Kamis, 24 November 2022

Wisata Pantai Santolo Garut Di Jawa Barat: Daya Tarik, Harga Tiket, Lokasi, Sejarah

 

Pantai Santolo Garut Di Jawa Barat

SunjaID - Memiliki wisata berpotensi, Pantai Santolo Garut banyak menarik wisatawan nusantara untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Hal ini didukung wisata yang masih asri dan terjaga. Sehingga keindahan yang terpancar bisa memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya.

Pantai Santolo ini merupakan sebuah objek wisata yang terkenal eksotis di wilayah Garut. Tepatnya terletak di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Termasuk bagian pantai-pantai selatan Jawa, pantai ini memiliki ombak yang ganas, ciri khas dari pantai selatan.

Sekilas Tentang Pantai Santolo

Pantai Santolo Garut memiliki garis pantai dan hamparan pasir yang luas berwarna putih bersih nan lembut. Terletak di ketinggian 0-200 m diatas permukaan laut, pantai ini memiliki air yang jernih berwarna kebiruan yang indah.

Di pantai ini, pengunjung bisa mendapatkan banyak fasilitas serta wisata-wisata menarik seperti berperahu ke pulau sekitar, bermain banana boat, atau menikmati sunset dan sunrise. Pantai ini juga dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jadi pengunjung bisa datang kapan saja.

Pada awalnya, kawasan Santolo adalah tempat berkumpulnya para nelayan tradisional yang karam kemudian dijadikan dermaga bagi para perahu nelayan di sekitar Pameungpeuk. Nama Santolo sendiri diambil dari nama sebuah pulau kecil di kawasan tersebut.

Dermaga Santolo pernah tersohor di seluruh penjuru dunia karena pernah berperan penting sebagai tempat mendistribusikan rempah-rempah di Priangan Timur oleh Belanda. Sebelum dermaga itu ada, wilayah Santolo dikenal dengan nama Cilauteureun yang merupakan bahasa Sunda yang berarti tempat berhentinya aliran laut.

Lokasi dan Akses

Berada di Kecamatan Cikelet, Kota Garut, Jawa Barat yang berjarak 90 km dari Kota Garut dengan waktu 3.5 jam. Untuk masuk terbilang cukup sulit karena banyak jalan berlubang dan bukanlah jalan besar.

Pantai Santolo Garut ini banyak turis yang berasal dari Bandung, dan untuk jarak dari Bandung sekitar 159,6 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 46 menit lewat Jl. Raya Cidaun.

Harga Tiket Masuk

Pantai Santolo Sebagai tempat wisata yang cukup eksotis, harga tiket masuk terbilang murah dengan Rp 3.000 - Rp. 5.000 rupiah saja per orang. Untuk menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas seru lainnya, harap sediakan biaya extra.

Meskipun pantai ini buka 24 jam, penjualan tiket dimulai jam 5 pagi dan tutup ketika malam tiba. Meski begitu, pengunjung tetap bisa bebas berkunjung ke Pantai Santolo kapan pun.

Fasilitas Umum

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Santolo Garut ini cukup lengkap seperti pada dasarnya terdapat sejumlah tempat wisata yang menyajikan kuliner-kuliner lezat yang bisa dinikmati, ada juga toilet, serta tempat parkir yang luas.

Berbagai fasilitas ini sangat mendukung kenyaman bagi pengunjung yang datang sehingga dapat menikmati keindahan Pantai Santolo dengan nikmat.

Aktivitas Menarik

Pantai Santolo Selain fasilitasnya yang lengkap dan mendukung, Pantai Santolo juga menyediakan aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan selagi menikmati panorama pantai dan laut.

1. Menikmati Wisata Kuliner

Pantai Santolo menyediakan tempat khusus untuk berwisata kuliner. Karena sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini adalah perkampungan nelayan, banyak toko oleh-oleh hasil tangkapan laut yang menawarkan ikan mentah atau sudah diolah.

Jenis ikan yang ditawarkan seperti ikan tongkol, layur, cumi-cumi, dll. Pengunjung bisa memiliki untuk dinikmati sambil menikmati pemandangan indah Pantai Santolo atau ingin dibawa pulang.

2. Bermain Air di Pantai Santolo

Di pantai ini, pengunjung boleh bermain air maupun berenang karena terkadang ombak pantai tidak terlalu besar jadi aman untuk bermain air di pinggir pantai dan tetap menghindari bermain sampai tengah lautan.

Meski pengunjung dibebaskan untuk bermain air dan berenang, pengunjung tetap harus berhati-hati dan terlebih dahulu mengetahui kondisi alam di sekitar pantai untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

3. Banana Boat

Bagi penyuka aktivitas menantang coba menaiki banana boat yang bisa dilakukan bersama keluarga atau teman. Pengunjung bisa menyewanya untuk merasakan bermain bersama mengikuti laju banana boat yang ditarik kapal yang menambah pengalaman berkesan apalagi jika dijatuhkan di tengah lautan.

Untuk biayanya, cukup dengan Rp. 25.000 rupiah saja per orang untuk sekali jalan. Tarif ini tergolong murah bila dibandingkan dengan wahana banana boat di pantai lain.

4. Menyewa Perahu Nelayan

Jika ingin mengeksplor lebih kawasan,Pantai Santolo, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk melihat keindahan lautan dangkal dengan ombak yang cukup tenang. Ada juga spot foto menarik yaitu sebuah gundukan karang besar, namun pada dasarnya semua sisi juga menarik dan instagramable.

Untuk menyewa perahu nelayan ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 4.000 sampai 20.000 rupiah mendapatkan akses berkeliling di kawasan Pantai Santolo dan menemukan hidden gem lainnya.

Itulah informasi-informasi seputar Pantai Santolo Garut yang bisa diketahui sebelum mengunjungi tempat. Dengan keindahan yang alami, fasilitas yang memadai, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, tempat ini bisa masuk rekomendasi tempat untuk berkunjung atau tempat berlibur di akhir pekan.

Related Posts