Minggu, 27 November 2022

Intip Informasi Pemandian Air Panas Cileungsing Jawa Barat Ini yang Menakjubkan

 

Pemandian Air Panas Cileungsing

SunjaID - Mandi air panas bisa jadi merupakan salah satu tujuan wisata yang tidak biasa. Di daerah Sumedang, ada sebuah pemandian bernama pemandian air panas Cileungsing yang mana merupakan salah satu objek wisata yang ramai. Kepopuleran tempat ini bahkan sudah menyebar hampir seluruh Indonesia.

Pemandian ini merupakan sebuah area yang dipenuhi kolam untuk berendam. Air panasnya bersumber dari kolam belerang yang ada di dekat gunung sehingga bisa berkhasiat sebagai obat pula. Ada juga daya tarik lainnya yang sama-sama menguntungkan apabila dikunjungi.

Lokasi Pemandian dan Akses

Pengunjung yang ingin berdatangan dan menjadi wisatawan dari pemandian air panas Cileungsing bisa langsung mendatangi akses melalui desa Cilangkap. Letaknya ada tepat di dekat kaki gunung Tampomas yang mana ada di kecamatan Buahdua, bagian Kabupaten Sumedang yang ada di Jawa Barat.

Untuk bisa menuju ke daerah pemandian air panas ini, ada berbagai macam akses yang bisa pengunjung gunakan. Misalnya dari menggunakan kendaraan sendiri yang dipandu oleh peta Google. Pengunjung juga bisa menggunakan angkutan umum yang tersedia di desa tersebut.

Total Harga Tiket Masuk

Kali ini mari bicarakan tentang biaya yang harus ditebus oleh pengunjung jika ingin menikmati pemandian. Daya tarik yang ada di keseluruhan pemandian ternyata bisa dirasakan setelah pengunjung membayar tiket sebesar Rp10.000. Harga tersebut merupakan harga masuk per yang dihitung per kepala.

Tentunya, sebagai tempat wisata yang profesional, pemandian ini juga menjalankan standar jam buka operasional. Namun tenang saja, karena pemandian air panas yang berada di dekat Gunung Tampomas ini buka setiap hari tanpa ada batasan waktu. Singkatnya, pengunjung bisa datang kapan pun.

Daya Tarik Obyek Wisata

Masing-masing objek wisata tentu saja pasti memiliki daya tarik yang menjadi nilai jual tempat tersebut. Begitupun dengan pemandian air panas cileungsing yang memiliki daya tarik utama sehingga menarik pengunjung berdatangan. Sebagai pemandian air panas, poin menarik yang ditonjolkan adalah:

1. Kolam Air Panas

Ini merupakan objek nomor 1 yang banyak dikunjungi. Sebagai realisasi dari nama tempat pemandian air panas, tentu saja tempat ini memiliki kolam air panasnya sendiri. Air tersebut mengandung zat belerang dan menjadi tempat favorit untuk mandi dan berendam serta bersantai para pengunjung. 

Daya tarik yang kedua adalah spot foto indah. Seluruh area pemandian tentu saja dekat dengan gunung sehingga pemandangan yang terlihat masih asri. Deretan pohon ditambah dengan jajaran kolam dan beberapa air pancuran menjadi tempat yang terlihat indah untuk mengambil gambar.

3. View Pegunungan dan Pedesaan yang Asri

Poin yang ketiga ini sepertinya masih sedikit berhubungan dengan poin nomor 2. Tidak bisa disangkal bahwa keindahan pemandangan yang ada di sini sangat mampu membuat pengunjung berdecak kagum.

Apabila pengunjung sudah selesai berendam, pengunjung bisa mengambil sedikit waktu untuk berjalan memutari areal kolam yang masih asri. Kegiatan tersebut bisa membantu menyegarkan pikiran.

4. Kolam Air Keramat

Meskipun seluruh kolam pemandian yang ada di area ini merupakan kolam yang mengandung air belerang, namun masih ada satu lagi kolam air keramat. Kolam tersebut dinilai memiliki khasiat yang lebih dibanding kolam umum yang ada di sana.

Bahkan, kolam air keramat ini memiliki juru kuncinya sendiri yang mana pengunjung harus meminta izin kepada beliau untuk mengunjungi tempat tersebut.

Fasilitas Pemandian

Satu dari sekian syarat layaknya sebuah objek wisata adalah fasilitas yang disediakan. Di luar dari objek wisata yang ditawarkan, sebuah tempat wisata juga harus memiliki beberapa fasilitas tambahan yang mendukung kegiatan pengunjung. Pemandian air panas bernama cileungsing ini Tentunya menyediakan fasilitas pengunjung yaitu:

     Area parkir.

     Kamar mandi.

     Saung santai.

     Cafe atau restoran.

     Arena bermain.

     Spot foto.

     Pancuran kecil.

Ulasan yang ditulis di atas tersebut merupakan ulasan singkat yang detail tentang pemandian air panas Cileungsing. Bermain dan berwisata ke daerah pemandian juga sangat direkomendasikan untuk dicoba ketika berlibur. Selain mendapatkan kenyamanan, berlibur ke tempat pemandian juga bisa menjadi referensi baru dalam berwisata.

Related Posts