Sabtu, 19 November 2022

Kawah Talaga Bodas, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Lengkap

 

Kawah Talaga Bodas

SunjaID - Garut menjadi salah satu wilayah dengan banyak tempat wisata, salah satunya adalah Kawah Talaga Bodas. Wisata alam satu ini kerap disebut mirip dengan Kawah Putih yang terletak di Bandung. Jika diperhatikan, keduanya memiliki keindahan yang berbeda.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki banyak wisata alam, seperti kawah, gunung, pantai, air terjun, dan masih banyak lagi. Namun kawah yang terletak di Garut ini memiliki ciri khasnya tersendiri Untuk mengetahui lebih banyak, berikut informasi lengkapnya:

Kawah Talaga Bodas

Sesuai dengan namanya, Kawah Talaga Bodas memiliki air yang berwarna putih dengan diameter 2 km. Berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, danau ini memberikan pemandangan alam yang menyejukkan mata dengan udara sejuk yang alami.

Wisata alam ini berada di ketinggian 2.201 mdpl di Gunung Talaga Bodas yang dekat dengan dua gunung lain. Gunung tersebut adalah Gunung Sagara dan Gunung Galunggung yang semakin memberikan keindahan khas memanjakan mata.

Selain bersantai menikmati alam, pengunjung juga bisa menyegarkan badan dengan berendam di kolam air panas. Terdapat tiga kolam alami yang tersedia, yaitu dua kolam khusus anak-anak dan satu untuk dewasa.

Pengunjung harus mengetahui beberapa tips ketika ingin berlibur ke Kawah Talaga Bodas, salah satunya adalah berangkat saat pagi. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari kabut tebal saat sore. Meskipun ada warung, pengunjung bisa membawa bekal karena menu yang ditawarkan warung adalah jenis makanan ringan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau yaitu hari biasa sebesar Rp10.000 dan pada hari libur Rp15.000. Sebelum memasuki area wisata pengunjung bisa naik ojek karena jarak tempat parkir dan lokasi danau cukup jauh. Biaya untuk naik ojek sekira Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.

Sementara itu, harga tiket parkirnya berbeda dan disesuaikan dengan jenis kendaraan. Untuk roda dua, harga tiket hari biasa adalah Rp5.000 dan hari libur Rp7.500, sedangkan roda empat tiket parkirnya seharga Rp10.000 pada hari biasa atau hari libur seharga Rp15.000.

Jam Operasional

Jika ingin berlibur ke wisata alami ini, pengunjung lebih baik berangkat lebih awal dari rumah karena jam bukanya sangat pagi. Kawah Talaga Bodas mulai beroperasi pukul 06.00 hingga 17.45 WIB.

Rute yang Ditempuh

Untuk pergi ke kawah, pengunjung bisa menempuhnya dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Rute yang dilewati kendaraan pribadi atau umum cukup mudah, berikut informasinya:

1. Transportasi Umum

Jika memilih naik transportasi umum untuk pergi ke tempat tujuan, pengunjung bisa naik kereta ke Stasiun Cibatu. Selain kereta api, pengunjung juga bisa naik bus dengan tujuan ke Terminal Garut. Setelah itu pengunjung bisa naik angkutan kota jurusan Cibatu – Garut dan turun di Wanaraja.

Wanaraja merupakan pertigaan menuju Talaga Bodas dan pengunjung akan menjumpai pangkalan ojek yang khusus mengantarkan wisatawan ke tempat wisata. Pengunjung tak perlu khawatir karena pangkalan ojek juga tersedia di area wisata untuk mengantarkan wisatawan untuk turun.

2. Kendaraan Pribadi

Untuk pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung mengambil jalur Suci – Karangpawitan – Wanaraja. Rute tersebut akan menempuh jarak sekira 27 km dengan waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 10 menit.

Fasilitas

Tak jauh berbeda dengan destinasi lain, wisata alam ini juga menyediakan beberapa fasilitas umum sehingga pengunjung bisa berlibur dengan tenang. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

     Akses jalan wisata ini sudah beraspal sehingga pengunjung bisa berkunjung tanpa mengeluhkan kondisi jalan yang rusak. Dengan begitu pengunjung bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

     Wisata satu ini juga menyediakan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain toilet, ada juga tempat ganti yang dapat dimanfaatkan pengunjung ketika ingin berganti pakaian.

     Pengunjung bisa tetap beribadah saat liburan karena wisata alam ini menyediakan tempat ibadah.

     Tak perlu khawatir akan merasa lapar karena terdapat kedai atau warung dengan menu-menu sederhana.

     Terdapat tempat istirahat berupa saung dan tempat duduk. Pengunjung bisa melepas penat di tempat yang sudah disediakan setelah menempuh perjalanan yang melelahkan.

Itulah beberapa informasi tentang Kawah Talaga Bodas yang terletak di Garut, Jawa Barat. Sebelum berkunjung, pastikan kondisi fisik dan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi terbaik sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Related Posts