Cara Install Wordpress Di CPanel Secara Manual - SunjaID

 

Cara Install Wordpress Di CPanel Secara Manual - SunjaID

SunjaID - Bagi kamu yang ingin melakukan install Wordpress di cPanel, maka kamu tidak salah mengunjungi web ini. Di bawah ini akan diuraikan bagaimana cara install Wordpress di cPanel. Secara umum akan ada dua cara dalam proses install, yakni otomatis dan manual.

Cara Install Wordpress di Cpanel Secara Otomatis

Dari berbagai pilihan dalam install Wordpress, install ke cPanel adalah yang paling mudah dilakukan. Untuk bisa melakukan proses install secara otomatis, kamu perlu menggunakan software Softaculous.

Jika kamu menggunakan Niagahoster sebagai penyedia hosting web kamu, maka Softaculous sudah otomatis kamu dapatkan dari paket pembelian apapun. Langkah menginstall Wordpress dengan software yang satu ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja.

Di bawah ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dalam proses instalasi Wordpress ke cPanel melalui Softaculous.

·         Login ke cPanel. Kamu bisa mengakses dengan URL namadomain/cpanel. Atau bagi kamu yang menggunakan hosting dari Niagahoster, kamu bisa masuk ke menu All Features pada tab cPanel. Kamu akan langsung masuk ke halaman pengaturan hosting.

·         Memilih Wordpress. Jika tampilan halaman cPanel sudah muncul, maka pilih menu Softaculous Apps Installer, dan pilihlah icon Wordpress.

·         Install Wordpress. Setelah langkah di atas, kamu akan diarahkan ke halaman Softaculous. Arahkan kursos ke menu dan klik install now.

·         Isi Data Website. Langkah berikutnya adalah mengisi beberapa pertanyaan di bawah ini.

a.       Choose Protocol, pilihlah HTTPS jika kamu sudah memiliki SSL.

b.      Choose Domain, kamu bisa memilih domain maupun subdomain sebagai lokasi install Wordpress.

c.       In Directory, jika kamu ingin memasang Wordpress di domain utama, maka kosongkan kolom ini.

d.      Choose the Version, pilihlah versi Wordpress yang ingin diinstall.

e.      Site Name, ketikkan nama website Wordpress yang kamu miliki.

f.        Site Description, isilah secara singkat tentang website yang kamu miliki.

g.       Enable Multisite, kamu aktifkan jika ingin membuat banyak website Wordpress dengan instalasi Wordpress yang sama.

h.      Admin Username, isilah dengan username administrator yang akan digunakan pada website.

i.        Dan beberapa data lain yang bisa mudah kamu isi sesuai petunjuknya.

·         Install. Setelah mengisi semua data di atas, maka klik install dan tunggu proses install berjalan. Pastikan kamu tidak menutup halaman install karena beberapa kasus terjadi kegagalan jika melakukan penutupan halaman.

Cara Install Wordpress di CPanel Secara Manual

Jika kamu mencoba mneginstall secara manual atau tidak menggunakan software Softaculous, maka ikuti beberapa tahapan berikut ini.

·         Unduh File Instalasi Wordpress. Masuk ke website Wordpress dan klik menu download Wordpress.

·         Unggah ke cPanel. Setelah melakukan proses unduh, maka berikutnya adalah proses unggah ke cPanel. Buka file manager dan masuk ke folder yang akan kamu gunakan untuk menaruh file Wordpress.

Biasanya menggunakan folder public_html, lalu klik upload file Wordpress, kemudian pilih folder di mana kamu tadi menyimpan file Wordpress yang sudah diunduh.

·         Ekstrak File. Kemudian kamu klik kanan file Wordpress dan pilih extract, untuk mengekstrak seluruh file Wordpress. Akan muncul folder baru bernama Wordpress, klik folder tersebut. Kemudian klik select all.

Akan tampil pilihan beberapa menu, klik kanan menu move dan masukkan path /public_html di kolom tersedia lalu klik move files.

Langkah berikutnya tinggal membuat database MySQL dan menjalankan instalasi Wordpress. Demikian informasi cara install Wordpress di cPanel baik menggunakan Softaculous maupun langsung ke cPanel.

Proof Code

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter