Rabu, 24 Agustus 2022

Tertarik menjadi data Scientist dengan Gaji Puluhan Juta ? Kenali terlebih dahulu 4 Software yang sering Digunakan Data Analisis - SunjaID

 

Software yang sering Digunakan Data Analisis

SunjaID - Data scientist saat ini menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek pendapatan yang menjanjikan. Dan dalam melakukan pekerjaannya, para analis data ini sering menggunakan software data analisis untuk mengefisiensikan pekerjaannya.

Beberapa software data analisis yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

Apa Itu Data Scientist

Dewasa ini bermunculan banyak bidang-bidang pekerjaan baru yang sangat cerah prospeknya. Salah satu di antaranya adalah data scientist. Gaji yang didapat dari seorang data scientist pasti membuat kamu tergiur. Sebuah perusahaan sedang, bisa memberikan gaji belasan juta untuk seorang data scientist yang berpengalaman.

Pekerjaan ini sangat penting karena akan memberikan hasil analisis dari sebuah data, di mana hasil analisis ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pengambil kebijakan sebuah perusahaan.

Jika hasil keputusan fundamental ini tepat karena berdasarkan hasil analisis yang tepat, maka keuntungan yang didapatkan sebuah perusahaan tentu tidak sebanding dengan kontribusi dari seorang data scientist.

Bidang ilmu yang diperlukan untuk dikuasai oleh seorang data scientist meliputi matematika, statistika, dan kemampuan di bidang komputer atau pemrograman.

Jika kamu ingin berkarir di bidang ini, setidaknya beberapa jurusan bisa linier secara bidang ilmunya. Di antaranya ilmu komputer, sistem informasi, statistika, dan tentu saja jurusan data science. Yang paling mendekati tentu saja lulusan data science, namun tidak menutup kemungkinan lulusan selainnya juga bisa bekerja di bidang data science sebagai salah satu tim analisis.

Software Data Analisis yang Sering Digunakan

Cara kerja atau fungsi umum dari software data analisis adalah melakukan pengolahan, penyortiran, serta penyajian data menjadi bentuk visual yang lebih dapat dipahami. Hasil dari analisis ini akan berguna sekali bagi perusahaan dalam mengambil keputusan penting.

·         MATLAB

MATLAB cukup populer di kalangan programmer, hal ini karena software yang satu ini mampu memberikan analisis yang cukup kompleks. Hal yang membuat MATLAB unggul dibandingkan selainnya adalah penggunaan perhitungan Matriks dan tampilannya visualisasi yang cukup mudah dipahami.

Namun software data analisis MATLAB cenderung tidak sesuai dengan pengguna baru, karena memerlukan pengetahuan pemrograman yang cukup rumit.

·         Excel

Mungkin software ini yang paling banyak digunakan oleh para data scientist dalam melakukan olah dan analisis data. Excel sudah sangat familiar baik di kalangan pebisnis hingga tingkat pelajar. Dalam proses pengolahannya, excel cenderung lebih mudah dibandingkan software data analisis selainnya.

Beberapa fitur yang biasa digunakan dalam analisis data pada excel di antaranya ada pivot,  team, add-ins, dan macro. Ada juga formula-formula lain seperti financial, statistical, dan selainnya yang berguna untuk perhitungan.

·         SPSS

Software data analisis yang satu ini juga cukup banyak penggunannya di berbagai negara sebagaimana MATLAB. Biasa digunakan untuk analisis data terkait statistika.

Secara tampilan, SPSS agak mirip dengan excel, yakni menggunakan fundamental spreadsheet. Namun secara keunggulan di dalam perhitungan statistika, SPSS masih di atasnya excel.

·         SAS

Pernah mendapat peringkat pertama dalam pengolahan data mining pada tahun 2015, SAS menjadi software data analisis yang juga memiliki segmen pasar sendiri.

Karena kualitasnya, SAS juga memiliki banderol harga software yang termahal jika dibandingkan tiga software lain yang di bahas di artikel ini.

Demikian informasi beberapa software data analisis yang bisa menjadi rujukan atau referensi buat kamu. Pastikan kebutuhan kamu terlebih dahulu, sehingga dapat menentukan software mana yang paling cocok kamu gunakan untuk analisis data.

Related Posts