Minggu, 25 September 2022

Pengertian Amazon Web Service AWS Dan Berbagai Layanan nya - SunjaID

 

Pengertian Amazon Web Service AWS Dan Berbagai Layanan nya - SunjaID

SunjaID - Sejak tahun 2002, raksasa internet Amazon meluncurkan layanan Amazon Web Service atau biasa dikenal AWS. Bagi perusahaan pengguna layanan data berbasis cloud, maka nama AWS sudah cukup dikenal. Jika di benak kamu muncul pertanyaan apa itu Amazon Web Service? Maka kamu sudah tepat mengunjungi situs ini.

Apa Itu Amazon Web Service

Jika kamu tidak memiliki komputer dengan kapasitas penyimpanan yang besar, padahal kamu butuh big storage untuk melakukan berbagai kegiatan komputasi, maka AWS adalah salah satu pilihan utama yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Layanan ini tidak hanya menyediakan penyimpanan berbasis cloud. Namun juga layanan web hosting yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah website yang profesional.

Berbagai Layanan Amazon Web Service

Setidaknya ada 5 jenis layanan yang bisa kamu dapatkan di Amazon Web Service, rinciannya sebagai berikut.

1.       Layanan Komputasi

Prinsip dari layanan ini adalah menyediakan kebutuhan pelanggan akan server yang bisa digunakan untuk kegiatan komputasi. Ada beberapa varian dalam layanan ini, seperti Amazon Elastic Compute Cloud, Amazon Elastic Map Reduce, dan Elastic Load Balancing.

2.       Layanan Penyimpanan

Jangan khawatir soal data hilang atau kurangnya kapasitas penyimpanan, karena kamu bisa melakukan pengamanan data di layanan penyimpanan dari AWS.

3.       Layanan Basis Data

Server basis data ini bisa diakses kapanpun dan di manapun kita berada. Beberapa jenis layanan pada basis data meliputi Amazon Relational Database Service, Amazon DynamoDB, Amazon SimpleDB, dan Amazon ElastiCache.

4.       Layanan Jaringan

Jika kamu memiliki beberapa cloud yang ada di AWS atau beberapa layanan di AWS, maka kamu bisa mengoneksikan semua layanan itu dengan menggunakan layanan jaringan.

5.       Layanan Aplikasi

Yang terakhir ini adalah pelengkap untuk semua layanan di atas. AWS menyediakan aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, dan juga aplikasi workflow.

Kelebihan Amazon Web Service

Beberapa kelebihan AWS di bawah ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk menggunakan AWS sebagai rekan bisnis yang menguntungkan.

·         Aman. Keamanan data adalah masalah utama yang harus diberikan oleh penyedia layanan berbasis cloud, termasuk AWS. Amazon sebagai perusahaan besar tentu memiliki cukup sumber daya yang kuat untuk memberikan tingkat keamanan data yang bagus.

·         Fleksible. Ini adalah aspek yang dibutuhkan oleh semua pebisnis berbasis internet. AWS bisa diakses di berbagai tempat dan kapanpun kamu mau, karena layanannya berbasis internet dan juga standby 24/7.

·         Efisien. Ada pepatah yang mengatakan waktu adalah uang. AWS melihat ini sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mereka. Layanan cepat adalah salah satu keunggulan kompetitif dari AWS, sehingga proses kerja kamu akan menjadi sangat efisien.

Kekurangan Amazon Web Service

Aspek ini cukup relatif karena bagi sebagian orang menganggap satu aspek sebagai kekurangan, sedangkan bagi sebagian yang lainnya tidak menganggapnya demikian. Sebagai sebuah perusahaan digital yang berdiri lama dan sangat besar, rasanya tidak ada kekurangan yang fatal pada layanan AWS.

Walau demikian mungkin aspek harga layanan yang cukup mahal bagi sebagian orang dan juga tidak bisa ditawar, bisa menjadi aspek minus dari Amazon Web Service.

Demikian jawaban dari pertanyaan apa itu Amazon Web Service. Tetap bandingkan dengan penyedia layanan sejenis lainnya, agar kamu mendapatkan perbandingan yang memadai. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja sesuai dengan budget yang kamu sediakan.

Related Posts