Sabtu, 31 Desember 2022

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Aplikasi Stellar Data Recovery Termudah

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Aplikasi

SunjaID - Bagi pengguna laptop penting mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan aplikasi stellar data recovery. Keberadaan aplikasi tersebut begitu memudahkan pengembalian data yang terhapus tanpa disengaja. Sekaligus sejumlah media menjadikan aplikasi ini tercepat dalam pengembalian data yang hilang.

Dengan adanya hal tersebut, membuktikan bahwa benar adanya aplikasi ini memiliki predikat terbaik untuk recovery data. Tetapi untuk hal tersebut, tentu ada baiknya menyimak berbagai ulasan dari sejumlah kalangan yang telah mencoba untuk menggunakannya. Seperti beberapa pembahasan selengkapnya di bawah ini:

Persiapan Recovery Data

Sebelum membahas terkait cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan aplikasi stellar data recovery, baiknya membahas hal yang berkaitan dengan persiapan sebelum melakukan proses recovery data. Yaitu membuat partisi khusus untuk memastikan bahwa tidak lagi terdapat data sebagai percobaan.

Biasanya hal tersebut juga memiliki fungsi untuk mengecek seberapa tangguh kegunaan stellar data recovery. Sementara untuk langkah melakukan persiapan ini sendiri cukup mudah. Simak berbagai penjelasan lengkapnya seperti berikut:

     Pertama bisa dengan mengecek berapa besarnya kapasitas tersebut dengan membuka properties lalu melihat pada bagian general.

     Lalu jangan lupa untuk mencoba menghapus sejumlah file dan dokumen yang terdapat di dalam penyimpanan. Sehingga ini bisa mensimulasikan keadaan kehilangan data atau juga bisa dengan mendelete berbagai data tersebut pada recycle bin.

     Atau juga bisa memanfaatkan fitur dengan menekan kombinasi tombol berupa shift + delete.

Memulai Pengembalian Data

Barulah pembahasan berikutnya cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan aplikasi stellar data recovery. Jika langkah persiapan selesai, dipastikan bahwasanya tidak akan lagi data yang telah terhapus tersimpan. Sehingga perlu dilakukan recovery untuk mengembalikan data tersebut hanya dengan bantuan software.

Untuk memakainya sendiri terdapat dua opsi yaitu pilihan premium sekaligus juga gratis. Lalu untuk langkah melakukan proses recovery itu juga tidak begitu sulit. Karena semuanya begitu mudah dengan mengenali fiturnya, maka dari itu simaklah penjelasan berikut agar lebih memahaminya:

     Pertama yaitu dengan membuka aplikasi dengan nama stellar data recovery. Baru kemudian mengklik di bagian mana data tersebut sebelumnya tersimpan. Umumnya data tersebut berada di drive E maka dari itu, tempat tersebutlah yang akan dilakukan pengecekan. Utamanya berkaitan dengan sumber penyimpanan data awal.

     Setelahnya akan berjalan proses scanning untuk mencari berbagai data yang diinginkan. Dimana data tersebut tidak lagi ada pada penyimpanan laptop. Selain itu, untuk proses scanning ini juga tergantung dari koneksi yang digunakan.

     Usai menunggu beberapa saat biasanya akan menampilkan sejumlah pop up untuk informasi bahwa proses scanning selesai. Lalu silahkan pilih sejumlah data yang ingin di restore atau dikembalikan.

     Begitu telah selesai memilih sejumlah data yang ingin dikembalikan klik untuk tombol recovery. Pilih lagi tempat yang ingin dijadikan sebagai tujuan penyimpanan data yang akan dikembalikan ini. Contohnya saja pada drive F terakhir cukup dengan menekan proses saving untuk menjalankan proses tersebut.

Format file yang Dapat Dikembalikan

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan aplikasi stellar data recovery berhasil atau tidak juga dipengaruhi oleh faktor penting. Yaitu berkaitan dengan sejumlah format file yang dapat diakses untuk pengembalian data. Sementara apabila tidak sesuai, pastinya proses recovery tidak berlangsung.

Tapi secara umum aplikasi dengan nama stellar data recovery ini mendukung berbagai jenis format data. Diantaranya selain dokumen juga terdapat untuk beberapa format gambar. Sehingga, tidak ada salahnya untuk menyimak berbagai penjelasan berikut ini:

Contoh format file pertama yang dapat dilakukan recovery yaitu berkaitan dengan dokumen seperti PDF, doc hingga lainnya. Sementara untuk format gambar yang diizinkan seperti JPG, mkv hingga BMP.

Itulah berbagai pembahasan singkat terkait cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan aplikasi stellar data recovery. Jadi sudah dipastikan bahwasanya, proses tersebut memang bisa dilakukan secara singkat. Serta juga akan lebih memudahkan untuk berbagai keperluan dari masing-masing pengguna.

Tetapi ada berbagai syarat yang harus dipenuhi terkait dengan penggunaan aplikasinya. Terutama terkait dengan jenis file yang akan digunakan. Karena tidak tersedia dari sumber pengembang.

 

Related Posts