Selasa, 04 Oktober 2022

Beberapa Perangkat Lunak Pemantauan Jaringan Yang Banyak Digunakan - SunjaID

 

Beberapa Perangkat Lunak Pemantauan Jaringan Yang Banyak Digunakan - SunjaID

SunjaID - Bagi pekerja di bidang jaringan, penggunaan perangkat lunak pemantauan jaringan sangatlah dibutuhkan. Ada cukup beragam network monitoring tool dan kamu perlu memilihnya secara cermat, sesuai dengan kebutuhan.

Perangkat Lunak Pemantauan Jaringan

Dalam rangkah memfasilitasi manajemen jaringan dan juga infrastruktur IT, produsen perangkat lunak pemantauan jaringan senantiasa mengeluarkan produk terbarunya hampir tiap tahun. Otomatis perkembangan di bidang perangkat lunak ini sangatlah cepat.

Di bawah ini adalah beberapa perangkat lunak pemantauan jaringan yang cukup banyak penggunanya di lapangan.

Netmook

Network monitoring tool yang pertama adalah Netmook. Piranti lunak yang satu ini cukup populer di berbagai perusahaan yang membutuhkan pemantauan jaringan di Indonesia.

Produk utama dari Netmook adalah Netmook Basic, yang memiliki kemampuan dalam mengakuisisi data secara otomatis dari perangkat jaringan yang terhubung. serta Hasil akuisisi akan divisualisasikan dalam bentuk dashboard analitik yang tampilannya sangat mudah dipahami.

Ada beberapa fitur di dalam Netmook Basic yang akan mempermudah pekerjaan pemantauan jaringan, di antaranya predictive analytics, real time notifications melalui Telegram atau alamat surel, reporting bentuk file PDF, customize request, dan lain sebagainya.

PRTG Network Monitor Dari Paessler

Perangkat ini cukup dikenal sebagai aplikasi pemantauan jaringan yang memiliki kemampuan dalam mengelolah infrastruktur IT. Beberapa sektor yang dikelola seperti sistem, traffic, aplikasi dalam jaringan, bisa ditampilkan dalam interface yang mudah dipahami.

Bagi perusahaan yang kurang memiliki cukup pengalaman dalam network management, maka aplikasi PRTG ini sangatlah ideal. Karena menggunakan berbagai teknologi yang akan membantu memudahkan pengelolahan dan pemantauan jaringan di perusahaan kamu.

Beberapa teknologi yang ada dalam PRTG antara lain SNMP, HTTP request, REST API, ping, SQL, SSH, WMI, dan lain sebagainya. Keunggulan yang cukup kompetitif dari PRTG adalah kemampuannya dalam melakukan monitoring data pusat yang menggunakan perangkat seluler.

SolarWinds Network Performance Monitor

Jika berbicara mana yang paling intuitif dalam pengoperasiannya, maka mungkin salah satunya adalah SolarWinds. Kamu bisa menemukan perangkat jaringan secara otomatis dalam waktu singkat.

Tampilan antar mukanya juga sangat sederhana, sehingga sangat cocok digunakan oleh para pemula di bidang pemantauan jaringan.

Kamu juga bisa mennyesuaikan dashboard yang berbasis web, menyesuaikan grafik dan juga menampilkan kinerja. Bagi para teknisi jaringan, tools dari SolarWinds akan memudahkan dalam melakukan kegiatan desain topologi yang kompatible dengan insfrastruktur jaringan.

Zabbix

Perangkat lunak pemantauan jaringan yang satu ini sangat fokus pada monitoring server dan perangkat keras pada jaringan. Jika kamu memiliki kebutuhan kuat di aspek itu, maka Zabbix bisa menjadi alternatif pilihan.

Aplikasi Zabbix sendiri menggunakan interface dari Web GUI yang dikenal sangat mudah digunakan. dan salah satu keunggulan kompetitif dari Zabbix adalah kemampuannya dalam menganalisa tren dalam lalulintas di jaringan, termasuk perilaku jaringan di masa yang akan datang. Analisis ini berdasarkan data historis yang dikumpulkan oleh Zabbix.

Sifat aplikasi ini open source, sehingga pengguna dari seluruh dunia bisa belajar dari berbagai dokumen yang ada dalam Zabbix.

Itulah beberapa perangkat lunak pemantauan jaringan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Kamu perlu memahami terlebih dahulu bagaimana tingkat kebutuhan akan pemantauan jaringan pada perusahaan kamu.

Setelah mengetahui kebutuhan yang spesifik dan detail, maka bisa dilakukan survey fasilitas dan fitur yang ada di berbagai perangkat lunak pemantauan jaringan di atas. Lalu pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

Related Posts