Minggu, 13 November 2022

5 Jurusan UIN Bandung Yang Sepi Peminat Namun Bagus Untuk Pekerjaan

 

5 Jurusan UIN Bandung Yang Sepi Peminat Namun Bagus Untuk Pekerjaan - SunjaID

SunjaID - UIN Bandung atau dikenal juga dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, tahun lalu memiliki akreditasi B namun memiliki banyak sekali peminat. Dari berbagai macam jurusan yang ada di UIN Bandung, ada beberapa jurusan yang sepi peminat namun sebenarnya memiliki prospek kerja yang tidak kalah menarik.

Jurusan UIN Bandung Yang Sepi Peminat

Berdasarkan data pada tahun sebelumnya, setidaknya ada 5 jurusan UIN Bandung yang cukup sepi peminatnya. Penasaran apa saja jurusan sepi peminat di UIN Bandung? Lihat ulasan kami di bawah ini.

1.       Jurusan Fisika

Jurusan yang satu ini ada di fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung. Pada saat itu, hanya 58 calon mahasiswa saja yang mendaftar di jurusan fisika. Padahal prospek kerjanya begitu bagus, hampir tiap tahun BUMN dan perusahaan swasta besar lainnya selalu membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

2.       Jurusan Ilmu Politik

Dibandingkan dengan jurusan lainnya yang berada pada fakultas yang sama, seperti ilmu sosial dan hukum. Jurusan ilmu politik memang memiliki peminat yang paling sedikit, hanya sekitar 160 peminat saja pada tahun sebelumnya.

Padahal secara prospek karir sangatlah bagus, tidak hanya menjadi politikus, namun bisa juga tenaga ahli di bidang hukum administrasi, pegawai Yudisial, hingga menjadi dosen.

3.       Jurusan Kimia

Ilmuan di bidang kimia sangatlah diperlukan, mulai dari perusahaan tekstil, farmasi, industri kosmetik, hingga Badan Narkotika Nasional (BNN) juga memerlukan lulusan jurusan yang satu ini.

Namun faktanya di UIN Bandung, bidang kimia termasuk jurusan UIN Bandung yang sepi peminat. Agak lebih baik dari jurusan ilmu politik. Di jurusan kimia, jumlah pendaftar ada di kisaran 180-an calon mahasiswa.

4.       Jurusan Biologi

Tidak terlalu jauh jumlah peminatnya dengan jurusan kimia di atas. Pada jurusan biologi, hanya sekitar 185 calon mahasiswa yang meminati bidang ini. Padahal di dunia ini, terutama di masa-masa potensi pandemi di kemudian hari, ahli biologi termasuk yang sangat dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi ilmuwan sekaligus tenaga pendidik untuk mencetak para ahli biologi di masa yang akan datang. Jika kamu suka membuat konten, maka menjadi youtuber dengan spesifikasi ilmu biologi akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dan tentunya menghasilkan cuan yang besar pula.

5.       Jurusan Matematika

Terkahir yang menjadi jurusan UIN Bandung yang sepi peminat adalah jurusan matematika. Padahal di tahun sebelumnya lagi,  jurusan ini menempati posisi keempat setelah jurusan agroteknologi.

Secara prospek kerja tidak usah diragukan lagi, selain menjadi guru, dosen, dan juga peneliti, ahli matematika bisa juga bekerja di bidang ekonomi. Bidang ekonomi yang dimaksud bisa sebagai akuntan maupun ahli statistik.

Demikian lima jurusan UIN Bandung yang sepi peminat. Kebanyakan di bidang sains, dan hanya satu di bidang ilmu sosial. Jika melihat rumpun ilmu pada jurusan yang dianggap sepi peminat di atas, sebenarnya kita tidak perlu terkejut. UIN Bandung sendiri dikenal sebagai kampus Islam, oleh karenanya jurusan yang berbau agama Islam tentu yang paling banyak peminat.

Kelima jurusan di atas sebenarnya memiliki prospek jenjang karir yang bagus. Walaupun kuliah di kampus agama, namun keilmuan di bidang itu pada UIN Bandung tidak bisa diremehkan. Justru mengambil jurusan UIN Bandung yang sepi peminat merupakan peluang tersendiri, di mana kamu akan berpotensi lolos atau mauk UIN dengan pesaing yang sedikit.

Related Posts