Selasa, 08 November 2022

Taman Hutan Raya Juanda Bandung Wisata Hutan Dekat Kota

 

Taman Hutan Raya Juanda Bandung Wisata Hutan Dekat Kota - SunjaID

SunjaID - Kalau kamu sedang berlibur di Kota Bandung, jangan lewatkan Taman Hutan Raya Juanda. Lokasi wisata hutan dekat kota yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang suka akan tempat rekreasi yang bernuansa alam.

Taman Hutan Raya Juanda

Tempat wisata ini biasa dikenal dengan singkatan THR Juanda atau Tahura Juanda. Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Bandung. Kamu hanya butuh naik moda transportasi ke arah Dago Pakar, kamu akan langsung ketemu dengan gerbang wisata ini.

Hutan konservasi ini merupakan paru-paru Kota Bandung, menyediakan udara bersih kaya oksigen bagi warga kota Bandung dan sekitar hutan. Luasnya saat ini mencapai 590 ha dari yang awal kali dibangun hanya 10 ha.

Cakupan wilayah hutan yang luas ini mencakup dari Dago Pakar hingga kawasan Maribaya yang berada di Lembang.

Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung ini bisa kamu kunjungi setiap hari. Jam bukanya mulai dari pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Dan di dalamnya tidak hanya bentangan hutan yang luas, namun ada beberapa obyek wisata atau wahana yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Untuk lokasi THR Juanda ini ada di kampung Pakar, desa Ciburial, kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Lokasinya cukup tinggi, berada di ketinggian 770-1330 di atas permukaan laut (dpl). Karena luas, lokasi ini memiliki beberapa pintu gerbang untuk mengaksesnya.

Dan untuk pintu gerbang yang mudah aksesnya, adalah di Dago Pakar. Gerbang ini melalui jalur Dago-Terminal Dago-Tahura. Jalur yang satu ini se arah dengan obyek wisata lain, yakni Tebing Keraton Bandung.

Jalur lainnya yang bisa kamu ambil adalah melalui Lembang, sehingga bagi kamu yang berada di daerah sini, kamu tidak perlu memutar ke arah Dago. Lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Maribaya Lembang.

Akses lainnya untuk ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung wisata hutan dekat kota adalah dari pintu masuk PLTA Bengkok ataupun Curug Dago.

Mengapa Bernama Taman Hutan Raya Juanda

Pernahkah kamu terpikirkan mengapa wisata hutan ini menggunakan kata Juanda? Ternyata beliau adalah tokoh penting yang pernah hidup di Indonesia.

Ir. H. Juanda adalah seorang Perdana Menteri terakhir pada era demokrasi parlementer yang pernah ada di Indonesia. Dan beliau berkontribusi penting dalam proses pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yakni munculnya deklarasi Juanda pada 13 Desember 1957.

Isi dari deklarasi tersebut adalah pernyataan bahwa seluruh pulau dan laut yang ada di nusantara adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Isi deklarasi ini sangat powerfull dampaknya, yang sebelumnya menurut negara-negara internasional, batas laut wilayah Indonesia hanya 3 mil jauhnya.

Batas laut demikian akan berefek pada adanya kawasan laut di antara pulau-pulau di Indonesia yang masuk wilayah internasional, di mana semua negara bebas memasukinya, ini akan berbahaya pada kedaulatan negara Indonesia.

Dengan adanya deklarasi Juanda, maka wilayah Indonesia tidak akan bisa dimasuki melalui jalur laut di antara pulau-pulau. Dan batas wilayah negara Indonesia akhirnya diukur dari pulau terluar, sehingga negara kita tidak bisa dimasuki negara lain melalui laut internasional.

Itulah sekilas informasi terkait Taman Hutan Raya Juanda di Bandung. Untuk harga tiketnya sangat terjangkau, yakni Rp 11.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 76.000 untuk wisatawan asing. Dengan harga terjangkau itu, kamu bisa menikmati beberapa wahana di dalamnya semisal Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas, Tebing Keraton, dan lain sebaginya.

Related Posts