Rabu, 17 Agustus 2022

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang Tidak Pernah Terlupakan

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang Tidak Pernah Terlupakan - SunjaID

SunjaID - Bandung tidak hanya dikenal dengan wisata belanja dan kulinernya saja, melainkan juga memiliki kawasan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata air terjun yang menawarkan udara sejuk dan panorama indah yang siap memanjakan mata. Berikut rekomendasi wisata air terjun di Bandung terbaik.

4 Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang Tidak Pernah Terlupakan

1.    Curug Ngebul

Tempat wisata curug Ngebul belum terjamah oleh pengunjung. Lokasinya terpencil dan sulit diakses, tepatnya di Kampung Cisitu. Menuju lokasi membutuhkan usaha ekstra, namun setelah tiba di Curug Ngebul rasa cape dan lelah hilang. Anda disuguhkan keindahan alam yang sangat memikat.

Curug Ngebul memiliki ketinggian 20 meter dengan lebar 5 metet. Memiliki dua tingkat, tingkat Pertama adalah air terjun tunggal yang aliran airnya membentuk air terjun yang rendah dan melebar. Membuat air terjun ini menjadi istimewa.

2.    Curug Malela

Kontur wilayah Kabupaten Bandung Barat cukup beragam, termasuk daerah pegunungan dan perbukitan. Di daerah seperti ini banyak ditemukan air terjun. Salah satunya adalah Curug Malela.

Curug Malela merupakan air terjun terbesar di kawasan Bandung Barat. Mendapat julukan Niagaranya Bandung Barat, memiliki ketinggian 70 meter dan lebar 50 meter. Debit airnya relatif stabil dan airnya begitu bening.

Lokasinya di Kampung Manglid, Desa Cidadas Kecamatan Rongga – Kabupaten Bandung Barat. Masuk ke kawasan wisata Curug Malela Anda harus membeli tiket dengan harga Rp 10.000 (harga sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan).

3.    Curug Maribaya

Tempat wisata di Bandung yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Curug Maribaya masuk ke dalam daftar wisata air terjun hits yang cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan liburan. Lokasinya terjangkau, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Memasuki kawasan wisata Maribaya, Anda akan merasakan nuansa yang asri dan menenangkan. Curug Maribaya memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun Maribaya terbagi menjadi 3 curug, yaitu Curug Cikoleang, Curug Cikawari dan Curug Cigulung.

Lokasinya di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan Cibodas – Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

4.    Curug Batu Templek

Air terjun atau Curug Batu Templek memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dengan curug lainnya. Air terjun yang mengalir dari ketinggian lalu melewati tebing cadas semakin menambah keindahan curug.

Di kawasan curug terdapat jembatan gantung yang bisa dijadikan spot untuk berswafoto. Memasuki kawasan wisata ini, Anda harus membayar tiket dengan harga Rp 5.000 (harga sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan).

Lokasinya di jalan Cisanggarung Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler – Kota Bandung.

Selain curug-curug di atas, masih banyak tempat wisata air terjun di Bandung lainnya yang bisa Anda temukan, seperti Curug Citambur, Curug Penganten, Curug Dago, Curug Cilangkrang, Curug Cimahi dan Curug Cinulang. Siap pilih curug yang mana jadinya buat healing?

Related Posts