Rabu, 16 November 2022

Macam-Macam Alat Peraga di PUSPA IPTEK Bandung

 

Macam-Macam Alat Peraga di PUSPA IPTEK Bandung - SunjaID

SunjaID - Pasti banyak di antara kamu yang belum pernah berkunjung di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau biasa disingkat PUSPA IPTEK. Dijamin seru dan banyak menambah wawasan jika kamu berkunjung di wahana edukasi di Kota Bandung ini.

Macam-Macam Alat Peraga di PUSPA IPTEK Bandung

Wahana edukasi ini terletak di kota baru Parahyangan, Badung Barat. Hal yang paling terkenal di museum ini adalah jam matahari berukuran besar yang masuk dalam rekor MURI sebagai jam matahari terbesar di Indonesia.

Jam matahari atau jam Sundial besar yang ada di PUSPA IPTEK Bandung bisa dikatakan salah satu alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita tahu bahwa sebelum era jam mekanis dan digital sekarang ini, dahulu orang-orang menggunakan jam matahari sebagai alat penunjuk waktu.

Ada banyak wahana edukasi di berbagai bidang ilmu pengetahun, yang ada di PUSPA IPTEK Bandung. Mulai bidang fisika, kimia, biologi, dan ilmu-ilmu eksakta lainnya, ada di tempat ini. ingin tahu apa saja macam-macam alat peraga di PUSPA IPTEK Bandung lainnya? Beberapa di antaranya bisa kamu temukan di bawah ini.

Jam matahari raksasa

Sebagaimana sekilas dijelaskan di atas, ini adalah daya tarik pertama dari obyek wisata edukasi yang satu ini. Begitu kamu datang ke PUSAP IPTEK Bandung, kamu akan disuguhkan pemandangan gedung utama yang super keren.

Tepat di atas atap gedung itu, ada jarum raksasa yang merupakan komponen utama dari jam matahari. Ukurannya jumbo, oleh karenanya masuk rekor MURI. Panjangnya mencapai kurang lebih 50 meter, dan tinggihnya sekitar 15 meter di atas permukaan tanah.

Uji terapan gelombang suara

Peragaan yang satu ini bertujuan menunjukkan bahwa ada realitas pergerakan gelombang suara pada suatu medium. Percobaannya adalah kamu dan salah satu temanmu duduk di tempat yang disediakan, dan di antara kamu dan temanmu ada sekat berbentuk lempengan bulat.

Cobalah bersuara melalui lempengan tersebut dengan jarak tertentu, maka teman kamu akan mendengar melalui lempengan lain dan ini tanpa perantara kabel sebagaimana telepon. Mirip sekali dengan mainan anak-anak kampung di waktu kecil.

Film 4 dimensi

Di dalam gedung juga ada pertunjukkan audio visual yang tentu akan membuat kamu sekeluarga kagum, terutama anak-anak. Menonton film di mana kita seakan-akan ada di dalam film tersebut, merupakan penggambaran dari teknologi 4 dimensi.

Biaya masuk untuk menyaksikan pertunjukkan film 4 dimensi sudah termasuk dalam biaya masuk sebesar Rp 24.000. Namun jika kamu tidak ingin menyaksikan wahana ini, kamu hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 saja.

Galery outdoor

Wahana edukasi ternyata tidak hanya ada di dalam gedung, PUSPA IPTEK juga merancang berbagai peraga sains di tempat terbuka. Selain peraga berukuran besar, juga ada kebun organik, peternakan ikan, dan selainnya.

Kamu bisa memilih beragam paket program agar bisa menikmati dengan optimal alat peraga di PUSPA IPTEK Bandung dengan waktu yang cukup. Karena walau seharianpun kamu mengelilingi lokasi ini, tidak akan cukup untuk bisa menimkati lebih dari 180 wahana peraga sains dan teknologi yang berada di kompleks dengan luas 10 hektar lebih.

Demikian informasi macam-macam alat peraga di PUSPA IPTEK Bandung. Kamu bisa mengunjungi tempat ini di Jl. Raya Padalarang 427, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Untuk menanyakan detail informasi lainnya, kamu bisa menghubungi (022) 6803777. Dan untuk jam operasionalnya, mulai pukul 08:30 hingga 16:00 setiap harinya.

Related Posts