Rabu, 23 November 2022

Wisata Gunung Papandayan Garut Tempat Cocok Untuk Berlibur Keluarga

Gunung Papandayan Garut

SunjaID - Garut merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Barat, di mana terdapat wisata Gunung Papandayan Garut cocok dijadikan tempat destinasi liburan. Kabupaten ini dikelilingi banyak gunung dan juga perbukitan, yang mana dari beberapa gunung tersebut dijadikan sebuah tempat wisata dan pendakian.

Gunung sekitaran kabupaten Garut telah ditetapkan sebagai taman wisata alam. Sehingga pada area tersebut merupakan kawasan pelestarian alam yang dijadikan tempat wisata. Berencana untuk berkunjung di Gunung Papandayan? Ingin mengetahui informasinya? Lebih lanjut simak berikut!

Lokasi Gunung Papandayan, Rute dan Harga Tiket Masuk

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa kawasan Garut merupakan Taman Wisata Alam yang dijadikan tempat destinasi liburan, salah satunya Gunung Papandayan. Tentu jika ingin mengunjunginya perlu mengetahui lokasi wisata tersebut, bagaimana rute yang mudah dicapai serta berapa harga tiketnya, simak berikut!

Wisata Gunung Papandayan terletak di antara lokasi wisata yang ada di Garut, yakni Papandayan Camping Ground dan Bukit Ngaklak. Wisata gunung ini juga terletak di antara desa Kramat Wangi dan Sirnajaya, yang mana terletak di Kecamatan Cisuripan, Garut, Jawa Barat.

Menuju ke tempat wisata Gunung Papandayan wisatawan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena untuk menuju tempat tersebut tidak ada rute untuk angkutan umum atau sejenisnya, sehingga akan membuat repot. Wisatawan bisa berangkat dari Garut Kota menuju ke Garut Selatan.

Menuju ke tersebut merupakan arah yang sama untuk ke Pantai Santolo. Wisatawan hanya perlu menempuh 45 menit untuk berada di Cisuripan. Wisatawan hanya dapat menaiki kendaraan umum sampai di Cisuripan, maka dari itu disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah sampai di Cisuripan, wisatawan tinggal mengikuti jalan saja hingga tiba di Gunung Papandayan. Tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju Gunung Papandayan sudah bagus namun sedikit curam saja. Sehingga pastikan keadaan ban mobil ataupun motor dalam kondisi yang baik.

Adapun tiket yang perlu dibayarkan di Gunung Papandayan ini beragam, dan dapat naik ketika akhir pekan dan libur nasional. Jika wisatawan berkunjung pada hari biasa, harga tiketnya hanya berkisar Rp. 20.000, dan untuk wisatawan asing seharga Rp. 200.000.

Untuk hari libur harga tiket naik sebesar Rp. 10.000 dan seratus ribu untuk pengunjung dari luar negeri. Wisata Gunung Papandayan Garut juga menyediakan tempat untuk camping, dan adapun tiketnya sebesar Rp. 35.000 per harinya. Harga tiket yang sangat terjangkau bukan?

Tempat yang Menarik dari Wisata Gunung Papandayan Garut

Pastinya pengunjung bukan hanya bisa berkemah, melihat sekitar atau mendaki saja di sana. Di tempat Wisata Gunung Papandayan Garut memiliki banyak tempat yang menarik, dan terbilang destinasi wisata yang lengkap. Berikut akan dibahas mengenai tempat yang menarik untuk dikunjungi!

1. Taman Edelweiss

Gunung Papandayan terkenal akan hamparan bunga Edelweiss yang tumbuh dengan indahnya di Gunung Papandayan. Para pendaki dapat dengan jelas melihat bunga Edelweiss di sekitaran Gunung Papandayan, dan pengunjung bisa mengunjungi taman bunga Edelweiss. Fasilitasnya sangat lengkap, telah tersedia tempat penginapan.

2. Menjelajahi Kawah Papandayan

Para pengunjung banyak yang menuju ke kawasan Kawah Papandayan tak lain tak bukan karena untuk camping. Capek yang dirasa saat mendaki menuju kawah akan terbayar dengan pemandangan indah sekitaran jalur pendakian dan juga kawah tersebut.

3. Menjelajahi Kawasan Hutan Mati

Hutan tersebut merupakan kawasan hutan yang dahulu pernah menjadi tempat yang terdampak letusan gunung Papandayan. Dan sekarang hutan tersebut menjadi hutan mati, lalu menjadi kawasan wisata alam. Untuk mengunjunginya, wisatawan perlu mendaki lagi dari Kawah Papandayan, dengan jalur cukup curam.

4. Kolam Renang Air Panas Gunung Papandayan

Wisata Gunung Papandayan juga terdapat kolam renang yang mana sumber airnya berasal dari Gunung Papandayan langsung. Terdapat kolam untuk anak dan dewasa di sana, dan terbilang cukup luas. Air yang mengandung belerang cukup tinggi ini dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

5. Pondok Saladah Gunung Papandayan

Berikutnya tidak jauh dari kawasan hutan mati terdapat tempat untuk berkemah, yakni Pondok Saladah. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat padang bunga Edelweiss, dan jangan khawatir fasilitas di sana sudah lengkap.

Demikian pembahasan mengenai wisata Gunung Papandayan Garut. Apabila wisatawan berkunjung ke sana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat tersebut. Karena kawasan tersebut termasuk tempat yang dilindungi oleh Negara alangkah baiknya untuk menjaga.

Related Posts