Jumat, 14 Oktober 2022

Ingin Membangun Sebuah Website Sendiri? Baca Dulu Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula

 

Ingin Membangun Sebuah Website Sendiri Baca Dulu Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula - SunjaID

SunjaID - Tips memilih hosting yang tepat untuk pemula adalah hal yang sangat dibutuhkan jika kamu baru pertama kali atau merasa kurang pengetahuan dalam membangun sebuah website. Hosting adalah hal yang perlu kamu tentukan terlebih dahulu dalam proses pembuatan website yang profesional.

Pengertian dan Jenis Hosting

Hosting sendiri memiliki fungsi sebagai dukungan utama untuk membangun sebuah website yang baik. Website dan hosting adalah dua hal yang saling melekat, tidak akan pernah ada website tanpa hosting itu sendiri.

Secara pengetian hosting adalah sebuah media atau lokasi di mana sebuah data dalam website diletakkan. Artinya ibarat website adala produk jualannya, hosting adalah sebuah lapak atau tempat di mana produk tersebut dipajang.

Ada beberapa jenis hosting, yakni Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS Hosting, dan WordPress Hosting. Masing-masing tentu memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Mana yang dipilih, tentu yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. 

Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula

Sebagaimana pembahasan sebelumnya, dalam memilih jenis hosting maupun platform hosting nantinya, tentu ada disesuaikan dengan beberapa kondisi atau variabel. Di bawah ini adalah beberapa pertimbangan atau tips memilih hosting yang tepat untuk pemula.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis website

Ada banyak motif atau kebutuhan dalam pembuatan sebuah website. Mulai dari untuk kebutuhan personal, perusahaan, komunitas tertentu, atau untuk bisnis online. Masing-masing jenis kebutuhan ini tentu akan membutuhkan penanganan yang berbeda.

Website untuk kebutuhan personal misalnya, tidak memerlukan fitur yang kompleks sebagaimana website untuk kebutuhan sebuah perusahaan atau untuk jualan online. Semakin banyak fitur yang diinginkan, tentu akan linier dengan kebutuhan storage yang besar nantinya.

Lakukan cek kualitas performa hosting

Ketika kamu ingin membeli sebuah barang, tentu kamu akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terkait kualitas dari barang tersebut. Sama dengan ketika ingin menyewa hosting, kamu juga perlu melakukan pengecekan terkait performa dari hosting tersebut.

Ada banyak situs yang memaparkan kinerja dari beberapa hosting, kamu bisa membuka dan mempelajari uraian dari situs tersebut. Pastikan sumber data kamu tidak satu, tapi beberapa untuk mendapatkan data yang lebih obyektif.

Lokasi server dari hosting tersebut juga bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Jika jangkauan website kamu hanya membidik masyarakat Indonesia, maka baiknya memilih hosting yang servernya berada di Indonesia.

Cek review pelanggan

Pengalaman adalah guru yang terbaik, pepatah ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu indikator penilaian kualitas dari sebuah hosting. Kamu bisa melihat bagaimana tanggapan atau komentar para pelanggan yang telah menggunakan layanan hosting tersebut.

Terkadang ada hosting yang menggunakan jasa pembuatan review postifi untuk menunjukkan bahwa hosting dia sangat bagus. Oleh karenanya, kamu perlu mengambil lebih dari satu sumber untuk kroscek validitas data.

Sesuikan dengan kondisi keuangan

Dan aspek terakhir yang perlu kamu pertimbangkan adalah kondisi keuangan atau besaran anggaran yang hendak kamu alokasikan untuk menyewa hosting.

Percuma saja jika kamu sudah menemukan hosting terbaik secara performa, namun dari aspek harga kamu tidak memiliki cukup sumber daya untuk membelinya.

Demikian informasi terkait tips memilih hosting yang tepat untuk pemula. Aspek harga bisa menjadi pertimbangan utama mengingat kamu baru merintis dalam membangun website. Jika kamu sangat yakin terhadap sebuah platform penyedia hosting, kamu bisa membeli paket termurahnya terlebih dahulu, baru kemudian melakukan upgrade secara berkala.

Related Posts