menggunakan alamat domisili virtual office ini untuk mengurus segala keperluan legalitas dari perusahaan yang kamu miliki.

Mengapa perlu menyewa sebuah alamat, karena lokasi yang strategis dari sebuah bisnis adalah hal yang cukup penting di mata klien atau pelanggan. Jika lokasi legal kantor kamu berada di kawasan pusat bisnis, maka itu menjadi daya saing perusahaan kamu.

Manfaat Virtual Officel

Manfaat utama dari virtual office adalah kamu dapat memiliki alamat kantor secara legal untuk perusahaan yang kamu miliki, di lokasi yang staretgis atau pusat bisnis.

Manfaat lainnya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyewa kantor fisik. Karena sudah tentu biaya sewa virtual office akan jauh lebih rendah dibandingkan kantor fisik untuk lokasi strategis yang sama.

Apalagi jika karakter bisnis kamu adalah serba online dengan produk yang bersifat digital, maka virtual office adalah jawabannya. Kamu tidak perlu kantor fisik, karena tidak ada produk berupa barang fisik yang harus ada di dalam kantor.

Kamu juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk perawatan kantor fisik, menggaji petugas kebersihan, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Menyewa Virtual Office

Jika produk kamu serba online atau digital, maka menggunakan jasa sewa virtual office akan sangat menguntungkan. Beberapa kelebihan dari sewa virtual office di antaranya adalah mendapatkan lokasi bisnis di tempat strategis yang legal dan bisa didaftarkan.

Selain itu juga mampu meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan, klien, atau partner kerja kamu. Dan yang paling penting bagi sebagian orang adalah harganya yang terjangkau jika dibandingkan dengan sewa kantor fisik.

Virtual office di samping memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya payung hukum jika terjadi persoalan terkait penggunaan virtual office untuk tindak kriminal, seperti perusahaan bodong atau palsu.

Untuk masalah ini, Perjakbi akan menggelar rapat dalam waktu dekat, dan mengundang para stakeholder, yang bertujuan untuk membicarakan terkait pengajuan pembuatan payung hukum kepada pemerintah.

Biasanya selain menyewa virtual office, kamu bisa mempertimbangkan juga menyewa co-workplace. Ini adalah space kantor yang bisa digunakan untuk bekerja layaknya bekerja di kantor. Namun dalam kantor ini akan ada kuota antara 4 sampai 6 orang penyewa, dengan kata lain ini adalah kantor untuk digunakan bersama.

Tidak ada ketentuan harus jenis usaha yang sama dalam satu kantor, karena memang masing-masing punya usaha atau bisnis sendiri. Secara tarif biasanya sekitar Rp 1,5 juta per bulannya, dan ini sudah termasuk fasilitas tempat yang nyaman, AC, dan bahkan ada yang memberikan sajian kopi setiap harinya.

Dengan mengenal virtual office: definisi, manfaat, kelebihan, dan kekurangannya, diharapkan kamu bisa memiliki pijakan untuk keputusan mau sewa virtual office atau kantor fisik.

Related Posts